Pentingnya Asi Esklusif, Dukungan penuh untuk orang tua dalam rangka Pekan Asi Sedunia (PAS) 2019

Hallo Semuanya, 

Sebagai seorang Ibu dikaruniai seorang Anak adalah anugerah terbesar dari Sang Maha Kuasa. Melalui proses hamil selama 9bulan kemudian melahirkan buah hati tercinta kemudian dilanjutkan dengan menyusui. Sebuah kebahagiaan yang tak bisa diungkap dengan kata-kata melalui semua prosesnya. 






Saat anakku baru lahir pengalaman saya sendiri saat setelah melahirkan anak saya kurang lebih satu tahun yang lalu dengan proses melahirkan secara Sectio atau Caesar bersyukurnya bisa mendapatkan IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Dimana saat anak saya lahir karena diruang operasi diberi selimut berwarna kuning lalu badan anak saya ditempelkan di dada saya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan penuh yang dikenalkan kepada anak adalah menyusui kepada ibunya langsung. Alhamdulilah support sistem tersebut ada dari segala pihak, mulai dari Rumah Sakit, Dokter serta Keluarga. 

Foto pengalaman setelah IMD pasca melahirkan operasi Caesar waktu saya habis melahirkan sikecil. Ini kalau ga salah lagi dalam proses jahit perut gitu... Hehehe







Memberikan ASI Ekslusif kepada anak tercinta adalah keinginan terbesar aku bersama suami serta keluarga saat anak kita baru lahir sampai diusia dia 2 tahun. Walaupun saat baru banget lahir awalnya air susunya sendiri masih sedikit berwarna kuning yang merupakan Colostrum. Awalnya saya sempat khawatir akan jumlah kecukupan ASI saya namun saya berusaha keras meyakinkan diri saya sendiri untuk bisa menyusui kepada anak saya. Alhamdulilah hal ini berhasil saya bisa menyusui memberikan ASI Ekslusif kepada anak saya selama 6bulan penuh. Kemudian dilanjutkan dengan MPASI sampai usia anak 2 tahun hingga saat ini. 

Bulan Agustus 2019 ini dirayakan sebagai hari Pekan Asi Sedunia (PAS), alhamdulilah saya berkesempatan bisa ikut turut hadir diacara PAS 2019 bersama dengan Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes RI) pada hari Rabu, 7 Agustus 2019 berlokasi di Gedung Kemenkes RI, Ruang Swabessy Jakarta Selatan. Adapun temanya sendiri adalah Global “Empower Parents, Enable Breastfeeding”, yang diadaptasi menjadi tema nasional yaitu “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui”, dengan slogan “Ayo Dukung Ibu Sukses Menyusui”.


Adapun yang turut hadir dalam acara puncak Pekan ASI Sedunia tahun 2019 disini dihadiri sekitar 500 orang, terdiri dari 102 peserta daerah perwakilan dari 34 provinsi, peserta pusat 244 orang dan ditambah 150 orang peserta undangan Dinkes DKI Jakarta. Acaranya sangat meriah sekali karena ada juga pengumuman lomba Ibu Bekerja serta penghargaan yang memberikan ASI kepada anaknya. Serta penampilan anak-anak kecil yang lucu memberikan tarian dan nyanyian kepada para peserta acara ini. 



Ibu Menteri Kesehatan Mila Farid Moeloek memberikan sambutan awal mengenai pentingnya memberikan ASI Ekslusif karena hal ini  telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan pada pasal 128, bahwa setiap bayi berhak mendapatkan ASI Eksklusif sejak dilahirkan selama 6 (enam) bulan, kecuali atas indikasi medis. Selama menyusui, diharapkan keluarga, masyarakat, pemerintah dan lingkungan sekitar ibu dapat mendukung ibu bayi agar berhasil menyusui dengan  baik. Pentingnya mendukung setiap ibu agar berhasil menyusui sesuai standar Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) terbukti dapat mencegah kematian anak dan  kematian ibu dan berkontribusi pada pencegahan stunting, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang.



Workshop acara ini sendiri dilanjutkan dengan talkshow bersama Ayah ASI yaitu Sogi Indra Sudjana yang merupakan seorang artis saat ini dikenal menjadi Ayah ASI yang mendukung penuh terhadap berlangsungnya pemberian ASI untuk istri tercinta atau ibu. 

Kenapa memberikan ASI Ekslusif itu penting? 
ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan terbaik untuk bayi yang sudah tidak diragukan. Bayi yang baru lahir sejatinya lebih mudah mencerna ASI karena kandungan serta nutrisi ASI terbentuk secara alami dari Ibu yang mengandung vitamin, protein, karbohidrat, dan lemak. Nutrisi ini sangat penting untuk kecukupan gizi bayi serta tumbuh kembang sikecil. Sehingga pemberian ASI Ekslusif ini diberikan minimal selama 6 bulan sejak bayi lahir, lalu dilanjutkan dengan MPASI. Oiya memberikan ASI Ekslusif selama 6bulan ini tanpa tambahan makanan apapun ya moms. 

Bahkan fitrah kita sebagai wanita menyusui merupakan salah satu bentuk Ibadah karena bisa membentuk kecerdasan sambil memanjatkan doa saat kita menyusui dengan anak kita, mulai dari mengusap-usap kepalanya dan mendoakan dia hal-hal baik serta positif untuk kehidupannya kelak.

Mengapa ayah sangat berperan penting dalam pemberian ASI ini? 
Ayah atau Suami sangat berperan penting dalam mendukung istri memberikan ASI Eksklusif ini yang merupakan kunci keberhasilan dalam mengASI atau menyusui ini, karena anak kan memang hasil berdua jadi merupakan tanggung jawab berdua juga serta dukungan Ayah sangat berpengaruh terhadap kelancaran ASI. Adanya dukungan serta cinta yang penuh terhadap istri akan membuat hormon prolaktin yang merupakan hormon menyusui akan berkembang dengan baik sehingga ASI bisa lancar. 

Bagaimana cara dukungan penuh Ayah terhadap pemberian ASI ibu? 
Mendukung istri atau ibu dalam memberikan ASI Ekslusif terhadap anak dapat dilakukan oleh ayah sebagai langkah berikut ini:
  • Memberikan Ibu waktu untuk beristirahat yang cukup
  • Ayah Ikut bangun saat malam hari saat Ibu menyusui atau memberikan dukungan seperti mengambilkan minum untuk istri
  • Ayah Ikut membantu mengganti popok bayi
  • Ayah ikut membantu mensendawakan bayi setelah menyusu
  • Ayah ikut membantu ibu membersihkan rumah
  • Ayah selalu menjadi supporter nomer 1 memenuhi segala keperluan dan kebutuhan Ibu


Bagaimana cara supaya bisa Sukses Memberikan ASI Ekslusif? 
Beberapa cara supaya sebagai seorang Ibu Sukses dalam hal Menyusui memberikan ASI kepada buah hati tercinta antara lain:
  1. Support system dari keluarga lingkungan bahkan peran Ayah atau Suami memberi dukungan penuh terhadap istrinya menyusui
  2. IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dengan cara menempelkan mulut anak di puting ibu atau dada setelah proses melahirkan hal ini bisa dibicarakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan baik melahirkan secara Caesar atau Sectio. 
  3. Yakinkan atau Percaya Diri dari pikiran Ibu bahwa ASI banyak dan melimpah, hal ini tidak dipengaruhi besar kecilnya dada juga ya bu ibu. 
  4. Makan apapun yang Ibu sukai selagi makanan tersebut membuat happy terlebih lagi lebih baik dibarengi dengan mengkonsumsi makanan buah dan sayuran serta karbohidrat yang tinggi. 
  5. ASI akan terus keluar jika payudara sering di hisap oleh sikecil jadi biasakan sikecil. Jika sebagai ibu bekerja maka untuk memompa ASI perah harus rutin juga karena produksi ASI itu tergantung dari payudara yang sudah kosong akan terisi kembali. 

Keuntungan memberikan ASI Eksklusif antara lain:
  • Memberikan nutrisi terbaik untuk sikecil sehingga memiliki kekebalan tubuh yang baik untuk sikecil
  • Hemat dan mudah apabila mencukupi kebutuhan ASI untuk sikecil
  • Apabila sikecil haus dimalam hari Ibu dengan mudah menyusui secara langsung kepada sikecil serta dapat membuat ikatan ibu dan anak menjadi kuat
  • Menyusui dapat mengembalikan bentuk rahim setelah proses melahirkan serta dapat menurunkan berat badan secara alami
  • Menyusui dapat menjadi diet secara alami
Serta banyak lagi keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dalam memberikan ASI Ekslusif ini. 

Nah, untuk para Ibu dan Ayah dalam rangka PAS 2019 ini mari kita mendukung penuh kepada semua Ibu terdekat untuk memberikan ASI Ekslusif - nya. Sebagai bentuk dukungan kita terhadap support ibu Menyusui untuk Ibu Bekerja maupun Ibu Rumah Tangga di lingkungan sekitar. (By Rachmanita) 






Komentar

  1. saya agak sedih kalau membaca postingan ini mba karena saya cuma bisa kasih asi 2 bulan saja, ga eksklusif itu juga karena asi saya sedikit sekali :( tapi syukurnya anak saya sehat sampai sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endak papa mom yg penting tetap bisa mengASI hi..... Semua ibu hebat.....

      Hapus
  2. Aku selalu berupaya untuk memberikan ASI. Sejak dulu buat anakku. Dan pemberian ASI harus didukung oleh banyak pihak agar sukses

    BalasHapus
  3. Penting sekali untuk tahu pentingnya Asi eksklusif gini, jadi pas udh nikah dan punya buah hati nanti jadi apa aja yang bnr2 harus di preparin

    BalasHapus
  4. jadi inget perjuangan saat mengASIhi dulu deh beb, luar biasa banget ya memang manfaat ASI untuk tumbuh kembang si kecil.

    BalasHapus
  5. Banyak sekali perjuanhan untuk memberikan ASI pada anak. Makanya seorang ibu harus mendapatkan banyak support ya biar mengASIhi nya nyaman dan tenang.

    BalasHapus
  6. Seru ya mba.. emang asi itu penting banget but tumbuh kembang anak. Ikutan acara ini jd nambah insight baru lagi ya.. bermanfaat banget.

    BalasHapus
  7. Makin banyak yang peduli ttg pentingnya support untuk ibu yang mengasihi, krn asi memang luar biasa manfaatnya untuk debay,coming soon aq juga join jadi pejuang asi, smgt !!

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah tiga anakku ASI eksklusif, malah yang nomor dua, ASI sampai umur 4 tahun.
    Masuk sekolah, playgroup, baru berhenti :)

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah keenam anakku ASI eksklusif dan selesai penyusunan hingga usia 2 tahun. Senang banget saat ini banyak yang mensupport asi eksklusif ya jadi.lebih nyaman bagi busui.

    BalasHapus
  10. ASI eksklusif itu penting baget untuk stamina anak dan yes banget, peran Ayah itu penting. Waktu anak pertama dan kedua, aku wis jarang dapat support dari suami aku mba..jadi memang benar mempengaruhi ASI aku

    BalasHapus
  11. Bener banget Mbak Nita (kupanggil namamu Mbak Nita boleh?) klo suami itu BERPERAN PENTING atas kelancaran ASI dan proses meng-ASI-hi.

    Aku ngerasain banget menyusui pasca mbrojol dan sempet kesulitan karena payudaraku keras kek batu. Suami dan bumer inisiatif beli sufor. Makin keras tersiksa lah aku dengan payudara batu. Dikompres air hangat dan dipumping juga. Alhamdulillah lancar menyusui sampai anakku 4 tahun heheee

    BalasHapus
  12. Nggak tau suggest atau ga, tapi udah terbukti anak yg di ksh asi memang lebih kuat daya tahan tubuhnya

    BalasHapus
  13. Bener banget ya, dukungan orang terdekat terutama suami, sangat mendukung kelancaran proses menyusui secara eksklusif hingga 6 bulan. Plus lanjut MPASI hingga nanti usia anak mencapai 2 tahun.

    BalasHapus
  14. Bersyukur banget ya Mbak bisa merasakan IMD pasca lahiran sesar soalnya jarang-jarang ibu yang lahir sesar bisa jalani IMD karena kurang dukungan. So support system ini penting banget, terutama dari suami. Makanya beruntung sekali kalau kita punya suami yang paham akan pentingnya ASI sehingga mampu berperan jadi ayah ASI juga.

    BalasHapus
  15. ASI eksklusif ini sangat penting bagi buah hati ya jadi semoga semakin banyak ibu yang bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayinya

    BalasHapus
  16. Ternyata dukungan suami alias ayah si bayi juga penting ya kak.. Semoga nantinya aku bs kasih ASI Eksklusif juga buat anakku dan semoga suamiku kelak bisa mendukung ^^

    BalasHapus
  17. Penting juga dukungan Dari seorang suami kepada istri . agar memberikan aksi eksklusif ya . semoga saya bisa memberikan asi eksklusif buat Anak saya nanti

    BalasHapus
  18. Terimakasih infonya, semoga bermanfaat..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!