Pengalaman Listrik Padam BlackOut Agustus 2019


Saat kita lebih menghabiskan waktu bersama keluarga di taman

Bulan Agustus ini sendiri sebagai bulan dimana aku berulang tahun, pasca saya habis berlibur ke Malang ada rencana detox sosial media atau sosmed. 
Saat ini aku merasa waktu aku terbuang sia-sia hanya bermain sosmed. Kita kebanyakan disibukkan mencari followers mencari like bahkan saling berlomba-lomba siapa yang paling eksis di dunia sosmed. 

Eksis? Enggak! Saya gak butuh eksis. Karena yang saya butuhkan selama ini uang bukan ke eksisan. Wkwkwkwkw 
Buat aku menjadi terkenal itu malah ujian menurutku karena segala gerak gerik dan tingkah laku kita dipantau oleh orang lain dan dicari celahnya. Gak enak iya gak enak. 

Sebagai manusia kita harus sadar karena kita tidak akan bisa memuaskan kepada semua orang tentunya. Mau kita secantik apapun atau seperfect apapun kita tidak akan bisa memuaskan semua orang. 

Balik ke topik awal, masalah BlackOut dikawasan Jakarta atau Jabodetabek Jawa Barat yang hampir rata Mati Listik tanggal 4 Agustus 2019 ini. Mati listrik ini sendiri biasanya orang menyebutnya mati lampu. Hehehe

Mati listik ataupun mati lampu ini sendiri memang cukup lama. Kita yang biasanya ketergantungan listrik sebagai orang modern di ingatkan kembali untuk bersyukur! 

Bersyukur selama ini kita bisa hidup tenang kemarin itu saat listrik nyala dan kehidupan berjalan normal. Tapi perlu kita ingat BlackOut ini sendiri adalah salah satu latihan kita. Entah suatu saat nanti atau kapan akan ada masa kita kembali ke jaman dahulu yang tidak ada listrik. 

Walaupun saat ini sudah banyak juga digunakan pengganti listrik dengan panel surya dengan tenaga matahari. Jika lama kelamaan akan ada masanya matahari tidak terbit lagi. Entah ini kapan. Masihkah kita diberi umur panjang atau tidak saat kita akan mengalami BlackOut seperti itu. 

Kalau ditanya kemarin pas Listrik Mati kemana aku emang kebetulan sedang ada acara di Mall Kota Kasablangka daerah Jakarta Selatan. Baru pertama kali ngalamin Mall terasa penuh dan sesak bahkan hawanya pun panas entah AC-nya atau apanya yg tidak sedingin saat listrik nyala.

Banyak beberapa teman yang tajir memilih mengungsi di hotel saat BlackOut. Apalagi saat dia punya bayi dengan alasan anaknya sudah ketergantungan AC. Obrolan inipun juga membuat saya bersyukur bukan untuk jumawa bahwa aku sudah di training menjadi orang kampung sejak pertama kali awal di Jakarta enggak terlalu ketergantungan AC.kwkwkwkw 

Kalau saya sendiri kalau disuruh ngungsi dari Ibu Kota ya balik ke Malang. Karena Ibu Kota ini emang kejam lebih kejam daripada ibu tiri. Kwkwkwkw karena emang saya sendiri sempet banget buat kepikiran kepengen pulang lagi ke Malang pas Listrik Mati atau BlackOut berjam-jam itu. Bukan malah pergi ke hotel yang biayanya mahal banget sekalian pergi kebandara aja kalau mau cari AC atau pergi keluar kota.. Hehehehe

Anakku pun juga terkadang tidur gak pake AC. Hal ini sudah aku lakukan sejak dia baru lahir sampe sekarang kalau siang jarang banget dirumah pakai AC. Hanya beroperasi malam hari saja dan subuh sudah kita matikan AC tersebut.
Saya sendiri baru pakai AC sejak menikah sih, karena dulu juga awal ngekos tahun 2012 ini ambil kosan yang cuma 600rb tanpa AC. Jadi udah terbiasa, tidak bergantung AC dan tidur dengan lampu mati. 

Ada kok orang yang enggak bergantung dengan listrik seperti halnya pengalaman saya sendiri nonton film Ambu yang berlokasi di daerah Rangkasbitung itu…. Film paling berkesan sepanjang sejarah aku dan paling aku inget apalagi sejak kejadian BlackOut ini. Mengajarkan manusia itu bisa hidup dengan alam dan akan kembali pula dengan alam. 

Banyak hal positif yang kita dapatkan saat BlackOut ini mulai dari kita tidak disibukkan bermain HP dibanding dengan waktu me time bersama keluarga. Bercanda tawa langsung dengan keluarga tanpa ada gangguan gadget. 

Jadi semua intinya harus kita bisa petik pelajaran serta hikmah dalam setiap masalah atau kepahitan… EaaaaaEaaaaa…share juga yuk pengalaman kalian tentang blackout atau listrik padam kemarin itu....

…. (By Rachmanita) 

Komentar

  1. Saya juga membiasakan anak-anak nggak pakai AC. Awal-awal pindah ke Denpasar, panas sekali, sempat kepikiran mau beli AC aja, nabung dikit2. AKhirnya milih ga pake, cukup pake kipas angin biar anak-anak terbiasa :)

    Sebenarnya yang menurutku mengerikan pas listrik padam itu air, soalnya di kontrakanku airnya pakai sumur pompa, serem kan kalau tiba-tiba listrik mati tanpa pemberitahuan, padahal penampung air ukurannya kecil.

    BalasHapus
  2. Ujian banget matlam kemarin, tapi sama sepertiku sudah biasa jika tiba2 yang enak2 diambil atau hilang. Meski matlam justru aku malah tidur saking capek setelah dari mall ikuf event, anak2 malah asik main diluar bersama temannya. Ga kaget dgn hal2 sprt itu

    BalasHapus
  3. Aku malah heboh cari bensin buat genset ka, terus heboh siapin stok makanan n ambil uang tunai secara atm banyak yg error

    BalasHapus
  4. Puji Tuhan aku hidup disalah satu kota kecil diJawa. Dari dulu enggak dibolehin merantau memang cuma tetap dibiasakan mandiri & hidup sederhana. Aku sampai sekarang masih pakai Kipas Angin. Anakku apalagi. No AC-AC-an 😊

    BalasHapus
  5. Mau naik commutter line jadi cancel deh huhu trs kondangan dan hajatannya sepi

    BalasHapus
  6. Ahahh kemarin pas mati listrik seharian beneran kaget siih. Hp pada abis batere nya.. jd bener bener puasa hape haha

    BalasHapus
  7. kerasa banget pas listrik padam , keluar rumah ngobrol sama tetangga sampe ketawa ketiwi gak mainan hp . bener2 kerasa lebih seru aja gt yaaa

    BalasHapus
  8. Bener banget mba, akupun bisa bermuhasabah diri. Ada hikmah dibalik mati lampu kemarin. Sekarang aku jadi lebih dekat dengan anak - anak.

    BalasHapus
  9. Dengan kejadian ini kita jadi bisa banyak bercengkerama dengan keluarga dan tetangga

    BalasHapus
  10. Wah momen lampu mati kemarin tanpa internet & jaringan hp, akhirnya ku nikmati buat family time.. bisa ngobrol, bersih2 rumah.. ya seru deh hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Melindungi Diri Sekeluarga proteksi tanpa biaya Mahal!

Cuci Muka dengan Produk Ponds Terbaru Kolaborasi Maudy Ayunda Pond's X Maudy Ayunda