Pentingnya Kebutuhan Serat Anak untuk Optimal Daya Pikirnya

Hallo Moms, 

Menjadi orang tua memang proses belajar dan terus belajar ya moms pastinya. Apalagi saat ini terkadang saya sendiri merasakan betapa paniknya saat anak mengalami permasalahan sembelit atau susah buang air besar. Kebutuhan serat seperti makan dari buah dan sayur menjadi salah satu hal utama yang harus kita ajarkan kepada anak. Apalagi tantangan terbesar saat ini terkadang anak lebih menyukai makanan yang enak sehingga kebutuhan seratnya kurang. 


Masih ingat beberapa waktu saat anak aku mengalami sembelit, saat buang air besar bentuknya keras dan saat mengeluarkannya dia sampai menangis mom. Saya jadi ikut sedih juga rasanya. Setelah saya telusuri memang pola makan anak saya sendiri kurang serat sehingga susah buang air besar yang menyebabkan sembelit. 

Apa saja sih moms penyebab sembelit itu? 
Penyebab sembelit sendiri dikarenakan kurangnya asupan serat yang dikonsumsi sehari-hari. Terlalu banyak makanan berlemak, protein dan karbohidrat yang tidak di imbangi dengan serat yang baik sehingga menyebabkan sembelit. 

Pentingnya Kebutuhan Serat setiap hari


Beberapa waktu yang lalu tepatnya hari Rabu, 3 September 2019 bersama dengan Rekan Blogger dan serta media dalam gathering kita mengikuti acara Pentingnya Pemenuhan Asupan Serat sejak Dini Bebelac Anak Serat Anak Hebat. Adapun Narasumber acara ini antara lain:
💕Chef Yudha Bastara
💕Dr. Frieda Handayani - Konsultan Gastro Hapatologi Anak
💕Pratiwi Rosani - Marketing Manager Bebelac

Berdasarkan dari data dan juga riset dijelaskan bahwa 
9 dari 10 anak Indonesia kekurangan Serat. Hal ini karena anak kebiasan pola makan yang enak dengan identik banyak lemak serta protein. 





Padahal kita sebagai orang tua mesti bisa mencari makanan yang sehat. Membiasakan kepada anak makan sayur dan buah. Hal ini pun juga harus saya terapkan secara disiplin kepada anak juga moms. 

Adapun langkah yang bisa kita lakukan sehari-hari Salah satunya kita sebagai orang tua memberi contoh yang baik kepada anak. Karena anak sendiri kalau dilihat serta kita rasakan sering mencontoh perilaku kita sehari-hari loh moms. Jika kitanya sering makan buah dan sayur maka anak akan terbiasa melihat orang tuanya kebiasaan tersebut. Misalkan kita dirumah sering makan salad walaupun anak pertama kali belum tertarik untuk mencoba lama kelamaan dia akan menjadi biasa. Bahkan saat tidak bersama kita saat disekolah pun yang akan dia rekam adalah makanan tersebut. 

Kemudian mengajarkan anak juga, Kalau sama anak jangan suka di bohongi ya moms. Bukan mengajarinya makan nuget sayur atau burger sayur. Lebih baik menunjukkan apa adanya, karena hal ini akan membuat anak saat tidak bersama kita akan biasa makan makanan tersebut. Misalkan saat anak sudah sekolah karena biasa dibohongi makan nugget bukan buatan kita yang terbuat dari sayur akan membuat anak saat diluar menjadi terbiasa makan nugget yang bukan terbuat dari sayur seperti yang sudah kita buat. Lebih baik kita jujur, karena anak akan merekam semuanya moms.

Paling penting mengajarkan anak untuk pola makan yang sehat mengandung nutrisi serat sendiri Serta jangan menyerah. Harus sabar. Dicoba 10 sampe 15 kali setiap hari.

Pada kesempatan ini pula kita berkesempatan dalam mengecek kecukupan serat anak terhadap pencernaannya moms. Adanya kalkulator pencernaan untuk mengecek kecukupan serat kepada anak. Kalkulator ini sendiri i bisa dicek dari frekuensi pup serta bentuknya sendiri sehingga mendapatkan hasil apakah anak kita kurang serat atau tidak. 

Bagaimana caranya pemenuhan serat makanan? 

Salah satu yg paling gampang adalah minum jus. Smothies sebenarnya paling bagus serat fibernya. diacara ini kita bisa langsung praktek masak loh moms bersama Chef Yudha dengan mengolah sayur dan buah sebagai bahan dasar utama serta Bebelac Gold. Pada kesempatan acara kemarin kita para blogger juga mengikuti Cooking Demo dengan 3 menu serta di lombakan perkelompok dengan menu masakan sebagai berikut:
  1. Overnight Oatmeal Mangga Bebelac Gold
  2. Green Smothie Bebelac Gold
  3. Vegetable Lasagna





Nah, kalau kebanyakan serat apa sih dampaknya? 
Sebenenarnya kalau kebanyakan serat juga tidak baik dan terlalu banyak karena bisa mengikat zat lain. Sesuatu yang baik memang jika berlebihan juga tidak baik. Jadi paling penting semuanya haruslah seimbang. 

Bagaimana cara mengenali Saluran Cerna Anak? 
Untuk mengenali saluran cerna anak sendiri dapat dikenali dengan hal berikut:
  • Mengenali Pola BAB si Kecil
  • Gejala dan cara penanganan diare dan konstipasi
  • Cara mencegah kesehatan perut sikecil

Kebutuhan sikecil harian sendiri membutuhkan asupan serat 16gram /hari. Adapun 16gram serat sama dengan 2kg wortel rebus atau 1.2kg jeruk loh moms. 

Bebelac GOLD
Pemenuhan kebutuhan nutrisi dengan highfiber yang mengandung fish oil, corn starch FOS:GOS 1:9 serta 13vitamin dan 7 mineral. 

Contoh Pemenuhan Pola Makan untuk sikecil yang memenuhi serat adalah 3 menu makanan utama, 300gram pepaya (2 porsi buah) dan 3 gelas susu Bebelac GOLD yang tinggi akan serat. Jika semua itu ditambahkan maka kecukupan seratnya sendiri sekitar 16gram.


Alhamdulillah setelah mengetahui kecukupan serat harian anak, akhirnya anak saya sudah tidak sembelit lagi moms.
Moms juga bisa mengecek kondisi saluran cerna sikecil secara langsung dengan mengakses webnya di 

(By Rachmanita) 
@bebeclub #AnakSeratAnakHebat

Komentar

  1. seru banget bisa lihat chef yuda beraksi. aku mupeng sama vegetable lasagna-nya. kelihatan enak. kebetulan anaku suka pasta dan agak susah makan sayuran.

    BalasHapus
  2. kalau mengenalkan makanan bersert ke anak=anak harus kreatif ya supaya mereka mau makannya, padahal kan penting banget kebutuhan serat. Wah ada Chef Yudha lagi ya

    BalasHapus
  3. bikin jus sayur atau buah tuh emang cara paling aman dan gampang ngenalin buah dan sayur sm anak-anak, and it works klo di aku yang penting kitanya kasih contoh, jangan cuma nyuruh hehehe

    BalasHapus
  4. Pemberian serat ke anak-anak memang suka jadi tantangan sendiri. Asiknya kalau ada acara seperti ini jadi semacam ilmu baru buat para orang tua. Semoga asupan serat anak-anak semakin tercukupi

    BalasHapus
  5. Kayaknya enak2 nih olahan seratnya. Bagi dong resepnya.. Kali aja bisa bikin sendiri

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah anak anak juga ga pernah aku bohongjn makan nugget ala ala gitu.

    susah? jelas!

    tapi dampaknya sekarang mereka suka dengan real food

    BalasHapus
  7. bebelac susu penting untuk anak agar pencernaan lancar ya mom. Ide sereal mangganya boleh juga nih untuk sarapan anak

    BalasHapus
  8. Sedih ya kalau pas melihat si kecil susah buang air besar gara-gara kekurangan serat. Asupan yang masuk ke dalam tubuh si kecil memang harus kita atur agar dia sehat dan tidak mengalami masalah pencernaan seperti sembelit ini misalnya.

    BalasHapus
  9. Wah sebagai pemakai bebelac gold aku pengen banget deh bisa hadir disana. Pasti banyak resep dan tips yg bagus buat pencernaan anakku

    BalasHapus
  10. Saya nih termasuk yang nggak sabar untuk berulangkali menawarkan sayur dan buah pada anak. Sekali anak menggeleng dan bilang nggak mau ya sudah. Harus dicoba menawarkan lagi 10-15 kali ya. Berat euy

    BalasHapus
  11. Serat memang penting buat anak-anak agar pencernaannya lancar yah, soalnya kalau kekurangan serat bisa menmbulkan beragam penyakit yang menganggu tumbuh kembang anak. Ide menu kaya seratnya bagus tuh buat referensi moms yang masih punya anak usia balita.

    BalasHapus
  12. Si kecil maunya kalau makan mangga dipotong kayak di atas itu, baru deh semangat dia. Pengen deh belajar vegetable lasagna kayak gitu mba, kayaknya kalau menu sayurnya cantik, anak2 ini antusias makan

    BalasHapus
  13. Edukatif banget acaranya, ya. Jadi lebih aware soal pemenuhan serat bagi anak. Saya pun ikut belajar melalui tulisan ini. Thank you, Mom.

    BalasHapus
  14. Waaahh...ada demo masak juga ya, Mbak. Asyik banget, nih, sharingnya dari Bebelac. Menambah pengetahuan soal kebutuhan serat untuk anak.

    BalasHapus
  15. wah Bebelac sekarang ada kalkulator saluran cernanya ya?ih seru, langsung mau cobain ah, makasi infonya ya maaaak

    BalasHapus
  16. Waah overnight oat meal plus mangga dan susu bebelac kayaknya lezaat ya mak. Aku jadi pingin coba buat juga nih

    BalasHapus
  17. Duh bener banget. Anak-anak paling susah deh makan sayur. Kudu pake taktik ngasihinya. Alhamdulillah ya kini banyak produk yang diperkaya serat.

    BalasHapus
  18. Susu andalannya Gendish ini, setiap Gendish konsumsi Bebelac Gold, Alhamdulillah BAB pun lancar gak ada drama sembelit

    BalasHapus
  19. Ya Allah~
    Lihat mangga gede dan ranum gitu kok yaa...emaknya yang pengin happ yaa..

    Bebelac bagus banget bikin acara edukasi begini...

    BalasHapus
  20. dulu Zril pernah sembelit. saat itu saya udah kasih banyak buah. tapi salahnya saya bukan buat yg banyak serat tapi yg banyak airnya. ahahah... saya salah kaprah nih

    BalasHapus
  21. Bebelac bisa jadi kreasi overnight oatmeal segala yaa. Asik banget nih olahannya.

    Btw, ternyata enggak baik ya sembunyikan sayur di dalam makanan. Lebih baik jujur ke anak. Baiklah ....

    BalasHapus
  22. Bener banget kalau mau anak kita makan sayur dan buah maka ortunya harus lebih dulu konsumsi buah dan sayur juga. Anakku pun susah makan sayurnya. Tapi kutetap berusaha memasukkan sayur ke dalam menu bekal sekolahnya. So far sih nggak pernah dimakan. Tapi kuterus berjuang hahahaha.

    BalasHapus
  23. Waah...saya nih rajin bikin nugget sayur buat bocils krn terutama yg bungsu mmg susah banget makan sayur (cuma mau bayam). Jadi asupan sayur itu banyakan bukan berbentuk real :D.

    Bersyukurnya sih doyan banget makan buah. Mungkin krn itu jd ga pernah sembelit.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!