Day 1 - Menyiapkan Menu Buka Puasa bersama keluarga. Pilih Masak Sendiri atau Beli?

Hallo Semuanya…

Bulan Ramadhan sudah didepan mata, dan yang saya rasakan kemarin sebelum mulai puasa kebiasaan ya main ke mall dan berbelanja bulanan sesuai dengan kebutuhan bulan puasa. Tenyata mall, supermarket dan pusat perbelanjaan sehari sebelum bulan Ramadhan sangat ramai sekali. Bahkan ada beberapa supermarket ternama yang saat datang kesana troly nya habis dan kekasirnya juga antri.


Karena saya tipe orang yang mager atau males antri atau males desek-desekan buat belanja di supermarket jadinya belanjanya balik lagi ke abang-abang tukang sayur deket rumah atau yang biasa lewat juga boleh. Nah, karena gak ada persiapan menu makan apa untuk buka puasa dirumah sampe ketukang sayurpun biasanya mikir dan agak lama mau masak apa sehingga mau sayur apa yang ingin dibeli.

Belanja ketukang sayurpun aku sebisa mungkin enggak mau menawar harga. Karena apa? Dengan kita tidak menawar harga tandanya kita menghargai jerih payah usaha dia. Bahkan menurut saya tukang sayur di dekat rumah saya harganya sangat lumayan terjangkau dari pada disupermarket. Kalau di supermarket kan kita mesti pake kendaraan atau mikirin transportasinya apa kemudian bayar parkir dan sebagainya.. Pasti banyak pertimbangan.

Naiknya kebutuhan pokok pangan dibulan puasa inipun juga mengakibatkan kelonjakan harga loh, dulu aku gak pernah peduli sama kenaikan harga pangan seperti ini tapi sekarang baru merasakan lumayan ya bedanya. Apalagi dengan masak sendiri untuk menu buka puasa dari pada makan diluar mending makan dirumah lebih hemat juga serta lebih bersih dan higienisnya terjamin karena yang mengolah kita sendiri.

Pelit boleh asal harus tetap sehat dan bijak dalam mengelola sifat pelit. Tapi juga jangan kikir ya di bulan Ramadhan ini perbanyak sedekah nanti manfaatnya akan kembali ke kita juga kok. Karena masih awal-awal bulan puasa kalau dari saya pribadi belom ada yang ngajakin Ngabuburit dan Buka Bersama jadinya Masak dirumah sebagai solusi.

Uang kurang lebih 100rb saya belanjakan di tukang sayur untuk membeli beberapa bahan pangan yang bisa di simpan dikulkas untuk cadangan masak makanan buka puasa maupun sahur dengan list belanjaan saya sebagai berikut:
  • Cumi Basah 2Bungkus 25.000 (gak tau ini berapa gram)
  • Cumi asin 1Bungkus 7.000
  • Sayur Bayam 1 iket 5.000
  • Ayam setengah ekor paha saja 22.000
  • Bumbu ayam ungkep 2.000
  • Udang 1plastik 15.000
  • Tahu 1bungkus 4.000
  • Pokcay 3 bungkus 7.000
  • Selasih dan Cincau Hitam 5.000
  • Kolang kaling 5.000
  • Cabe Hijau dan Cabe Merah 3.000
  • Bawang Putih dan Merah 5.000
  • Tempe 2.000

Rencananya dari belanjaan diatas tersebut mau dibuat beberapa menu buka puasa seperti

  • Hari Pertama Buka Puasa : Ayam Goreng + Sayur tumis Pokcay    Minumnya Es Sirup dengan isi Cincau Hitam Selasih dan kolang kaling
  • Hari Kedua Buka Puasa : Udang Goreng Tepung + Sayur tumis Pokcay Minumannya sama Es Sirup dikasi isi cincau dan kolang kaling
  • Hari Ketiga Buka Puasa : Tumis Cumi

Nah, aku masih belom bisa memprediksi nie belanjaan saya tadi bisa dibuat berapa hari. Karena saya sendiri jarang masak dan mulai memasak lagi dibulan Puasa ini karena lebih hemat, sehat dan jadi ada kerjaan rutin harian. Hehehehe

Kalau ditanya bosen gak si makanan yang sama beberapa hari misal sayurnya gitu, aku jawabannya enggak pernah bosen sama sekali apalagi kalau enak. Hehehe
So kesimpulannya Buka Puasa dirumah Masak sendiri atau beli tergantung kemampuan masing-masing juga jika anak kosan juga lebih praktis beli matang ya beli matang. Kalau saya emak-emak lebih baik masak sendiri dirumah.
Jadi persiapan menu buka puasa kalian favorit yang wajib ada saat berpuasa apa? Pasti tiap orang punya selera makan masing-masing dan punya makanan favoritnya masing-masing. Terpenting yang penting makanan sehat dan berkah ya supaya bulan Ramadhan ini kita bisa beribadah dengan lancar sampai sebulan kedepan.
(By Rachmanita)

Artikel ini tayang untuk mengikuti challange tema dari Blogger Perempuan selama 30hari selama bulan Ramadhan sesuai dengan tema. DAY 1. Senin, 6 Mei 2019.



Komentar

  1. Wah matap dekali menunya saya malah nggak keoikiran untuk bikin konsep menu buka puasa esok harinya, apa yg ditukang sayur liat itu yg dimasak OTS aja hahaha

    BalasHapus
  2. Masak yang enak-enak biar semangat sahur dan berbuka dengan yang seger, biar semangat terawih.
    Aku juga heran tapinya, shaum malah boros, wkkwkw...
    Sagala pingin...

    BalasHapus
  3. Terimakasih ide belanja selama bulan ramadannya mbak. Apalagi kadang aku maskh meraba pengen masak apa haha

    BalasHapus

Posting Komentar