Menyambut Bulan Suci Ramadhan Perbanyak Mengaji dengan Mengikuti Program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ 2019)


Bulan Suci Ramadhan telah tiba tak terasa kita sudah dipertemukannya kembali Bulan Ramadhan 1440 Hijriah. Bulan yang penuh dengan berkah dan ibadah ini kita dianjurkan melakukan perbuatan baik apapun yang nilainya akan dicatat dan mendapatkan pahala yang berlimpah.
Semua kegiatan kita saat dibulan ramadhan ini dinilai ibadah, bahkan tidurpun juga dinilai ibadah untuk orang yang berpuasa. Tapi gak full time tidur 12jam selama berpuasa ya, yang ada kita hanya mendapatkan puasa haus dan lapar saja tanpa keberkahan… Hehehehe

Bersama Ustad Solmed Launching BBQ 2019

Salah satunya adalah ibadah membaca Al-Quran di bulan Ramadhan untuk setiap orang yang membacanya saat berpuasa akan mendapat pahala berlimpah yang dinilai dari setiap huruf hijaiyah yang dibaca. Hal ini sangat di anjurkan kita menyempatkan diri membaca Al-Quran setelah solat 5 waktu untuk mendapatkan karomah serta pahala yang berlipat ganda di bulan suci Ramadhan ini.

Seluruh Peserta yang mengikuti acara Peluncuran BBQ 2019

Nah ngomongin soal membaca Al-Quran atau yang biasa kita sebut Ngaji ini seharusnya memang harus ditanamkan kepada anak sejak dari usia dini loh.. Percaya gak? Karena jika kita mendidik anak dengan bekal agama apalagi mengajarkan anak Mengaji sejak dini akan menjadikan anak menjadi anak yang soleh dan soleha yang dapat mendoakan kita saat kita sudah meninggal nanti. Ini sebagai nilai investasi akhirat kita nanti, karena yang bisa menolong kita dikubur nanti hanyalah doa anak soleh salah satunya dengan bisa mengaji.

Masih banyak sekali loh, di Indonesia terutama dimana penduduk kita yang mayoritas muslim hampir setengahnya tidak bisa mengaji. Hal ini karena kurangnya pengetahuan ilmu agama dan sarana yang mendukung tentunya. Tidak bisa mengaji ini sendiri bisa dikatakan sebagai Buta Huruf Al-Quran sehingga pada kesempatan ini dengan adanya dukungan dari SinarMas Land yang menyelenggarakan Program Berantas Buta Al-Quran ini nantinya bisa membantu mengurangi angka buta Al-Quran di Indonesia.

Penyerahan buku Program BBQ kepada perwakilan Masjid

Beberapa waktu yang lalu tepatnya Minggu, 28 April 2019 berlokasi di Masjid Cikal BSD, Tangsel saya berkesempatan mendapatkan undangan menghadiri acara launching Program Berantas Buta Al-Quran atau BBQ 2019 yang diselenggarakan oleh Sinar Mas Land yang berkerja sama dengan beberapa Forum Masjid Mushola BSD (FMMB) dan Yayasan Mama Papa. Acara ini sendiri berlangsung dihadiri oleh Ustad Solmed yang merupakan ustad yang sering dakwah di televisi memberikan sambutan dalam peluncuran program BBQ ini serta tauziah singkat untuk kita.

Program BBQ Sendiri apa sih?
Nah, Program BBQ ini sendiri adalah program yang dilakukan dengan cara memberikan Training of Trainers kepada 5 Ustad atau guru mengaji perwakilan dari masing-masing masjid sekitar BSD Tangerang Selatan. Nah untuk pesertanya sendiri yang bisa mengikuti BBQ ini mulai dari usia anak 7 tahun dimana usia anak yang sudah diwajibkan untuk diajarkan solat 5waktu. Jadi jika moms punya anak usia mulai 7tahun yang belum bisa mengaji bisa mengikuti program BBQ ini.

Karena nantinya setiap ustad atau guru mengaji yany sudah mendapatkan training nantinya mengajarkan Program BBQ ini kepada jamaah masjid atau anak didiknya melalui metode Mama Papa.

Metode Mama Papa sendiri adalah Metode yang dikembangkan oleh Ustadz Muhammad Taslim dengan memberikan pengajaran singkat hanya dalam waktu 3 jam bisa langsung dapat membaca Al-Quran. Untuk kegiatannya sendiri Sinar Mas Land didukung oleh Yayasan Muslim Sinar Mas.

Sebenarnya acara BBQ ini sendiri sudah pernah dilakukan di tahun 2018 dimana sebanyak 350 peserta yang mengikuti program ini dari anak usia 4 tahun sampai 12 tahun. Dengan jumlah guru mengaji atau ustadz sejumlah 50 orang. Menariknya, para peserta BBQ ini bisa mengikuti lomba membaca Al- Quran dengan hadiah yang saat itu disiapkan oleh Panitia BBQ 2018 sebesar 30juta rupiah. Wah sangat besar ya?.... Anak pinter ngaji kalau menang dapat hadiah pula… pasti kita akan bangga menjadi orang tua dengan anak yang pintar mengaji…

Untuk tahun ini, program BBQ 2019 disiapkan hadiah sebesar 50jt rupiah untuk lomba membaca Al- Quran dari setiap peserta BBQ ini. Untuk perayaan lombanya nanti insha allah akan dilaksanakan pada tanggal 1 Muharam atau dibulan September 2019.

Jadi buat bunda dan ayah yang ingin anaknya pintar mengaji untuk dikawasan BSD Tangsel ini bisa mencoba untuk mengikuti kegiatan BBQ 2019 ini. Dan jangan lupa perbanyak ibadah dibulan suci ramadhan ini dengan sering mengaji.


Dan saya saat mengikuti acara peluncuran BBQ 2019 hehehehe… Maaf nyepam deh…

Komentar

  1. semoga berkah di bulan puasa ini,..

    BalasHapus
  2. Kalau di Jawa banyak yg buta Al Quran karena muatan lokalnya hanya budaya. Di Riau muatan lokalnya ditambah ngaji Al Quran jadi anak2 SD sudah pasti bisa baca Al Quran. Semoga Ramadan berkah ya. Aamiin.

    BalasHapus
  3. Bagus ya, bisa mengajatkan baca Al-Quran dalam waktu singkat... Semoga semakin banyak cakupan program BBQ ini, termasuk di Jogja... Tfs mb..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah semoga ibadah kita semua lancar ya di bulan suci Ramadan yang sebentar lagi akan datang. Saya juga sedang belajar membaca huruf hijaiyah dan belajar membaca saat bertemu harkoatnya dengan salah satu metode yang diajarkan di salah satu moshola di dekat rumah. Setuju banget ra, anak-anak sejak dini, sebaiknya sudah diajarkan membaca Al Quran. Keren juga ya program yang akan diadakan, mau ajak anak untuk ikutan ach, kebetulan tinggal di Tangerang juga nih

    BalasHapus
  5. Masua Allah.. kegiatan amal di bulan puasa memang buanyak sekali ya mba.. orang2 berlomba2 untuk berbuat baik.. beramal shaleh.. alhamdulillah..

    BalasHapus
  6. alhamdulillah bagus ya programnya, semoga semakin banyak yg bisa baca Alquran ya plus memahami dan mengamalkannya

    BalasHapus
  7. MasyaAllah bagus sekali programnya, mba. Jadi membantu sekali agar rajin untuk belajar mengaji Al Quran

    BalasHapus
  8. Program BBQ keren, bisa jadi penyemangat anak biat belajar ngaji nih ya mbak

    BalasHapus
  9. Program yang bagus ini mba...bisa dicontoh, sekaligus di jaga...biar kontinyu

    BalasHapus
  10. Ohhh BBQ ini kependekan dr Berantas Buta Qur'an...bagus juga nih programnya. Bermanfaat bgt

    BalasHapus
  11. Masya Allah, kegiatan Berantas Buta Quran ini bagus banget. Andai dilakukan di seluruh wilayah Indonesia yang banyak umat muslim tinggal, bisa beneran memberantas muslim yang buta Quran ya

    BalasHapus
  12. Wah programnya bagus banget ya agar buta Quran dikurangi dan banyak yang bisa mengaji, bagus ni kalau programnya lebih luas hingga Jateng dan provinsi lainnya

    BalasHapus

  13. Bagus bgt nih programnya berantas buta quran. Insyaallah jadi amal jariyah ya

    BalasHapus
  14. Metode Mama Papa yang dikembangkan oleh Ustadz Muhammad Taslim dengan memberikan pengajaran singkat hanya dalam waktu 3 jam bisa langsung dapat membaca Al-Quran...beneran bisa membantu masyarakat khususnya anak-anak yang belum bisa baca Quran ya
    Salut dengan program ini!

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum ukhti. Bagus programnya dan bagus bajunya. Cucok meong

    BalasHapus
  16. Wah, bagus banget programnya mba. Ini nih kegiatan yg keren banget. Apalagi kalo dilakuin di bulan Ramadhan ini ya.. Masya Allah..

    BalasHapus
  17. Masya Allah senang dengan program ini akan membantu anak-anak belajar Al Quran ya. Apalagi bulan Ramadhan nanti makin senang belajar bersama. Salut adalah BBQ semoga sukses!

    BalasHapus
  18. Wah bagus programnya mbak, tapi buat area Depok atau Bogor blm ada ya?
    InsyaAllah moga2 Ramadan tahun ini lbh baik dr sebelumnya, makin rajin mengajinya ya aamiin Ya Rabb

    BalasHapus
  19. Cakep ini programnya, kan jadi semangat belajar ngajinya ya

    BalasHapus
  20. Sudah waktunya masyarakat indonesia bebas buta baca quran. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar kita harusnya muali concern dg quran

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah ada gerakan BBQ ini ya. Memang bener loh, gerakan utk memerangi buta Al-Qur'an ini harus dilakukan oleh banyak pihak. Jadi ingat jaman muda dulu (aiiihh usia berapa, Eyang?), bisanya baca Qur'an ya karena merasa malu pada diri sendiri, udah kuliah belum bisa baca Qur'an. Akhirnya belajar bareng anak2 yg jauh lebih kecil. Udah ga usah pake malu, namanya juga belajar ya. Makanya seneng banget baca artikel ini, ada kepedulian terhadap masalah tsb melalui BBQ.

    BalasHapus
  22. Ini penting nih, berantas buta Al Quran, karena jangan sampai kita pun buta Al Quran. Jadi ingat jaman kecil aku mah ngaji gak bisa bolos karena gurunya kerumah. Hahahahaa... Sekarang kudu belajar lagi yang bener nih.

    BalasHapus
  23. Batu tadi pagi aku di share dengan program setipe namun dari Cinta Quran. Tujuannya sama, membuat umat muslim di Indonesia bisa baca Quran. Gak hanya pada bulan Ramadhan saja, namun terus dan terus sampai semua umat muslim di Indonesia bisa baca Quran. Aamiin

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah ya, semakin banyak program yang bisa membimbing anak-anak menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah. Semoga programnya bisa lanjut hingga di luar Bulan Ramadhan

    BalasHapus
  25. Bagus acaranya memptivasi kita untuk membaca Al quran. Semoga kita bisa banyak ngaji di bulan ramadhan ini ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!