Mengasah kemampuan IQ dan EQ sikecil dengan permainan menyenangkan



Hallo Mom dan Dad Semuanya, 

Sebagai orang tua rasanya waktu begitu cepat rasanya anak yang baru kemarin lahir di dunia saat ini sudah hampir usianya mau menginjak usia 2 tahun. Rasanya cepat sekali semuanya ini dilalui, dimana perjalanan sebagai orang tua untuk mendidik anak merupakan pelajaran yang harus kita bekali terus-terusan sesuai dengan perkembangan zamannya. Ada tangis dan tawa semuanya saya lalui untuk melihat dia tumbuh dan berkembang hingga saat ini. Memang tidaklah mudah menjadi Orang tua Hebat. Banyak rintangan dan halangan yang harus kita lewati untuk membesarkan sikecil. 

Dok. Bebeclub

Setiap anak yang terlahir didunia merupakan anak yang hebat dan pintar. Sehingga setiap anak sendiri memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda-beda untuk dapat dikembangkan potensinya nanti. Bahkan semua anak yang lahir didunia ini terlahir suci dan bersih yang artinya anak tersebut adalah anak yang baik. 

Dok. Bebeclub Saya dan Anak saya

Apa sih pentingnya IQ dan EQ untuk anak? 
Karena jujur saya sendiri sebagai orang tua memikirkan masa depan anak saya sendiri untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dia IQ (kecerdasan berpikir) serta EQ (kecerdasan emosional). Bagaimanapun juga hal ini sangat penting moms mengingat kita tinggal di kota besar yang harus selektif memilih sekolahan nantinya. Sedangkan sekolah unggulan saat ini mulai dari TK pun ada tes masuknya. Siapa sih yang gak pengen punya anak menjadi anak yang unggul dan hebat serta berprestasi ya mom? Pasti semua orang tua ingin yang terbaik. 

Nah, oleh sebab itu pentingnya menerapkan mengasah kemampuan IQ dan EQ ini sudah bisa diterapkan sejak dini loh moms melalui permainan seru yang dapat mengasah kemampuan berpikirnya dia. Permainan seru tersebut juga bisa loh kita lakukan sehari-hari bersama sikecil. Ide-ide permainan ini sendiri sudah aku cobain bersama sikecil bisa diterapkan dengan mudah loh moms hal ini merupakan salah satu stimulasi yang mempengaruhi tumbuh kembangnya dia. Mau tau gimana cerita pengalamannya? Yuk simak terus ya… 

Pengalaman mengembangkan kemampuan IQ dan EQ melalui permainan menyenangkan bersama sikecil
Beberapa waktu yang lalu tepatnya Jumat, 16 Agustus 2019 alhamdulilah saya dan sikecil berkesempatan hadir ikut playdate yang diadakan oleh Bebeclub Growth Them Great yang berlokasi di Kantorkuu Coworking Space Agro Plaza Kuningan.


Acaranya sangat seru sekali moms karena disini kita bisa belajar mengembangkan kemampuan IQ dan EQ kepada anak kita mulai dari stimulasi sesuai dengan usianya untuk proses tumbuh kembangnya melalui permainan yang sangat menarik dari Rumah Dandelion seperti :
💕Bernyanyi
💕Berkreasi dengan permainan membuat kerajinan tangan mobil-mobilan dengan kertas yang di tempel kemudian digantung
💕Mewarnai gambar sesuai dengan kreasinya dia salah satunya membuat bentuk kelinci dan memasangkan mata kelincinya juga 
💕Bermain teksture seperti pasir yang bisa dia kembangkan 
💕Membacakan dia cerita untuk menumbuhkan kepeduliannya dengan cerita tentang kisah seorang penjual donat yang sedang sakit
💕Membereskan barang untuk diletakkan ditempatnya sesuai dengan jenisnya
💕Meningkatkan kepedulian apabila ada orang lain yang sedang membutuhkan bantuan misalkan terhadap temannya juga
💕Menghias kue donat dengan toping yang menarik yang diberikan kepada bunda



Pada saat acara anak sibuk bermain sementara kita para moms berdiskusi membahas tentang mengembangkan kemampuan IQ dan EQ terhadap anak dengan pembicara Ini Ibu Binky dari Dandelion. Diskusi ini kita bisa sharing pengalaman atau pertanyaan yang bisa ditanyakan langsung bagaimana memgembangkan dan mengasah kemampuan IQ dan EQ untuk anak. 

Dok Pribadi saat Sharing Session

Apa aja sih manfaatnya yang bisa didapatkan anak dengan cara permainan di acara Playdate bersama Bebeclub ini? 
💕 Mengajarkan sikecil untuk mempunyai empati serta kepedulian saat teman atau orang lain mendapatkan musibah. Misalkan saat anak mewarnai kemudian ada temannya yang membutuhkan pensil warna maka secara responsif dia akan meminjamkan kepada temannya. Hal ini pula terjadi saat kegiatan kakak menjatuhkan sendok di depan mereka bagaimana reaksi mereka apakah langsung menolong atau tidak. 
💕 Mengajarkan sikecil menghargai proses contohnya dalam proses pembuatan menghias donat. Mengajarkan dia bersabar serta kreativitas bagaimana biasanya kue yang sering ada di toko yang biasanya kita beli dapat dibuat sendiri dirumah
💕 Mengajarkan anak untuk bisa disiplin dengan cara baris berbaris kecil saat mulai permainan

Dok. Pribadi hasil karya membuat donat bersama anak

Dok. Pribadi Hasil Karya Playdate Mewarnai Kelinci Anak

Banyak sekali manfaatnya dari berbagai macam permainan diatas yang sudah dilakukan oleh sikecil dan saya. Terpenting anak saya sangat happy sekali mengikuti seluruh kegiatan rangkaian acara playdate ini. 

Kebahagiaan saya menjadi orang tua memiliki anak merupakan hal yang wajib kita syukuri, melihat anak sehat dan cerdas adalah impian semua orang tua. Sehingga pentingnya memberikan nutrisi yang seimbang dengan gizi yang cukup merupakan bekal penting untuk dia dalam proses pertumbuhan serta tumbuh kembangnya.

Sangat berterima kasih kepada Bebelac yang percaya akan pentingnya membesarkan seorang anak yang tidak hanya cerdas secara kognitif, tapi juga memiliki belas kasihan, kemampuan untuk menyampaikan kebaikan pada orang lain, dan bisa bersimpati maupun berempati dengan baik.

Karena anak yang memiliki kecerdasan emosional (EQ) yang baik, akan mampu menggunakan kecerdasan kognitifnya (IQ) untuk berbuat baik dan memiliki kepribadian yang kuat atas suatu hal yang itu merupakan hal yang baik. Harapan saya sebagai moms untuk sikecil bisa menjadi anak Hebat. Dimana dibalik anak Hebat ada Ibu Hebat donk ya pastinya. 

Untuk moms dan juga dads yang ingin bisa mendapatkan tips dan penjelasan lebih lanjut akan pentingnya menyelaraskan EQ dan IQ anak, bisa mengunjungi website www.bebeclub.co.id dan bergabung dengan para orangtua lainnya untuk berdiskusi loh. (By Rachmanita) 

Keseruan bersama semua moms yang mengikuti acara playdate Bebeclub ini. 


Dok. Pribadi saat anak belajar mengembalikan barang sesuai pada tempatnya

Komentar

  1. Ya Allah mbak, produktif sekali menulisnya samean ini. Perlu banget dijadikan contoh. Mbrebes mili aku. Keren banget ibu rumah tangga bisa seproduktif ini. Apalagi lihat salsa yang always antusias saat diajak event. Barokah ya salsa dan mamanya :3:3:3 #kisshugdarijauh

    BalasHapus
  2. Bebelac selalu menghadirkan event yg sarat makna ya Mba
    Aku juga baruuu aja ikutan Bebeland d Sby
    Kerennyaaaa khanmaen
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  3. Lucu banget sih si kecil, cantik banget ngalahin mamanya hahaha
    Keseimbangan kecerdasan IQ, EQ dan SQ anak itu penting ya.
    Dan Bebelac begitu hebat mengfasilitasi hal tersebut melalui Bebeland didukung oleh nutrisi dari susu Bebelac :)

    BalasHapus
  4. Saya nunggu nih acara keren begini di kota saya. Semoga gak terlewat deh, soalnya anak cerdas gak cukup. Harus juga punya SQ yang baik.
    Saya liat postingan temen saat nemenin muridnya ikut olimpiade.

    Itu anak2 cerdas yang ikut, tapi buang sampah aja gak pada tempatnya. Asli spot olimpiade penuh sampah, cukup miris kan mba..

    Saya gak mau anak2 saya begitu juga nantinya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga ikutan jugak...
      kan cha.. dimana ada diriku disitu ada dirimu kwkwkwkw....

      moga2 bebelac ngajakin kita a.k.a komuniti buat partisipasi yak...
      dari kemaren baca tulisan bebelac event terus, kepo benerrrr

      Hapus
  5. Wah acaranya seru dan beroleh banyak pengetahuan. Pengen deh ikut acara begini apalagi anak saya pakai produk Bebelac juga.

    BalasHapus
  6. Seru dan edukatif banget ya mbakk acaranyaa,
    Bener banget tuh dibalik anak yang hebat ada ibu hebat yang melahirkan dan membesarkannya

    BalasHapus
  7. Sepakat Mbak, di samping mengasah IQ, sebenarnya jauh lebih penting penting meningkatkan kecerdasan EQ. Apalah artinya kepintaran tanpa kesabaran, kejujuran, welas asih dsb. Plus SQ juga. Tfs Mbak

    BalasHapus
  8. huuu kaaan aku pengen tinggal di kota
    biar bisa datang ke event2 kayak gini, sambil bawa si kecil
    pengen sih aku
    rame gitu loh
    mereka menghargai keberadaan Ibu dan anaknya

    ehtapi aku belum jadi Ibu sih, hehe. cuma berangan-angan

    BalasHapus
  9. Event Bebelac ini keren sekali, Mbak. Banyak sekali aktivitas yang akan mengasah kemampuan anak, termasuk anak tambah teman juga. Anak senang, orang tua bahagia. Makanya harus sering-sering diadakan nih, termasuk di Kebumen juga hehehe.

    BalasHapus
  10. Seneng banget ya bisa quality time bareng anak di bebeland semoga lebih banyak anak yang bisa ikut acara ini supaya bisa tumbuh hebat - Grow Them Great

    BalasHapus
  11. Meriah banget ya acara bebelac satu ini. Anak pun senang diajak main-main dan bertemu dengan anak lain

    BalasHapus
  12. Pengen banget ikutan acara playdate kayak begini, kayaknya seruuu banget gitu, anak-anak juga enjoy. Apa daya anak saya udah 10 taun wkwk

    BalasHapus
  13. Seru banget ya mbak acara family date bersama bebelac ini. Beberapa waktu lalu saya dan anak saya juga ikut nih. Jadi makin banyak ide permainan yang bisa kita mainkan bersama anak-anak di rumah untuk melatih kecerdasan IQ dan EQ nya dia ya mbak

    BalasHapus
  14. Keren ya acaranya. Onti yang blm punya anak pun pingin ikutan hehe. Krna emg penting bgt aktivitas2 yang merangsang kreativitas.

    BalasHapus
  15. Kemarin aku juga diundang untuk acara ini mbak. Sayang ga bisa datang hiks. Aku baru tahu ternyata kecerdasan EQ bersinergi dg IQ ya mb. Harus bisa seimbang nih biar anak makin pinter

    BalasHapus
  16. Zaman skrng emang sebaiknya gak cuma menekankan IQ tapi juga EQ ya mbak, krn tantangann hidup di masyarakat makin komplek :D
    Itu seru banget playdatenya Bebelac ya, anak2 bisa main sama teman2nya, eh ortunya dapat insight ttg parenting juga ya?

    BalasHapus
  17. Banyak bgt ya nilai2 yg bisa diajarkan ke anak lewat permainan2 yg menurut kita sederhana trnyata penting bgt diajarkan utk anak. Salah satunya kyk mengembalikan barang ke tempatnya

    BalasHapus
  18. Ini adiknya main dgn permainan yg mengasah daya pikirnya , ibunya tetap bisa memantau sembari belajar parenting ya mbak.
    Itu seru banget permainannya Mbak 😍

    BalasHapus
  19. Seru dan senang banget liat si kecil salsa mengikuti stimulasi permainan yang ada di playdate Bebelac, kapan ada lagi ya acara seperti ini, kapan-kapan mau ikutan buat si kecil ku

    BalasHapus
  20. Acara gini seru juga ya, bebelac mantap buat event serupa, hehehehe mampu bermanfaat untuk perkembangan intelektual dan fisik anak. Bangga deh

    BalasHapus
  21. Berfaedah banget nih ilmunya. Bisa diterapksnan di rumah juga, untuk mengasah empati anak agar lebih peduli lingkungan. Tfs mb...

    BalasHapus
  22. wah seru sekali eventnya
    pasti anak anak yang ikut menikmati sekali
    selain itu mereka bisa belajar sambil bermain ya
    bebelac memang tahu kebutuhan ibu dan anaknya

    BalasHapus
  23. dengan cara kreatif ini, anak bisa belajar sambil melatik kinerja IQ dan EQnya. Anak juga nampaknya gak akan bosan karena mereka hanya sadar kalau sedang bermain

    BalasHapus
  24. kemampuan anak memang harus diasah sejak dini. Tapi, ingat bukan cuma IQ dan EQ saja, diperlukan yang namanya SQ (Spiritual Quotient) sehingga si anak bisa membentengi diri*

    BalasHapus
  25. Saya tunggu2 ni, Bali bakal ada gak ya?
    Untuk mendapatkan permainan-permainan ini di Bali ada sih....tapi terpisah dan setiap pertemuan rata-rata kami bayar 150rb. Jadi, akhirnya milih aja yang anak suka ga bisa semua di jajal.
    Keren banget ini Bebeclub bikin program acara.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!