Tetap Bugar dan Bersemangat dengan Berolahraga Sepeda

 Hallo semuanya,


Kondisi saat ini pandemi memang belum berakhir namun kita harus tetap semangat dan paling penting menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan bisa dimulai dari diri sendiri dengan berolahraga rutin setiap hari. Olahraga bisa dilakukan dimana saja, mulai dari olahraga indoor maupun outdoor.


Saat ini memang sedang marak dan viral sekali olahraga bersepeda. Banyak orang yang melakukan kegiatan bersepeda hanya khusus untuk berolahraga. Berolahraga sepeda ini bisa dilakukan hanya di sekitar rumah atau pun bisa dilakukan dengan keluar rumah. Apalagi saat ini seperti yang kita bisa lihat harga sepedanya pun juga lumayan fantastis dengan bervariasi gitu harganya boleh dibilang mahal sih dan sangat bervariasi tipenya dan sangat terlihat jelas branding mana yang sepeda mahal atau tidak. Sehingga bisa menjadi ajang bergengsi dalam bersepeda saat ini.


Padahal tidak perlu gengsi..tetap tujuan utama bersepeda untuk bisa sehat dan bugar supaya kita bisa bersemangat dalam menjalani hari.


Adanya fenomena bersepeda ini sehingga banyak bermunculan beberapa komunitas sepeda dan juga banyak orang yang akhirnya melakukan hobi bersepeda ini di luar rumah. Beberapa waktu yang lalu Sabtu, 7 November 2020 bersama dengan para komunitas sepeda dan juga teman blogger lainnya dari Blogger Crony saya turut serta mengikuti kegiatan Seminar Online bersama dengan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dan Komunitas Sepeda dalam tema Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Berolahraga serta narasumber yang hadir memberikan materi dalam seminar online ini antara lain:

💕dr. Riskiyana S. Putra M.Kes (@dr.riskiyana) selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyararakat 

💕Azwar Hadi Kusuma (@ahkbugs) selaku Founder Indonesia Folding Bike Community)  

💕Poetoet Soedarjanto (om_dlahom) selaku Ketua Bike to Work Indonesia 💕Sonny Harry B Harmadi Selaku Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid 19 


Seminar ini bertujuan untuk memberikan informasi ADAPTASI KEBIASAAN BARU

Dalam Upaya penyesuaian kebiasaan baru yang harus dilakukan agar masyarakat dapat menjalani kehidupan berdampingan dengan Covid-19 saat berolahraga diluar rumah terutama saat bersepeda yang saat ini sedang marak atau tren saat ini.


Bahkan saya sendiri juga sejak adanya tren ini ikut beli sepeda, terutama untuk suami saya sendiri yang memang suka dengan berolahraga bersepeda ini. Kebiasaan yang biasanya sebelum adanya pandemi dalam berolahraga harus tetap diterapkan yang tentunya bertujuan untuk kebaikan kesehatan diri kita sendiri.


Bersepeda memang merupakan hal yang menyenangkan karena manfaat nya selain bisa membuat tubuh sehat juga dapat mengurangi polusi udara disekitar kita juga.Dalam bersepeda kita juga harus tetap memperhatikan dan keselamatan diri sendiri juga. Adapun saat bersepeda yang perlu diperhatikan PASTIKAN KITA MENGETAHUI HAL-HAL BERIKUT :

❤️ Rute yang akan dilalui

❤️ Jarak Tempuh

❤️ Tanjakan/Turunan

❤️ Kondisi Jalan (lobang, rusak)

❤️ Area Padat / Rawan Lalulintas/rawan kriminalitas (persimpangan, motor lawan arus, ranmor ngebut dll)

❤️ Lokasi Penting : Pos Polisi, Pos Kesehatan, Bengkel, dll


Kalau saya pribadi memang bersepeda hanya disekitar lingkungan komplek rumah saja saat pagi hari kalau kalau terlalu siang aku sendiri kurang nyaman apalagi saat sudah panas karena kena paparan sinar matahari yang bikin aku jadi membutuhkan sunscreen atau sunblock.


Namun tenyata saat ini bersepeda tidak hanya dilakukan pagi atau siang hari karena saya sendiri memang sering juga dijalanan saat malam hari masih saja ada orang yang bersepeda. Kita harus tetap memperhatikan hal tersebut supaya tetap selamat juga karena sehat saja tidak cukup karena ada keluarga yang menunggu kita dirumah itulah pentingnya akan keselamatan saat berolahraga.


Bahkan sebenarnya tugas kita juga bisa saling mengingatkan untuk orang terdekat terlebih dahulu untuk bisa #SepedaanSehatdanAman sehingga tidak hanya sekedar berolahraga yang berkerumun untuk pamer sepeda yang lebih mahal atau hanya sekedar ajang bersepeda gengsi untuk menampilkan disosial media.




















Tetap selalu patuhi protokol kesehatan saat berada diluar rumah mulai dari mencuci tangan, pakai masker atau faceshield, kurangi berkerumun dengan banyak orang dan tetap berhati-hati saat bersepeda. Hal yang paling penting tentunya keamanan dan kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam berolahraga apapun dikondisi pandemi seperti ini. (By Rachmanita)

Tidak ada komentar

Posting Komentar