[Event Report] Menjaga Saluran Cerna Si Kecil dengan Interlac

Hallo Semua dan Moms tercinta,

Jadi aku mau sedikit cerita nie moms, beberapa waktu yang lalu siapa yang datang ke IMBEX? hampir beberapa datang ke IMBEX yach moms. Karena emang disana banyak sekali diskon atau penawaran menarik untuk kita para moms dengan belanja kebutuhan sikecil. Namun kali ini saya pada hari Jumat 30 Nov 2018 berlokasi di JCC Senayan Jakarta Selatan Hall B ImBex saya mengikuti undangan talkshow dari Interlac mengenai Menjaga Saluran Cerna Si Kecil. Acaranya ini sendiri berlangsung pukul 18.00 - 19.00. Adapun narasumbernya sendiri antara lain :
1. Bapak Mochamad Nurhadi (Brand Manager Interlac)
2. dr.Intan Diana Sari (Head of Medical PT Interbat)

Foto saat talkshow mengenai Interlac


Alhamdulilah senang sekali rasanya mendapatkan kesempatan undangan dari MomBlogger Community untuk mengikuti rangkaian acara ini, karena saya sendiri sebelumnya sudah menggunakan produk Interlac dari si kecil masih bayi saat ini udah mau masuk usia 1tahun. Dalam Talkshow disini dibahas mengenai banyak hal seputar saluran cerna si kecil dari anak yang menggunakan ASI maupun Susu Formula saluran cernanya sendiri akan berbeda keluhannya maupun masalahnya, kemudian untuk anak yang lahir secara Normal maupun Sectio atau Caesar juga saluran cerna dalam tubuhnya sendiri akan berbeda. Pentingnya kita sebagai moms millenial mengetahui hal ini sebagai bentuk bagaimana cara mengatasi permasalahan seputar saluran cerna pada sikecil. Apa saja sih permasalahan yang banyak dialami moms saat ini terhadap saluran cerna si kecil? Pada kesempatan ini dokter Intan menjelaskan beberapa permasalahan dalam saluran cerna antara lain sembelit, kolik, diare. Untuk penjelasan dari dokter terhadap permasalahan tersebut adalah berikut:

Bapak Nurhadi selaku Brand Manager dari PT Interbat sedang menjelaskan Interlac


1. Mengenal Fakta dan Cara Penanganan Sembelit pada Bayi dan Anak
Sembelit pastinya pernah dialami bayi maupun anak ya moms, dari bayi kita lahirpun terkadang ada bayi yang BAB sehari 3kali ataupun bayi yang selama batas maksimal 7hari belum BAB juga ada. Hal ini dicetus oleh beberapa faktor yang di jelaskan tadi seperti ASI-nya ataupun Susu Formula-nya sendiri yang di minum oleh bayi tersebut. Adapun sembelit atau konstipasi itu sendiri jika di artikan dari penjelasan presentasi dokter Intan adalah suatu kondisi tertahannya feses (tinja) dalam usus besar dengan frekuensi dan konsistensi tertentu karena adanya kesulitan dalam pengeluaran, hal ini biasa terjadi pada bayi maupun anak-anak.

Setelah itu dokterpun menjelaskan tanda-tanda dari sembelit ini sendiri antara lain:
-  Frekuensi BAB berkurang misalnya biasanya si kecil BAB sehari sekali tiba-tiba sudah 5hari belum juga BAB
- Anak mengeluh perutnya tidak nyaman , namun jika bayi akan merasakan si kecil sering rewel yang tidak jelas
- Teksture BAB yang sangat keras
- Pada bayi akan menolak ASI / Susu dan MPASI juga karena perut si kecil merasa terlalu penuh

Penyebab dari sembelit ini sendiri ada bermacam-macam antara lain:
- Efek trauma dari anak atau si kecil
- Perubahan pola makan MPASI
- Perubahan susu formula
- Dehidrasi
- Kurang bergerak
- Adanya kondisi medis lainnya jika perlu penanganan lebih baik memang konsultasi ke dokter anak yang sudah di percaya

Untuk cara mengatasi sembelit ini bermacam-macam ya moms, banyak orang tua jaman dulu yang masih menggunakan cara-cara lama yang sebaiknya lebih baik di konsultasikan ke dokter dulu apakah aman atau tidak.Seperti saat talkshow disini dokter Intan menjelaskan beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi dan anak antara lain :
- Obat suppositoria (obat yang dimasukkan lewat anus)
- Asupan air
- Pijat perut bayi dengan gerakan tertentu
- Makanan berserat dari sayur dan buah
- Toilet training
- Konsumsi probiotik

Pada kesempatan kali ini juga dokter menjelaskan apa itu Probiotik. Dalam slidenya yang di jelaskan kepada kita probiotik sendiri di definisikan sebagai mikroorganisme hidup yang bila di konsumsi dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya (WHO). Adapun bakteri probiotik sendiri yang memenuhi syarat antara lain :
- Lactobacillus
- Bifidobacterium (WHO 2002)

Sedangkan sebenarnya probiotik diatas macam-macam dari bagian probiotik sendiri ada banyak sekali contoh-contohnya antara lain:
1. Spesies Lactobacillus : L. reutri, L. Achidophilus, L. Plantarum, L. Casei SubSpecies rhamnosus, L.Brevis,  L. Delbrecuckii subsspecies bulgarius.
2. Spesies Bifidobacterium : B. adolescentis, B. bifidum, B. longum, B. Infantis, B. breve

Untuk syarat probiotik sendiri yang aman di konsumsi di jelaskan oleh dokter antara lain:
1. Bakteri yang digunakan merupakan berasal dari manusia
2. Bakteri tersebut tidak mempunyai sifat patogen
3. Tahan terhadap cairan asam lambung dan cairan empedu
4. Mampu menempel pada dinding usus
5. Menghasilkan zat anti mikroba dan meningkatkan sistem imunitas tubuh
6. Tahan terhadap proses produksi dalam pembuatan persediaan
7. Secara genetik stabil tidak berubah-ubah

Probiotik sendiri berbeda dengan prebiotik maupun sinbiotik. Jadi buat moms jangan sampai salah ya atau di samakan antara probiotik, prebiotik dan sinbiotik diantara ke tiga tersebut masih saling berhubungan intinya moms.Untuk lebih jelasnya di paparkan definisinya dari ketiga itu antara lain:
Probiotik sudah di jelaskan di atas bahwa  suatu mikroorganisme hidup dimana bila di konsumsi dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan bagi penggunanya.
Prebiotik merupakan berbagai jenis nutrisi yang diperlukan oleh bakteri baik didalam tubuh anda dan kehidupannya.
contoh : FOS/GOS (FRUKTO /GALAKTO OLIGOSAKARIDA) ---> BIFIDOBACTERIA
             Lactulose ---> Lactobacili
Sinbiotik adalah prebiotik dan probiotik.

Produk Interlac


INTERLAC
Seperti yang sudah aku jelaskan di postingan sebelumnya pengalaman aku menggunakan interlac untuk anak aku saat mengalami sembelit atau kolik dari dia masih bayi berusia 6bulan menggunakan interlac yang sachect. Dalam kesempatan talkshow disini kita juga dikenalkan produk Interlac ini loh moms di jelaskan oleh Brand Manager Interbat. Interlac ini sendiri merupakan produk yang di impor oleh BioGaia. BioGaia sendiri ini berasal dari Stockholm - Swedia yang berdiri dari tahun 1990. BioGaia merupakan perusahaan bioteknologi yang memproduksi prebiotik (Lactobacillus reuteri).

Ini yang aku pegang adalah produk Interlac Drops

Rangkaian Produk Interlac


Interlac sendiri merupakan satu-satunya produk probiotik di Indonesia yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri. Lactobacillus reuteri sendiri merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti didunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia.

Banyak moms yang pastinya khawatir dan bertanya-tanya produk Interlac ini aman gak si? sama kayak obat gak si?tenang- tenang moms. Produk ini aman banget dikonsumsi untuk si kecil dari dia bayi baru lahir loh moms. Kenapa begitu? dalam acara inipun kita di jelasnkan bahwa sampai tahun 2016, INTERLAC sudah teruji klinis pada lebih dari 12.754 pasien di 152 uji klinis.

INTERLAC ini juga terbukti aman loh moms, tanpa efek samping apapun untuk si kecil dalam segala usia termasuk bayi prematur, bayi baru lahir, bayi dan anak-anak maupun remaja sudah terbukti aman. Akupun juga pake moms untuk anakku.

Probiotic Interlac ini juga sudah mendapatkan GRAS (Generaly  Recognized as Safe) dari US FDA, yang merupakan sertifikasi keamanan tertinggi untuk suplement makanan. Profil keamanan dari Interlac ini sendiri dan manfaatnya sudah terbukti loh moms secara klinis lebih dari 90 negara rekomendasi dokter dan bahkan sudah dipakai di unit NICU rumah sakit untuk terapi bayi prematur. Jadi gak di ragukan lagi kan moms produk interlac ini aman untuk sikecil.






Untuk DOSIS 1x sehari  dengan Durasi Pemakaian sebagai berikut:
- Diare : 5 hari pemakaian
- Konstipasi : 2 minggu pemakaian
- Gumoh : 4 minggu pemakaian
- Kolik : 3 minggu pemakaian

Harga tersebut merupakan kisarannya karena terkadang beberapa toko ada yang memberikan diskon tambahan juga untuk belinya bisa di dapatkan di baby shop terdekat atau jika online sudah tersedia di MotherCare , Orami , JD.ID, Shopee, TokoPedia.
Informasi lebih lanjut bisa ke social medianya interlac ya moms.
  • Website        : www.interlac-probiotics.com
  • Instagram        : @interlacprobiotics
  • Facebook        : interlacprobiotics

Jadi moms, aku sangat happy sekali datang mengikuti acara ini karena aku bisa gak khawatir lagi saat si kecil mengalami masalah pada saluran cerna dia karena aku dirumah dan suami sudah menyediakan Interlac. (By Rachmanita)

Suasana Keseruan Peserta Talkshow

Saat Talkshow berlangsung peserta antusias sekali




Komentar

  1. wuah, tipe probiotiknya Interlac ternyata bervariasi ya mbak. Mulai drops, sachet, sampai tablet lengkap. Jadi tinggal menyesuaikan si kecil aja sukanya yang mana. Atau mungkin menyesuaikan usianya juga kali ya.

    BalasHapus
  2. Interlac ini bagus loh mba. Aku sudah coba dan it really works for my baby. Seneng kalau bayi sehat dan jauh dari masalah diare, sembelit, dll. Thanks for share.

    BalasHapus
  3. Udah lama banget saya dengar merk Interlac ini. Ternyata variannya banyak ya.

    BalasHapus
  4. Interlac banyak variantnya ya mbak, pengen siapin stock di rumah nih kayaknya, supaya cepet kalau diperlukan.

    BalasHapus
  5. oh buat gumoh juga bisa dikasih Interlac ya, nice info nih mba. Dari dulu kalo masalah kesehatan pencernaan pasti dikasih resep interlac deh :)

    BalasHapus
  6. Oalah aku baru tau banyak ya manfaatnya si Interlac ini. Ku bookmark ah postingannya buat referensi once punya bebi :)

    BalasHapus
  7. interlac ini ada banyak varian..dari mulai bayi sampai dewasa. jadi memang biasa ready di kotak obat saya

    BalasHapus
  8. harganya lumayan tapi memang kualitasnya juga oke banget nih interlac. bisa dikonsumsi semua anggota keluarga setiap hari.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer