Pengalaman Menggunakan KB IUD Nova T (Review KB Spiral)


Hallo Semuanyaaa…….

Pemasangan KB IUD dengan diberi catatan dari Kartu Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro di 9 Maret 2018

Kali ini tulisan saya akan membahas yaa agak sedikit curhat sih.. Eh banyak dink..tentang masalah KB atau yang biasa disebut Keluarga Berencana.. Ini bukan sebuah campain KB atau tulisan yang mengandung promosi apa-apa ya. Hanya pengalaman saja sapa tau bisa bermanfaat.
Jadi setelah 2bulan lamanya pasca melahirkan aku memutuskan untuk menggunakan KB IUD kebetulan juga nifasku sudah selesai juga ya.

Sejak awal anak aku lahir aku memang ASI ekslusif sampai dengan 7bulan kalau gak 8bulan. Aku agak lupa soalnya sejak dia mulai Makan sudah campur dengan Sufor kan moms anakku. Karena waktu itu aku juga masih kerja kantoran moms. Jadi mungkin pengaruh stress dan gak bahagia bisa membuat ASI seret.. Wkwkwkwk apalagi kantornya gak dukung ibu untuk mengASI-hi.

Nah, sebagai perempuan yang matre atau perempuan yang masih menuju soleha.. Pasca Melahirkan aku takut donk ya pastinya hamil lagi. Jadi aku memutuskan menunda punya anak dulu ya walaupun keinginan dari hati yang terdalam pengen punya anak 1 aja selamanya. Mohon maaf yaa sebelumnya jika pemikiran saya seperti itu. Karena saya sendiri masih trauma Hamil.. Trauma melahirkan apalagi proses melahirkannya adalah Sectio atau SC. Please gak usah di ceramahi apalagi bawa-bawa ceramah yang nantinya akan membuat aku lebih sedih.

Sejak menjadi ibu hati ini menjadi lebih sangat sensitif dalam hal apapun. Pastinya yaa…. Karena menjadi ibu rasanya serba salah… Apalagi ya pasca menikah… Belom punya anak aja salah.. Di tanyain mulu… Terus punya anak aja di tanya kapan punya adek atau kapan nambah lagi… HeheheHehehe tidak ya mom… Saya memutuskan untuk KB IUD Nova T aja..

Waktu itu saya memasang KB IUD Nova T ini dalam keadaan saya sedang MENS. Katanya saat kita sedang mens tidak terlalu sakit. Karena saya orangnya cukup sensitif saat pemasangan ya tetep sakit sih. Waktu pemasangannya sendiri kurang lebih 5menit. Kalau ditanya rasanya kayak apa SAKIT banget bok... Aku sejak hamil atau melahirkan cek pembukaan aja sudah kesakitan banget..apalagi ini pasang KB IUD melalui Miss V.. Namun ada beberapa orang yang merasakan bahwa menggunakan KB IUD pas pemasangan karena relax ga berasa sakit... Sama kayak aku yang sudah ngeri duluan denger kata lahiran Normal.. Karena pas lahiran dulu aku cuma mentok di pembukaan 1 tapi air ketuban sudah rembes... Jadi initinya lebih sakit melahirkan dari pada pasang KB IUD...

Aku masang KB IUD Nova T ini di RS Pondok Indah Bintaro dengan Dokter Aditya Kusuma, SP. OG.. Jujur ini dokter kandungan yang terganteng yang pernah aku temuin.. Hahahaha dokternya sendiri sangat komunikatif dan menenangkan. Aku sendiri lahiran dengan beliau loh, walaupun Sectio atau Caesar SC rasanya gak terlalu sakit kok… Bahkan jaitannya sendiri beliau sangat bagus.

Pengalaman aku selama setahun menggunakan KB ini adalah:
  • Alhamdulilah selama setaun walau mengeluarkan cairan cinta didalam saya tidak hamil… SeSenang banget rasanya pasca nikah tapi enggak hamil itu rasanya kayak dapet mobil
  • KB IUD ini tidak bikin gendut karena bukan KB hormonal walaupun semua dokter bilang gendut itu karena makan bukan karena KB ya sudahlah… BiBiarkan orang berdalih gendut nyalahin KB.. Hahahahaha
  • Saat berhubungan intim atau diranjang saat suami menekan terlalu dalam ada rasa sakit atau ngilu itu bisa jadi karena benangnya atau ujungnya
  • Saat KB IUD Nova T aku turun ini sangat menggangu sekali saat bercinta yang membuat suami merasa kesakitan
  • Kalau KB IUD Nova T atau KB Spiral tidak dianjurkan menggunakan alat slimming di perut atau melakukan pekerjaan berat karena bisa copot sendiri..

Nah singkat cerita tepatnya kemarin Hari Senin, 1 April 2019 saya mencopot KB IUD Nova T saya karena saat di USG dengan dokterpun sudah sangat turun kebawah. Dokterpun setuju untuk mencopotnya dan akhirnya saya ganti menggunakan KB PIL yang bermerk Diane. Mau tau rasanya dicopot KB IUD ini buat aku sendiri sakit banget... Hahaha sampe aku teriak-teriak kurang lebih waktunya juga sama kok proses copot ini sekitar 5menitan..tapi balik lagi aku mikir daripada dipakein lagi aku lebih ngeri... Mana kerjaanku kan sekarang lari-lari ngejar KRL dimana KB Spiral ini jika melakukan pekerjaan berat akan turun dan langsung flek.

Katanya susternya disana sih menggunakan KB PIL merk Diane ini bisa bikin kulit halus dan cantik. Ya mudah-mudahan saja bener. Juga menggunakan KB Pil ini harus rutin non stop tiap hari minum. Saya baru minum sehari nanti jika sudah lama nanti akan saya review yaa KB PIL ini. Sudah sekian curhatan saya tentang KB.

Terkadang memang menjadi Ibu atau menjadi perempuan harus pintar-pintar membagi waktu.. Untuk saya pribadi karena saya tidak punya baby sitter saya sekarang hanya mampu punya anak satu selebihnya yaa anak saya ya blog saya saka youtube dan instagram saya… Hehehe (By Rachmanita90 _ www.adindarara.com)

Komentar

  1. Huwaaaaaa..... makin ngeriiiihh

    Saya sejak melahirkan bolak balik ditanya segera pasang IUD tapi ogah.
    Udah malu ngangkang, takut sakit juga.
    Ternyata sakit kan yaa hahaha

    Saya ga KB dong, tapi juga was2 kalau hamil.

    Mau coba deh pil KB.
    meskipun takut juga ga telaten hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa jadi itunya bisa ketusuk mom.. Kalau IUD nya turun... Hiks....

      Hapus
  2. Tengkyu sharing-nya ya mba
    memang sih ngeri2 sedappp pake IUD ini yak, qiqiiqqi

    BalasHapus
  3. wah,kalau artikel satu ini cocoknya buat ibu-ibu deh ya,bapak-bapak minggir dulu deh,he-he

    BalasHapus
  4. makasih informasi seputar KB-nya ya mba. Bisa jadi catatan saya nanti ketika sudah butuh

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu juga nih, maklum pernah pakai yang suntik aja hahaha, makasih ya infonya

    BalasHapus
  6. Kata teman2 ku yang pake kb IUD gitu mbak, kerja cape pasti fleks. Aku gak kb, biar pak suami aja yang kb....

    BalasHapus
  7. Saya dari dulu maju mundur mau pake KB spiral.. secara ketemu suami jarang banget hitungan bulan.. tp kasian juga kalau pas ketemu lagi heboh2nya malah minta dikeluarin di luar..wkwk. pake kondom jg ga maksimal jadinya.. galau deh, huhu

    BalasHapus
  8. Aku juga nulis tentang KB IUD.

    Alhamdulillah,
    Sudah 2 kali pasang ((jadi lepas, lalu pasang lagi))...gak sesakit itu siih...karena yaa itu kali yaa...mindset nya udah "Gak ada yang lebih sakit dari melahirkan pervaginal"

    Dan...aku ke dokter perempuan.
    Jadi ga tegang pas di cocor bebek.
    Hihii~

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah nig aku aman2 Aja mba,, yg penting jangan stress Dan rilex ktk brhubungan sudah 2 Kali pasang iud

    BalasHapus
  10. Wah aq blm coba nh mba, pengen ahh tau pengalaman mba Rara jg yg KB pil biar ada pilihan

    BalasHapus
  11. uwaaa aku jadi merinding mba bacanya, sampe sekarang enggak berani hihi

    BalasHapus
  12. Dulu saya pernah niat....hhh niat pasang tp ga jadi ... Tp memang mungkin tergantung kondisi badan masing2' y Bu tiap orang berbeda . Beda jg kesulitannya

    BalasHapus
  13. Saya belum nikah, tapi seriiing banget denger cerita ini dari teman yang sudah berkeluarga. Jujur sih ko dengernya ngilu ya..

    BalasHapus
  14. Karena belum nikah ya, jadi aku jadi ngeri membayangkan nya nih Mbak

    BalasHapus
  15. Mba aku belum ikutan KB hehehe
    karena emang nggak nunda, tapi aku jadi membayangkan kabe iud nova hehehe
    agak gimana gitu

    BalasHapus
  16. Waahhh ini cerita melahirkannya hampir sama ma aku mba, aku jug dulu anak pertama di SC, karena ketuban dah rembes dan bukaan hanya di 2. Dan iya aku juga KB pasang, makanya smpe skrng gak pake KB aku, hehehe.

    BalasHapus
  17. Sekoha sehat selalu ya mba. Sering2 cek nanti, mama mertua pakai IUD suka geser2 soalnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!

Cuci Muka dengan Produk Ponds Terbaru Kolaborasi Maudy Ayunda Pond's X Maudy Ayunda