Day 9 - Sikat gigi saat puasa untuk menyegarkan mulut

Hallo Semuanyaaa…..

Senyum ceria sepanjang hari saat berpuasa

Saat puasa dengan kita menahan lapar selama kurang lebih dari 12jam akan membuat bibir kita terasa kering terkadang, selain itu yang sangat dirasakan sendiri adalah bau mulut. Sampai dikatakan juga bau mulut orang berpuasa adalah surga. Hehehe

Namun saat ini kita dengan kesibukan bekerja atau melakukan aktifitas sehari-hari bertemu orang lain pasti ada rasa tidak percaya diri saat mempunyai bau mulut. Karena tidak semua orang juga punya pemikiran bau mulut kita disampingnya akan membuat mereka tidak nyaman. Sehingga saat berpuasa menjaga kebersihan gigi dan mulut salah satunya adalah dengan tetap rutin sikat gigi.

Sikat gigi saat berpuasa sebenarnya boleh saja dilakukan asalkan saat berkumur jangan sampai tertelan. Bahkan sebaiknya membiasakan sikat gigi saat sesudah makan atau saat setelah berbuka puasa dan setelah makan sahur juga bisa dilakukan untuk menjaga kesegaran mulut saat berpuasa.

Karena memang sebenarnya sikat gigi atau gosok gigi ini dianjurkan sehari minimal 2kali. Saat kita makan manis, makan daging atau apapun yang sering timbul terjadinya plak yang menyebabkan gigi bolong itu akibat kita terkadang lupa menggosok gigi. Adapun manfaatnya yang dirasakan dengan rajin sikat gigi saat berpuasa atau tidak adalah membersihkan gigi dan sela-sela jangan lupa lidahpun juga disikat, memutihkan gigi dengan pasta gigi yang memang punya keunggulan tersebut, menyegarkan mulut, terhindar dari bau mulut, ada rasa percaya diri saat senyum menampakkan gigi.

Oleh sebab itu kebiasaan baik sikat gigi atau gosok gigi ini harus sudah ditanamkan sejak dini, kalau dari saya pribadi sebagai emak-emak yang punya anak sudah saya ajarkan untuk gosok gigi dari usia 7bulan dengan menggunakan kasa yang di tempel ke jari saya. Kemudian saat dia usia 1tahun baru memakai sikat gigi dan juga pastagigi yang aman untuk anak kecil. Paling susah sendiri yang saya rasakan mengajarkan anak saya gosok gigi adalah mengajarkan dia berkumur. Namun, dengan memilih pastagigi yang aman ditelan oleh anak membuat saat dia telan airnya juga tidak apa-apa sehingga saat mengajari anakku gosok gigi dengan menggunakan air matang.

Harapan saya mengajarkan sikat gigi ini sendiri sejak dini supaya nanti dia saat dewasa ada rasa kepedulian untuk merawat gigi dengan rutin gosok gigi serta periksa ke dokter gigi 6bulan sekali untuk mencegah kerusakan yang parah pada gigi. Pengalaman saya sendiri pernah memperbaiki gigi bolong sendiri habisnya mahal sekali.

Karena gigi sendiri ini emang investasi utama kita, salah satu menjaga kesehatan yang paling utama itu dari gigi. Gigi terhubung oleh saraf yang membuat kalau terjadi kerusakan pada gigi akan membuat sakit yang luar biasa. Apalagi saat berpuasa menjaga kesehatan itu sangat penting supaya bisa beribadah dengan tenang dan bisa bertemu hari lebaran bersama orang tersayang.

Bahkan saat ini gigi juga menjadi salah satu aestetic yang membuat seseorang terlihat cantik dengan gigi bersih, putih dan sehat. Sikat gigi sendiri juga merupakan salah satu cara memutihkan gigi juga jika dilakukan secara rutin.
Sampai kalau kita lihat di iklan TV salah satu brand pasta gigi dengan rajin sikat gigi membuat senyum hidup kita tampak bahagia serta hidup berjalan lancar dan dapat mengalihkan semuanya dengan senyum kita. Hehehe
(By Rachmanita)


Artikel ini tayang untuk mengikuti challange tema dari Blogger Perempuan selama 30hari selama bulan Ramadhan sesuai dengan tema. DAY 9. Selasa, 14 Mei 2019.


Komentar

  1. Untunhggg aku ga pernah sakit gigi hihhi. Sakitnya pasti mengerikan. Jd kt hrs rajin sikat gigi n ga makan permen hihihi.

    BalasHapus
  2. Kesehatan gigi memang penting ya. Bayangin aja kalo sakit gigi, senyum aja susah.

    BalasHapus
  3. Sikat gigi terutama sebelum tidur sudah menjadi bagian dari ritual aku, mba
    Rasanya kurang afdol kalau belum sikat gigi, bangun tidur berasa aneh karena gigi terasa agak sedikit tebal.
    Belum lagi bau nafas yang, you know lah what I mean, bahahaha

    BalasHapus
  4. bener nih puasa gaj puasa mah sikat gigi jadi rutinitas penting banget untuk dilakukan

    BalasHapus
  5. yeayy... kamu udah ngikutin ke 9 aja beb, kerennn, semangattt ya semoga berjasil menuntaskan sampai akhir

    BalasHapus
  6. sikat gigi mau puasa atau ga emang harus sih mba, aku rasanya ga pede kalau ga gosok gigi wkwkw

    BalasHapus
  7. harus banget sikat gigi, terutama abis sahur dan berbuka, pagi-pagi juga, supaya mulut lebih fresh

    BalasHapus
  8. Sikat gigi wajib hukumnya min 2x sehari...kadang kalo terasa ga nyaman bisa lebih dari 2x. Dan penting untuk ngajarin anak2 sikat gigi dari kecil spy jadi kebiasaan baik

    BalasHapus
  9. Bener nih, puasa jangan male sikat gigi. Biar nggak mengganggu dan bikin puasa tetap nyaman

    BalasHapus
  10. Kadang akutu malu, kak...suka banget nyuruh anak-anak disiplin ritual sebelum tidur, yaitu sikat gigi dan wudlu.
    Padahal..
    Kadang aku terlanjur lupa dan bleg seg, langsung lelap.
    HUhuu~

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon