Event Report Healty Eating Habit untuk mendukung tumbuh kembang optimal anak



Hallo Semuanya…

Pada hari Selasa, 28 Mei 2019 berlangsung dari pukul 15.00 sampai buka puasa bersama berlokasi di Beranda Kitchen Jakarta Selatan saya mewakili dari komunitas MPASI. ID mengikuti acara yang di selenggarakan oleh NutrisiBangsa Danone tentang MPASI.

Saya saat menghadiri acara

Sejak anak lahir dimulai dari ASI untuk pemenuhan nutrisinya, barulah saat usia 6 bulan mulai MPASI yang merupakan sebagai pemenuhan nutrisi pada masa tersebut. Sehingga perlunya adanya variasi makanan saat anak MPASI dimana sebagai pemenuhan cukupan gizi dia sebagai bekal sikecil untuk pertumbuhan.

Pengenalan MPASI anak mempunya variasi yang beraneka ragam yang saat ini populer yaitu menu tunggal, menu 4 bintang, spoon feeding, hingga BLW (Baby Led Weaning).

Bpk Arief Mujahidin dan dr. Frieda

Sambutan pertama dari Bapak Arief Mujahidin dari Communication Direktor Danone Indonesia  yang membahas tentang Gizi Buruk dan Gizi kurang bukan masalah ekonomi tapi masalah ketidaktahuan. Menurut WHO usia dewasa.. Anak2 usia dibawah 5taun 45jt mengalami obesitas.

Suasana keseruan acara

Pola makan orang indonesia dari sabang sampe merauke berbeda2… Selain zat gizi yang sangat bagus harus nyaman dan enak. Tantangan besar di Indonesia saat ini adalah pemenuhan gizi kepada anak-anak. Tahun ini danone sudah 100tahun lahir di barzelona.. Yang awalnya memproduksi yogurt awalnya.
Danone dulu disimpan di perpustakaan diParis.
Dalam anak2 bagaimana perkembangannya saat dia melalui melahirkan normal maupun secar.. Saat anak lahir normal pencernaannya pun berbeda dengan saat anak lahir sesar…
Bahkan disetiap negara pun pola kebiasaan makan juga sangat berbeda sehingga pemenuhan gizi dan dietpun juga pasti akan sangat berbeda dengan kebiasaan makan karbohidrat maupun daging dan susu.




Pembicara acara ini dr. Frieda Handayani, SpA(K) Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastrohepatologi. Kebutuhan kecukupan nutrisi pada anak untuk mendukung tahapan tumbuh kembang untuk mencegah stunting.

Banyak orang tua yang anaknya misal ga mau makan daging sama ortunya ga dikasih… Menurut penelitian anak itu bisa makan 10 sampe 11kali untuk mengenal makanan walaupun dilepeh tetap dicoba untuk tidak menyerah.. Dan sabar karena anak atau bayi bisa mencoba makanan yang sama sebelum dia menyukai makanan tersebut.

Mitos dan Fakta..
BLW _ mitos
Mpasi harus diberikan secepatnya _ mitos
Mpasi buah dan sayur _ mitos yg benar cerealia dan daging

Saat makan kita sebagai orang tua harus sabar.. Karena anak sedang belajar… Tidak boleh diberi gadget saat makan supaya anak fokus…

Waktu makan adalah periode learning dan love..

Sebagai orang tua kita harus punya jadwal2nya sebaiknya tidak lebih dari 30menit…
Sebelum makan jangan beri cemilan atau susu…
Anak harusnya diperlakukan yang menyenangkan.. Diajak bercakap2…
Jika dilepeh kita sebagai orang tua harus sabar…

Proses memberi makan kepada anak adalah ekstra sabar.. Jangan memberi makanan yang manis2 sebagai hadiah… Karena yang di tuju menjadi hadiahnya…

Jumlah susu formula seharinya maksimal 500cc aja… sisanya anak makan sesuai kebutuhan..

Kebutuhan Zat Besi yang cukup untuk anak akan membuat motoriknya bagus.. Karena di Indo anak banyak yg mengalami anemia deferesiensi zat besi.. Jadi beberapa dokter memberikan suplement zat besi sebagai kecukupannya dia. Untuk perkembangan dan kecerdasan sangat penting. Seperti Zat Besi dalam ASI sangat mudah dicerna oleh anak dibanding dengan sufor.

Untuk makanan instan sebaiknya di imbangi dengan makanan homemade.
11mg zat besi setara 300gram daging…. Boleh diselingi makanan fortifikasi atau makanan instan bayi… Dll
  1. Ibu yang membuat makanan homemade terinform dengan baik

Gula Garam… - dari WHO penambahan gula garam tidak harus diberikan… awalnya tdk diberikan sampe dengan kesabaran… Saat berat badan tdk naik dll.. Konsultasi dengan dokter dll untuk kecukupannya mentok di seperdelapan sendok teh garam… Dikit saja… (By Rachmanita)

Komentar

  1. Nice info, keren banget nih acaranya tambah pengetahuan buat aku calon momy:D

    BalasHapus
  2. Acara buka bersamanya pasti seru dan banyak ilmu wawasan yang bisa kita peroleh. Seneng banget pasti

    BalasHapus
  3. Kalau baca event report acara kayak gini senang banget, bisa dapat ilmunya juga, apalagi mengenai makanan yang baik buat anak

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus, thanks for sharing ka :)

    BalasHapus
  5. buat anak emang nutrisinya harus lengkap ya kak, demi pertumbuhan

    BalasHapus
  6. Keren night acaranya kak dapet banyak ilmu lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!

Cuci Muka dengan Produk Ponds Terbaru Kolaborasi Maudy Ayunda Pond's X Maudy Ayunda