Menjaga Kesehatan dengan mengendalikan Tekanan darah dengan CERDIK

Hallo Semuanyaa....

Sebagai generasi muda terkadang kita lupa, mentang-mentang masih muda makan dengan sembarangan tanpa memikirkan gizi atau nutrisi makanan yang kita konsumsi. Serta pola hidup yang tidak teratur terkadang juga kita lupakan mulai dari begadang, kurang olahraga atau kurang bergerak ditambah lagi pola makan yang tidak sehat dengan jajan diluar.


Tidak hanya untuk kalangan generasi muda pola hidup yang tidak sehat ini, namun kita tinggal di negara Indonesia dimana mayoritas kita sering banget mengkonsumsi makanan gorengan, makanan pedas, asin dan manis. Padahal sebenarnya makanan tersebut sangatlah enak. Namun punya resiko tinggi terhadap kesehatan kita. Selain kolestrol, diabetes hingga hipertensi.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya hari Jumat, 17 Mei 2019 berlokasi di Gedung Kemenkes RI, HR Rasuna Said Jakarta Selatan. Saya mengikuti rangkaian acara bersama teman-teman media dan juga blogger memperingati Hari Hipertensi Dunia tahun 2019 bersama Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementrian Kesehatan RI. Adapun narasumbernya yaitu dr. Luciani yang merupakan dokter spesialis penyakit dalam, Dr. CUT Putri Arieani, MHKeS.

Dr. Luciani saat memberikan penjelasan terkait hipertensi

Ibu Cut Putri yang sedang menyampaikan materi

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah Know Your Number, Kendalikan tekanan Darahmu dengan CERDIK. Bertujuan untuk mengenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa penyakit Hipertensi itu bisa di obati maupun di cegah. Karena berdasarkan data yang di jelaskan bahwa hipertensi ini disebut sebagai the silent killer.


Serem banget ya penyakit Hipertensi itu.. Karena penyakit ini sering tanpa keluhan, sehingga penderita kebanyakan merasakan tanpa keluhan dan tidak menyadari bahwa dirinya sendiri punya hipertensi ini. Hal ini bisa terjadi akibat kurangnya kesadaran diri dan pengetahuan terhadap penyakit hipertensi ini dan sipenderita akan sadar kalau sudah merasakan saat terjadi komplikasi ditubuh.
Maka dari itu karena baru diketahui saat terjadi komplikasi, membuat organ tubuh menjadi target peningkatan tekanan darah yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati bisa terjadi ke otak, mata, jantung, ginjal dan yang paling berbahaya berakibat kepada pembuluh darah arteri perifer.

Hipertensi ini berdasarkan data yang ada pada kementrian kesehatan untuk usia yang menderita terjadi pada kelompok usia 31-44 tahun (31.6%), usia 45-54 (45.3%), usia 55-64 (55.2%). Jadi penyakit hipertensi ini saat ini tidak hanya menjadi penyakit untuk orang tua karena dari data tersebut dapat kita lihat usia muda 30an aja bisa menderita penyakit ini. Sehingga pentingnya sekali mencegah untuk terus mempunyai pola hidup sehat dengan CERDIK.

Peningkatan Gaya Hidup Sehat dengan perilaku CERDIK dan PATUH ini sebaiknya bisa kita terapkan sehari-hari serta memberi tahu lingkungan sekitar terhadap keluarga, tetangga dan teman untuk mematuhi gaya hidup sehat ini.

Apa sih CERDIK itu?
CERDIK ini merupakan singkatan beberapa tips untuk hidup sehat sebagai berikut:
C = Cek Kondisi Kesehatan Secara Berkala
E = Enyahkan Asap Rokok (Hal ini juga dapat merugikan kita semua selain keuangan dan juga kesehatan yang didapatkan karena rokok dapat menyebabkan kematian)
R = Rajin Aktivitas Fisik (Mulai membiasakan diri untuk berolahraga dan tidak diam atau duduk dalam waktu terlalu lama, beberapa waktu mencoba merilex kan diri dengan melakukan pemanasan ringan ditempat)
D = Diet Sehat dengan Kalori seimbang karena dengan diet yang salah dan tieak memperhatikan nutrisi, protein dan energy akan mempengaruhi kesehatan dimasa mendatang
I = Istirahat yang cukup (sebisa mungkin bisa beristirahat 8jam sehari, mengurangi waktu begadang juga)
K = Kendalikan Stress dalam hal apapun mulai dari permasalahan rumah tangga, kerjaan mencoba lebih ikhlas dan tenang untuk menghadapinya. Karena pemicu utama semua penyakit ada di stress.

Kalau PATUH artinya singkatan dari apa si?
P = Periksa kesehatan secara rutin dan mengikuti anjuran dokter seperti jika obat harus dihabiskan maka dihabiskan, dan lain-lain
A = Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat teratur
T = Tetap diet dengan sehat dengan gizi seimbang
U = Upayakan beaktifitas fisik dengan aman
H = Hindari Rokok, alkohol dan zat karsinogenik lainnya.

Memulai hidup sehat memang awalnya berat, namun kita harus sadar bahwa kesehatan kita itu investasi utama kita. Harta yang paling berharga adalah kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi dengan adanya pengetahuan tentang bahaya nya penyakit ini kita bisa hidup sehat setiap hari ya… (By Rachmanita)


Vlog acara Hari Hipertensi Dunia Mei 2019


Komentar

  1. acaranya keren deh jd nambah pengetahuan tentang kesehatan kita

    BalasHapus
  2. Emang perlu banget ya mengatur dan mengendalikan tekanan darah, apalagi jaman skrg makanan sudah bermacam2 dan orang orang malas berolahraga, emang harus diri sendiri yang sadar untuk menjaganya

    BalasHapus
  3. Suami aku perokok kak kayaknya mesti baca artikel kakak ini agar dia bisa lebih semangat memulai hidup sehat

    BalasHapus
  4. Sempet punya hipertensi, ternyata bukan hanya karna makanan aja penyebabnya, pikiran ruwet juga bisa hipertensi.

    BalasHapus
  5. Hipertensi itu ngeri sist rentan bikin stroke macam bapakku :( memang kita mesti hidup sehat deh jaman sekarang

    BalasHapus

Posting Komentar