Atur Keuangan untuk bisa Belanja Hemat dan Bijak selama Bulan Ramadhan

Hallo Semuanya,

Bulan Ramadan yang berada di pertengahan tahun 2019 ini awal bulan Mei sudah tiba dan kita menyambutnya dengan penuh kebahagiaan pastinya. Apalagi menyambut hari lebaran yang hadir setelah 30hari berpuasa akan kita sambut dengan suka cita. Sehingga beberapa dari kita yang kerja kantoran pasti akan mendapatkan THR atau biasa disebut Tunjangan Hari Raya. Sedangkan yang menjalankan usaha biasanya saat ramadhan untuk pelaku usaha fashion sedang rame-ramenya penjualannya. Karena kita masih identik dengan baju baru untuk lebaran budaya kita.

Nah, pola hidup kita yang berubah dibulan Ramadhan ini membuat kita terkadang menjadi lebih konsumtif dan boncos. Boncos ini seperti istilah kata boros buat kalian yang masih belum tahu artinya apa. Perilaku ini tidak hanya dirasakan oleh umat muslim loh bulan Ramadhan ini, namun juga oleh non muslimpun merasakan juga pengeluaran yang lebih banyak dibanding dengan bulan sebelumnya. Hal ini pengeluaran seperti memberi THR supir, makan diluar karena pembantu mudik dan banyak lagi.

Saat menghadiri acara Talkshow Anti Boncos di Bulan Ramadhan

Beberapa waktu yang lalu dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan ini Hero Group (PT HeroSupermarket Tbk) mengadakan acara talkshow berlokasi di Co Hive Plaza Kuningan pada hari Kamis, 2 Mei 2019 dengan tema ‘ Anti
Boncos dibulan Ramadhan‘.  Acara yang berlangsung setelah makan siang ini dengan MC cantik yang merupakan seorang artis juga yaitu Astrid Tiar dan juga MC cowok dengan nama Arie Kunil. Adapun narasumbernya sendiri antara lain :
Ligwina Hananto ( Financial Trainer & CEO of PT. Quantum Magna Financial, Adinda Proehoeman ( Perwakilan Marketing Giant dan Hero), Andin Citra (Marketing & Media Specialist IKEA), Erin Arifin  (Head of Marketing Guardian)

Narasumber Talkshow dari HERO Group dan MC

Mengatur keuangan saat bulan Ramadhan ini memang tergolong susah susah gampang, semua tergantung dari niat dan kemauan kita apakah kita akan mengedepankan gengsi, prestise atau kebutuhan dan keinginan saja. Selama ini dari kecil kita selalu diajarkan menabung sampai ada lagunya kan bang bing bung… HeHehehe
Nah, tapi sejak kecil kita tidak diajarkan belanja yang ada orang tua selalu mengajarkan belanja yang hemat dan murah. Padahal belanja sendiri supaya menjadi bijak harus punya kemampuan untuk bisa memilih mana barang berkualitas dan berkuantitas. Karena pada dasarnya apalagi kita wanita memang godaannya ya belanja.

Keseruan saat talkshow bersama narasumber

Beberapa tips cara berhemat dan bijak dalam atur keuangan saat bulan Ramadhan antara lain:
  1. Masukkan pos pos keuangan saat didapatkan atau gaji misal gaji bulanan dan THR mana yang untuk di tabung, kebutuhan sehari-hari yang akan dibelanjakan, disedekahkan, untuk keperluan hiburan atau dana darurat.
  2. Lakukan planning atau perencanaan keuangan dari hasil yang kita dapatkan. Misal gaji kita 10jt sebulan dengan THR 10jt juga sebisa mungkin tidak dihabiskan semua dalam bulan Ramadhan dan Lebaran karena setelah itu kita masih punya kehidupan lagi.
  3. Catat barang yang akan dibeli sebelom pergi ke supermarket untuk lebih menghemat sehingga tidak membeli barang yang di luar kebutuhan kita. Jadi intinya membedakan kebutuhan dan keinginan.
  4. Rencanakan keuangan untuk mudik misalnya berapa biaya yang akan dikeluarkan.
  5. Jika ingin mengganti perabot rumah tangga dan mengganti interior rumah juga rencanakan.
  6. Batasi penggunaan kartu kredit untuk berbelanja barang yang tidak terlalu dibutuhkan

Beberapa tips tersebut intinya supaya bisa lebih hemat dan bijak adalah adanya perencanaan keuangan yang tepat. Mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Hal ini supaya tidak boncos apalagi hanya demi gengsi sampai berhutang kesana kemari. Semoga tidak terjadi ya moms…

Beberapa Promo menarik di Hero Supermarket dan Giant


Salah satu belanja ekonomis untuk kebutuhan hari Lebaran dan Bulan Puasa ini HERO GROUP yaitu HeroSupermarket, Giant, Guardian dan IKEA menawarkan berbagai macam promo menarik dan juga diskon dalam menyambut bulan Ramadhan dan Lebaran ini. Nah, penawaran apa saja sih yang di tawarkan untuk kita sebagai solusi hemat, cerdas dan bijak ini antara lain:

  • Hero Supermarket
    Supermarket yang tempatnya nyaman banget dan elegan hero ini ada program Pasar Ramadan 30 days of discovery, yang merupakan program promosi dengan minimum pembelanjaan Rp 300.000 berhak untuk melakukan pembelian produk yang sudah
    ditentukan dengan harga spesial. Selain itu terdapat program promosi Tematik 30 Days of Discovery
    selama periode Ramadan yaitu dari tanggal 29 April – 6 Juni 2019. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap silahkan kunjungi
    website www.herosupermarket.id

  • Giant
    Merupakan salah satu supermarket andalanku karena disini lengkap banget dan nyaman dibulan Ramadhan ini ada program Belanja Murah Bulan Berkah, serta Pasar Ramadan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka dengan harga yang murah.Untuk informasi lebih lengkap silahkan kunjungi website www.giant.co.id

  • Guardian
    Tampil cantik dan sehat di Bulan Ramadhan itu wajib banget buat kita wanita sehingga Guardian yang merukan store Beauty and HealthCare ini menghadirkan program Fit & Cantik Selama Ramadan. Ada diskon spesial sampai 30% dan berbagai tips untuk menjaga tubuh tetap fit & cantik selama Ramadan. Promo akan berlangsung pada periode 25 April – 22 Mei 2019. Selain itu ada juga promo yang sering banget kita tungguin yaitu +1000,
    dimana pelanggan cukup menambahkan Rp 1000 dan mendapatkan produk kedua secara gratis. Untuk info dan penawaran lengkapnya, ada diInstagram: @guardian_id.

  • IKEA
    Lebaran pastinya sering dikunjungi keluarga sehingga saat bulan Ramadhan kita berkeinginan untuk mengganti perabotan rumah tangga salah satu tempat belanja yang paling oke adalah IKEA yang memberikan penaJadiwaran menarik seperti pembelian wajan IDENTISK dari harga Rp 499.000 menjadi Rp 399.200 dari tanggal 26 April-5 Mei 2019. Tidak hanya itu saja, ada juga Gift voucher IKEA senilai Rp 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan minimum pembelian Rp 15 juta dan kelipatan Rp 5 juta selama periode 25 April – 26 Mei 2019 dan akan banyak penawaran menarik lainnya selama bulan Ramadan yang akan selalu di update melalui website www.IKEA.co.id.

Jadi dengan mengatur belanja hemat dan bijak yang baik saat bulan suci Ramadhan atau bulan puasa ini kita bisa berlebaran tanpa boncos dan berbahagia bahkan setelah selesai lebaranpun. (By Rachmanita - -)

Narasumber acara

Keseruan para peserta acara talkshow

Fotobersama MC kece


Komentar

  1. Yes. Bener sekali harus pintar mengatur jangan sampai THR cuma numpang lewat doang

    BalasHapus
  2. Harusnya puasa mah hemat ya, tapi malah suka boros

    BalasHapus
  3. iyessss. ini sama seperti sistem yang aku juga udah lakuin di rumah tanggaku. bikin pos pos keungan tiap bulan. nah kalau aku selalu buat 5% tiap bulannya utk biayay tak terduga. ya walaupun sering menggelembung sih faktanya utk biayay tak terduga ini paling nggak kita sudah punya finansial planning yakan. hehehe.

    BalasHapus
  4. Wah ini tempat langganan belanjaku semuaaa
    Dan setuju dnegan tipsnya lebih hemat dan bijak dengan perencanaan keuangan yang tepat. Mencatat semua pengeluaran dan pemasukan, supaya tidak boncos apalagi sampai berhutang kesana kemari.

    BalasHapus
  5. Ramadhan bulan berkah dengan belanja hemat dan kebutuhan rumah terpenuhi . Ok deh tips nya...

    BalasHapus
  6. Keren bangeet tipsnya. Bakal dipraktekkin sih ini mah. Demi keuangan saat lebaran lebih baik dan sentausa, hihihi. Eniwe, kapan ya IKEA buka cabang deket Solo? Hiks

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Jangan sampai nanti pas Lebaran malah nggak punya simpanan lagi, wajib banget bisa atur keuangan. Tips-tips berhemat dan mengatur keuangannya wajib banget dipraktekin nih.

    BalasHapus
  9. Itu yang pendapatannya dari gaji, kalau yang dari hasil usaha itu bagaimana? Cara mengatur uangnya bagaimana? Bisa jadi setiap hari atur uangnya, karna dari hasil usaha itu dapatnya tiap hari.

    BalasHapus
  10. eh aku baru tau Guardian Giant ini satu Grup yaaa sama Hero, aku paling ati-ati nih bulan puasa tahan belanja diskonan huuhu

    BalasHapus
  11. Wah bagus nih, , biasanya puasa malah Boros belanjanya

    BalasHapus
  12. Iya yaaaa, Ramadan tu puasa tapi pengeluaran justru besar krn takjil bertebaran wkwkwkwk :D
    Wah Hero lagi kerjasama dengan Giant dan Ikea jg ya? Penasaran mereka masih satu perusahaan kah?

    BalasHapus
  13. berasa banget tiap bulan puasa dan lebaran pengeluaran membengkak
    selain urusan keluarga juga bantu keluarga
    apalagi klu mudik ..duh duh..habis habisan
    tp alhamdulillah..ga pernah utang untuk semua itu
    manfaatin THR dengan bijak

    BalasHapus
  14. Emang bener deh, sejak kecil kita diajarin nabung tapi ga diajarin gimana cara menggunakan uang secara bijaksana.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!