Mau Menjadi Blogger atau Vlogger? Pilih mana….

Hallo Semuanya,.. 

Era digital makin pesat ya, saat ini banyak banget lahir blogger maupun vlogger yang semua orang bisa melakukannya. Perkembangan digital makin pesat. 

Jujur saya sendiri bingung mau menamakan diri saya apaan. Orang kenal saya itu sebagai blogger atau Vlogger saya juga gak tau. Tapi saya jarang menyebutkan ini sebagai pekerjaan saya. Paling kalau di tanya orang yang gak dikenal yaa bilangnya usaha. Ekwkwkwk



Iya bener usaha.. Usaha bikin konten yang menarik….

Kalau ditanya mending jadi vlogger atau blogger? Pasti semua orang punya jawaban masing-masing atau bahkan bisa memiliki hobi keduanya…Kalau saya sendiri masih lebih nyaman jadi blogger karena memang lebih mudah aja mengutarakan isi hati ini lewat tulisan… 
Namun, saat ini pasar sudah mulai merambah kevlog atau video. 

Kenapa menjadi vlogger itu jauh lebih susah dari pada blogger? 
Sebenenarnya tingkat kesusahan sendiri setiap orang pasti berbeda beda kan ya. Ada yang memang suka nulis dan hobi ngomong panjang lebar kayak skripsi begini akhirnya buat blog… Ada yang memang suka bicara dan berani tampil di depan camera akhirnya membuat vlog. Akhirnya susah dan gampang ini sendiri balik lagi ke kesukaan kita masing-masing. Karena pada dasarnya kalau kita suka pasti gak akan susah. 
Kalau buat saya pribadi saya merasakan saat membuat vlog jauh lebih susah untuk Editing atau membuat video yang sangat menarik agar orang mau melihat. 

Apa aja sih yang diperlukan menjadi Blogger maupun menjadi Vlogger? 
Untuk menjadi blogger kamu hanya butuh tulisan kamu yang menarik untuk bisa dibaca orang. Share ke sosial media kamu, bahkan membuat tulisan yang sesuai dengan yang kamu sukai atau ini biasa disebut niche. 
Kalau menjadi vlogger sebenarnya sama aja sih pertanyaannya, pasti kamu akan membuat video atau vlog sesuai dengan yang kamu kuasai dan balik lagi ke yang kamu suka. 
Jadi mau curhat deh… Wkwkwkwkw
Selalu deh ya konten aku tuh sebenernya niat awal membuat youtube cuma buat seru-seruaan aja. Jadi asal bisa upload video sering minimal seminggu sekali. Kalau kamu nonton youtube aku kan isinya ya begitulah. 

Editing aku juga ala kadarnya. Belum juga profesional seperti yang lain. Awal membuat youtube itu sendiri memang tahun 2018 pas aku udah mulai resign. Tapi sampe sekarang alhamdulillah ada aja yang nonton walau ya begitulah. Bingung mau ngomong apa… Speachless…. 

Nah, untuk alat menjadi vlogger sendiri memang harus dibutuhkan beberapa seperti:
  • Camera mirorless atau camera hp yang bagus juga bisa
  • Ring Light ini untuk membuat video didalam ruangan biasanya dibutuhkan untuk vlogger makeup
  • Tripod ini dibutuhkan kalau kamu gak ada yang bantuin pegangin camera

Serta banyak banget alat canggih yang bisa menunjang untuk nge vlog supaya mendapatkan kualitas video yang bagus. Fokus di konten dulu saja pergunakan alat yang ada sekarang saat ini saja. 

Belum proses editing video juga kan lumayan menyita waktu juga untuk membuat video ini. Apalagi kalau semua dikerjakan sendirian pasti akan berasa deh. 
Jadi intinya balik lagi ke diri kita masing-masing mau jadi blogger atau vlogger atau bahkan bisa keduanya?.... 

Ini aku nulis ini pas lagi di GrabCar menuju pulang abis ikut kegiatan Vloggers Academy dari Danone. (By Rachmanita) 

Komentar

  1. Sekang enak jadi vlogger, peratannya cukup hape saja jadi.
    Beda dengan blogger, jika ingin leluasa bebas mengetik terpaksa ya harus punya komputer.
    saya untuk sementara ini jadi dua-duanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kwkwkw bisa nulis di HP juga mas....tapi nulisnya ga usah kayak skripsi ya

      Hapus
  2. Betul kata Mbak Rachma, ngevlog lebih sulit dari pada ngeblog. Perlu alat pendukung yang memadai. Saya cuma pake handphone ngambil video, ngedit juga pake handphone. Hasilnya kurang maksimal, tapi apa mau dikata, hanya itu yg saya bisa hahahaha...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!