5 Cara Mengajarkan anak empati terhadap hewan


Mainan hewan hewanan di mall bersama anak... 


Akhir-akhir ini kita mendengar berita di sosial media tentang hewan yang dianiaya ya moms. Beritanya mulai dari membunuh kucing, anjing dan lain lain. Bahkan lebih parahnya lagi sampai ada Kebun Binatang yang mau ditutup dengan cara hewannya di aniaya seperti ditemukan plastik di perut gajah dll. Hal tersebut sangat miris sekali bahkan beberapa hewan langka seperti harimau, singa, penyu saat ini mulai punah juga karena ulah manusia itu sendiri. Padahal secara ekosistem kita masih memerlukan hewan tersebut untuk dilindungi. Sehingga kita sebagai orang tua perlu untuk mengajarkan kepada sikecil mana hewan yang dilindungi sehingga anak bisa berempati terhadap hewan yang nantinya membuat karakter dia saat dewasa nanti menjadi pribadi yang baik. Berikut adalah beberapa cara mengajarkan anak empati terhadap hewan :

  1. Mengajak anak jalan-jalan ke kebun binatang
Saat ini sudah banyak sekali tempat wisata kebun binatang yang sangat bagus dan menarik untuk di kunjungi sebagai wisata keluarga bersama sikecil. Salah satu wisata kebun binatang seperti taman safari pun juga bisa menjadi tempat wisata maupun tempat belajar sikecil.
Dengan mangajak si kecil melihat langsung hewan-hewan dikebun binatang secara nyata dapat menjadi memori dia yang menyenangkan saat dewasa nanti.
Serta perlu diawasi juga ya moms saat sikecil berada di kebun binatang. Karena ada beberapa peraturan yang menerapkan pengunjung tidak boleh memberi makan demi keselamatan kita semua. Yuk luangkan waktu dengan keluarga jalan-jalan minimal tiga bulan sekali.

  1. Mengajarkan anak mengenal bentuk dan nama hewan
Saat ini sudah banyak sekali gambar kartun hewan bahkan beberapa buku cerita tentang hewan yang bisa diajarkan kepada sikecil. Mengenalkan bentuk dan nama hewan melalui buku cerita, boneka hewan yang lucu, video cerita hewan yang menarik seperti hewan yang tidak berbahaya adalah gajah, kucing, kelinci dan hamster.
Kemudian mengenalkan juga hewan buas yang dilindungi seperti buaya, singa, ular, dll.

  1. Mengajarkan kasih sayang terhadap hewan
Mengajarkan untuk tidak menghardik hewan disekitar contohnya kucing, walau memang untuk anak yang terlampau kecil harus hati-hati juga dengan hewan ini karena punya cakar yang dapat membahayakan sikecil. Namun jika memberikan kasih sayang seperti memberikan kucing makan sambil kita awasin adalah salah satu contoh bentuk mengajarkan kasih sayang kepada hewan.

  1. Bermain dengan hewan kesayangan
Saat ini ada banyak sekali mainan yang bentuknya mirip sekali seperti hewan beneran, seperti mainan kucing yang bisa berjalan seperti boneka juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk mainan sikecil. Mainan ini variasinya ada banyak juga ada juga mainan boneka hewan seperti teddy bear yang bisa berbicara serta ada juga yang bercerita.
Hal ini berguna agar sikecil tidak takut dengan hewan ya moms..

  1. Mengenalkan kisah atau dongeng tentang hewan kepada anak
Selah satu bonding yang kuat dari orang tua adalah mendongeng sebelum dia tidur mengenalkan beberapa kisah tentang hewan atau dongeng fabel kepada sikecil yang baik sesuai yang kita ketahui seperti dongeng cerita tentang kancil ya moms. Dengan ilmu dia tentang beberapa kisah dan dongeng tentang hewan, sikecil akan mengenal kasih sayang terhadap hewan yang dilindungi untuk tetap dijaga ya moms.

Nah, dari beberapa penjelasan diatas perlu diingat juga selain berempati terhadap hewan anak juga harus kita ajarkan mana hewan yang berbahaya atau tidak ya moms. Karena hal tersebut untuk keselamatan sikecil juga ya moms serta tetap dalam pengawasan orang tua ketika anak bermain. (By Rachmanita- www.adindarara.com )



Komentar

  1. Wiii, makasiii tipsnya kakaaa
    Memang ortu kudu mengajarkan banyak hal terkait akhlak kepada anak yak.
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Pas banget mbak, anakku kebetulan dah terlanjur suka dengan kucing, jadi sering main dengan kucing.

    BalasHapus
  3. aku paling suka ajak anak ke zoo karena juga aku penyayang binatang hihi jadi ikutan happy deh

    BalasHapus
  4. Anakku yang kedua tih suka banget nendang2 kucing tetangga.. untungnya selaku diingetin juga sama kakaknya kalau hewan juga harus disayang, apalagi kalau mereka ga ganggu kita kan..

    BalasHapus
  5. Tips yg bagus niii...hewan jg mahluk tuhan y bisa sedih jika d lukai itu yg slalu sy ajarkan pada anak-anak

    BalasHapus
  6. Senang ya anak empati terhadap hewan, konon membuat anak jadi lebih impati pads sesama juga dan penyayang

    BalasHapus
  7. Aku dikenalkan pertama kali ya ke pasar nemu kucing hehehe
    terus liatnya gemes, banyak bulu cantik tak bawa pulang meski ngeong ngeong hahaha
    jadi bayangkan kelak aku ngenalin ke anaku gimana ya, untung ada tips darimu mba

    BalasHapus
  8. Kesemua tipsnya sudah aku xoba, dan iya anak² senang banget dengan binatang. Mulai dari ikan, kura² , burung hingga kucing....

    BalasHapus
  9. Naiyaa...
    Aku tadinya suka random dalam mendongengkan anak-anak, kadang cerita putri-putri kerajaan.
    Tapi...
    Sejak anakku sekolah SD, malah mereka yang dongengin mama, mengenai hewan-hewan yang ada di Al-Qur'an.
    MashaAllah~

    Jaman sekarang yaa...limbah sudah tak terkendali.
    Sehingga banyak yang termakan hewan-hewan.
    Huhuu~
    Sediiih...

    BalasHapus
  10. Mengenalkan anak sejak dini untuk menyayangi bintang memang baik ya mba buat melatih kepekaan anak terhadap sesama makhluk hidup

    BalasHapus

Posting Komentar