Pencernaan lancar saat berpuasa di Bulan Ramadhan

Hallo Semuanya,

Bulan puasa Ramadhan sudah tiba dan kita mayoritas umat muslim melaksanakannya ibadah puasa ini selama 1bulan lamanya sampai nanti lebaran. Saat berpuasa pola kebiasaan kita tentunya berubah, yang biasanya makan 3kali sehari menjadi 2kali sehari saat berbuka dan sahur. Tentunya dengan berpuasa kita juga terkadang khilaf untuk makan makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan, kurangnya sayur dan asupan cairan yang kurang akibat kebanyakan minuman manis.

Saya dan dulcolax

Apalagi saat berpuasa tingkat konsumtif kita terhadap makanan siap saji ataupun bahan makanan jauh lebih meningkat daripada sebelum bulan puasa. Sehingga pengalaman saya sendiri saat berpuasa melihat makanan nasi sama teri aja udah enak banget kemudian kebiasaan makan sampai kenyang akibat banyak asupan karbo. Hehehe

Akibat dari kurangnya serat atau pola makan yang kurang baik saat berpuasa membuat masalah pencernaan timbul salah satunya adalah susah BAB. Permasalahan susah BAB ini pasti sering dialami oleh kita yang membuat tidak nyaman seperti perut lebih buncit, kembung dan tidak nyaman dibagian pantat. Pastinya kita ingin ibadah di bulan puasa ini dengan nyaman dan tenang sehingga BAB ini jangan dibiarin numpuk.

Suasana saat acara bernuansa hijau


Nah, beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan mengikuti acara yang diadakan oleh Dulcolax dalam rangka menyambut World Digestive Health Day (Hari Kesehatan Pencernaan Dunia). Melalui Dulcolax Blogger Gathering ini yang dilaksanakan pada Jumat, 3 Mei 2019 berlokasi di Kedai Kopi 89, Kemang, Jakarta Selatan. Dengan tema acara yang diambil adalah Puasa Lancar Perut Nyaman. Pembahasannya pun sangat bermanfaat untuk kita yaitu pentingnya menjaga kesehatan pencernaan pada saat berpuasa dan tips mencegah sembelit / susah BAB pada saat berpuasa. Untuk narasumber atau speakersnya sendiri antara lain: dr Riana Nirmala Wijaya (Sanofi Medical Expert), Debi Widianti (Senior Brand Manager Dulcolax), Nycta Gina (Artis dan juga Presenter yang sudah menjadi Mom saat ini).

Narasumber acara

Acara yang dimulai dari pukul 12.00 dimulai dari makan siang ini, bernuansa dresscode hijau sesuai dengan warna kemasan Dulcolax berwarna hijau ini. Sebelum acara tak lupa kita berfoto-foto di area bersama produk-produk dulcolax yang ada. Kemudian setelah semua peserta acara hadir dan kumpul kita mengikuti talkshow pada acara ini serta tanya jawab juga kepada narasumbernya. Adapun pembahasannya sendiri meliputi hal-hal dibawah ini.

Mengapa sih penting menjaga kesehatan pencernaan pada saat berpuasa?
Menjaga kesehatan pada dasarnya sangatlah penting karena jaman sekarang ini sehat itu mahal harganya. Salah satu yang sering kita abaikan ini adalah kesehatan pencernaan. Beberapa orang menganggap sakit perut, susah BAB, bahkan sembelit itu hal biasa atau di sepelekan. Padahal kalau dibiarkan akan berdampak buruk untuk kesehatan kita loh!  
Beberapa contoh dampak saat mengabaikan susah BAB adalah perut buncit, begah, wasir, dan yang lebih parah bisa kanker usus. Serem banget ya, makanya Jangan Biarin numpuk untuk kotoran yang ada di tubuh kita.

Tips Mencegah Sembelit/ Susah BAB saat berpuasa di jelaskan juga dari beberapa speaker diacara tersebut disimpulkan antara lain:
  • Perbanyak minum air putih saat berpuasa cukupi minum air putih sebanyak 2Liter seperti hari biasa namun pola jadwal minumnya diatur setelah berbuka, sebelom tidur atau setelah dan sebelum solat tarawih dan saat sahur.
  • Olahraga ringan atau melakukan aktifitas fisik seperti biasa saat berpuasa
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah saat buka puasa maupun sahur. Kurangi makanan pedas, gorengan dan junkfood
  • Hindari Stress dengan banyak aktifitas positif. Karena stress sendiri dapat memicu berbagai penyakit juga selain susah BAB
  • Atasi susah BAB jika sudah terjadi dengan Dulcolax

Kemasan Dulcolax

Dulcolax ini sendiri merupakan produk yang aman loh karena sudah di uji secara klinis dan sudah kurang lebih hadir selama 60 tahun. Adapun dulcolax ini sendiri variasinya terdiri dari 3 tipe merupakan Steriotip, Tablet dan Sirup.

Untuk cara kerjanya sendiri tiap variasinya berbeda untuk dulcolax tablet bisa diminum saat sebelum tidur karena akan bekerja selama kurang lebih 6-8jam. Dulcolax tipe Streriotip merupakan produk yang dimasukkan langsung ke bagian dubur yang bekerja selama 30menit. Sedangkan dulcolax sirup dikhususkan bisa untuk anak-anak bekerja selama kurang lebih 6-8jam.

Dulcolax juga merupakan produk tanpa efek samping yang menimbulkan penggunanya kecanduan atau ketagihan. Jadi merupakan solusi atasi BAB cepat yang aman. Namun dulcolax ini tidak disarankan untuk yang mempunyai penyakit jantung, dan operasi khusus untuk mengkonsumsi dulcolax ini.

Kemasan Dulcolax Tablet

Jadi dengan perut nyaman puasa tetap lancar dan semoga kita bisa melakukan ibadah puasa Ramadhan ini dengan tenang pastinya sehingga bisa diimbangi ibadah lainnya untuk terus tetap sehat sampai nanti lebaran. (By Rachmanita)

Keseduan acara bisa lihat di video berikut




Komentar

  1. semoga tetap sehat dan dilancarkan ibadah puasanya tahun ini ya mbak, amiinnn

    BalasHapus
  2. Kalo pencernaan lancar, puasa makin hepiiii asyik buat dijalani
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Wah, bener, pencernaan harus tetap lancar, meskipun lagi puasa, mungkin Dulcolax bisa membantu biar tetep luancar.. :D

    BalasHapus
  4. hahhaaa...iya tuh, kalau bulan ramadhan perasaan semuanya jadi enak
    jadinya bukan ngurangin makan malah kebanyakan lebih banyak makan
    ya kan

    BalasHapus
  5. bener mba, pencernaan lancar adalah kunci puasa lancar, selama ini aku belum sampai konstipasi sih karena rajin minum air putih, tapi kalau nanti mengalami masalah BAB, udah tau obatnya sekarang :)

    BalasHapus
  6. Noted mbak aku jadi pengen coba deh kalau ngalamin susah bab pas puasa memang jadi cobaan kita ya jadi pengen beli buat jaga-jaga

    BalasHapus
  7. Salah satu problem kesehatan yang dialami saat berpuasa memang sembelit, rasanya nggak nyaman banget, mesti nyetok dulcolac nih untuk persediaan

    BalasHapus
  8. Tau aja, kak .
    Aku termasuk yang jarang ke belakang dan susah.
    Kayanya hidupku ga sehat banget.
    Huuhu~

    Pingin coba konsumsi dulcolax...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jadi ingat sakit terakhirnya Babe rahimahullah mengenai usus (digestive).

      Berat memang...

      Hapus
  9. Obat yang hit ya buat urusan pencernaan nggak lancar. Aku pokoknya minum lebih banyak deh puasa. Jaga2 aja jangan sampai kurang cairan apalagi kena sembelit.

    BalasHapus
  10. Paling sebel.kalsu sembelit berasa laper tapi perut penuh ga nyaman ..ampuh memang kalau pakai dulcolax , hrs bnyk minum air putih ni

    BalasHapus
  11. Perlu u banget ya buat persediaan selama bulan Ramadhan untuk menghindari sembelit nih.

    BalasHapus
  12. Iya aku kalau puaa sering susah BAB mungkin krn makan sayurnya mulai jarang ya kadang sahur cepet2an dan makan apa adanya.
    Kudu sedia Dulcolax yaaa

    BalasHapus
  13. Pencernaan lancar selama puasa penting banget ya beb, biar gak sembelit selama menjalani puasa . untung ada Dulcolax

    BalasHapus
  14. Bene banget deh, saat puasa selalu laper mata. Lihat makanan apa aja pokoknya mau, trus dibeli deh buat buka. Kadang malah bikin ga BaB beberapa hari duh....

    BalasHapus
  15. Obat paling ampuh banget aq kalo susah buang air besar minum ini

    BalasHapus
  16. penting sekali untuk menjaga pencernaan selama bulan Ramadan ini agar tetap lancar salah satunya dengan mengkonsumsi banyak serat dari sayuran dan buah-buahan ya

    BalasHapus
  17. makan sayur masih menjadi pr buat aku, soalnya pemilih banget sihh

    BalasHapus
  18. Pencernaan selama bulan Ramadan memang harus dijaga banget yah, jangan sampei mengganggu ibadah puasa kita. stay health ya mbak

    BalasHapus
  19. Karena masalah perut itu krusial ya mba. Jadi ngejaga nya pun butuh effort dengan konsisten jaga asupan cairan dan serat, PR banget aku dan jangan sampe kena sembelit :'(

    BalasHapus
  20. memang penting sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan selama bulan puasa ini salah satu caranya memang harus memperbanyak konsumsi serat alami dari sayuran dan buah-buahan

    BalasHapus
  21. goddan pas buka puasa makan makanan apa aja. kurang serat dan kebanyakan gula jadi bikin pencernaan ga enak. PR deh biar jangan kena sembelit huhuh

    BalasHapus
  22. Bener banget nih mba, kalo bulan puasa sering banget pencernaan jadi ga lancar ya karena kurang minum juga...

    BalasHapus
  23. Paling sebeeel memang kalau sembelit saat puasa ya mba. Mengganggu banget! Aku selalu pastikan banyak sayur dan buah saat berbuka dan sahur

    BalasHapus
  24. Iya nih, penting banget tetap menjaga kesehatan pencernaan bulan puasa gini.

    BalasHapus
  25. iya nih kemarin hari pertama puasa udah sembelit aja. kayaknya harus juga pake ini yah. sering begini kalo puasa

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Pernah dulu ngalamin sembelit, sampai beberapa hari. Untung ada Dulcolax. Alhamdulillah sudah ngeeasain khasiatnya nih kak. :)

    BalasHapus
  28. Selamat menunaikan ibadah puasa mba, semoga lancar terus puasanya ya mba :) Btw si dulcolax ini aku juga pernah pake dulu pas awal2 lahiran, dan memang ampuh sih buat ngelancarin :)

    BalasHapus

Posting Komentar