Beberapa hal kenapa tingkat perceraian tinggi ditengah pandemi

 Hallo semuanya,


Sebenarnya agak ragu-ragu aku awalnya buat mau membahas ini tapi ceritanya karena konten tiktok aku naik karena pembahasan tentang pernikahan jadi aku mulai membahasnya, Kenapa perceraian lagi marak sekali di tengah pandemi virus Corona ini.




Setiap orang pastinya menginginkan pernikahan yang indah dan juga bahagia karena pernikahan itu tujuannya adalah untuk bisa melengkapi satu sama lain. Namun pada kenyataannya dan pada prakteknya pernikahan itu tidaklah mudah dan tidaklah indah. Sebenarnya kalau di sambungin dalam agama, karena aku muslim pernah dengar bahwa saat seseorang sudah menikah setan ingin memisahkan orang tersebut. 


Apalagi dihubungkan dengan akhir zaman, aku sebelumnya nggak pernah terpikirkan bahwa kita sudah hidup di akhir zaman. Karena dari yang aku pelajari dulu aku sekolah di madrasah salah satu tanda akhir zaman adalah banyak terjadi perceraian.


Menikah itu memang mudah, semua orang bisa menikah dengan siapapun yang dia inginkan. Tapi bertahan dalam sebuah pernikahan itu adalah pilihan dan juga banyak ujiannya bahkan ada banyak sekali badai banyak yang menerpa. Aaaeeelahhh sinetron banget……..


Karena dengan kita asal menikah apalagi menikah tanpa ada persiapan matang antara lahir dan batin maka yang terjadi adalah perceraian yang dapat membuat luka banyak pihak. Perceraian emang sangat berat menurut aku dan nggak mudah. Apalagi kalau sudah punya anak dan juga beban mental yang harus dihadapi saat bercerai. Karena bercerai tidak sama halnya dengan putus cinta atau pacaran. Ada tanggung jawab penuh yang harus di penuhi baik buat ayah maupun ibu. Termasuk tanggung jawab seorang ayah seumur hidup terhadap anak walau sudah berpisah tetap harus tanggung jawab terhadap anak.


Apalagi beban mental ditengah ketidakpastian adanya pandemi seperti ini, ternyata dari beberapa berita yang sedang viral dan tren memang kenyataannya di lapangan banyak sekali terjadi perceraian. Kenapa sih kok bisa cerai? Kok bisa apa hubungannya corona sama perceraian? 


Banyak sekali pertanyaan seperti ini, dari beberapa analisa berita terkini beberapa hal yang menyebabkan banyak terjadi perceraian antara lain:

❌✅ Kondisi ketidakpastian dalam hal ekonomi banyak yang mengalami PHK sehingga tidak mudah mempertahankan rumah tangga yang dilanda ekonomi

❌✅ KDRT baik verbal maupun fisik karena keseringan berada dirumah pekerjaan rumah yang menumpuk untuk tugas istri maupun suami

❌✅ Ketidak jujuran antara suami dan istri

❌✅ Tingkat kebosanan karena selalu bersama

❌✅ Adanya orang ketiga yang hadir dalam rumah tangga saat 

❌✅ Sosial media yang semakin getol dengan membandingkan diri sendiri maupun suami orang lain yang membuat tidak bersyukur atas pernikahan yang dimiliki

❌✅ Orang jauh lebih sensitif sejak adanya pandemi karena ketidakpastian dalam segala hal mulai dari pekerjaan maupun usaha

❌✅ Kurangnya komunikasi antara satu sama lain

❌✅ Perbedaan visi dan misi dari awal menikah yang sudah tidak ditepati


Masih banyak banget tentunya alasan kenapa orang lain berpisah, bahkan kemarin sempat lihat ada berita juga mereka pasangan yang tidak pernah berdebat atau bertengkar juga bercerai karena tidak ada rintangan dalam pernikahan. Hehehehe sumpah yang ini unik banget emang beda dari yang lain.


Namun yang harus paling ditekankan jangan mudah memutuskan perceraian begitupun buat anak muda juga jangan sampai mudah memutuskan pernikahan. Karena hal tersebut juga harus ada dukungan orang sekitar. Buat kita yang sudah menikah jangan gampang mengurusi hidup orang lain. Apalagi orang yang belum menikah, lebih baik tidak perlu menanyakan kenapa belum menikah dan lebih baik diberikan edukasi bagaimana dalam memilih pasangan dengan tepat dan apa saja yang harus dipersiapkan dalam menjalankan pernikahan. 


Nikah memang merupakan ibadah selamanya, namun perceraian akan membuat luka buat semua pihak. Bahkan anak akan menjadi korbannya atas semua ini. Lebih baik memang perlu sekali adanya edukasi sebelum menjalankan pernikahan supaya bisa langgeng sampai kakek nenek. Karena memang semua yang ada dalam hidup kita pasti ada saja ujiannya. So tetap semangat. (By Rachmanita)








1 komentar

  1. Wah keren nih tulisannya....Saya sebagai lawyer yang biasa menangani kasus perceraian di pengadilan agama, beberapa faktor.pemicu perceraian sdh disebutkan dalam tulisan ini. Keren. Cuma satu catatan saya, tulisan ini kayaknya gak dibaca lagi dan diedit sebelum di posting, sehingga ada beberapa pengulangan kata yang sedikit mengganggu. Tapi keseluruhan artikel sih, oke banget.....salam

    BalasHapus