Menjadi wanita produktif dan berkarya di era globalisasi saat ini (IDEAFEST SariHuda)

 Halo semuanya,


Pernah gak sih ngerasa ketika perempuan itu pada saat ini apalagi di Indonesia lebih sering mendapatkan tekanan yang berbeda dengan laki-laki. Salah satu contohnya masih banyak orang yang berpikiran perempuan itu harus di rumah ah ngurus anak masak dan hanya sekedar melakukan pekerjaan rumah tangga tersebut.



Padahal perempuan juga bisa berkarya membangun karir dan juga mengurus rumah tangga karena memang sebenarnya perempuan bisa multitasking. Jujur aku sendiri merasakan banyak banget manfaat yang didapatkan saat perempuan itu menjadi mandiri Apalagi aku sendiri juga seorang ibu dan juga membangun karir melalui sosial media.


Bahkan di luar sana masih banyak sekali pekerjaan yang memang membutuhkan seorang perempuan untuk bisa menjadi seorang yang produktif di luar rumah. Topik pembahasan menjadi perempuan produktif yang mandiri beri ini sangatlah menarik sekali. Nah kali ini aku berkesempatan mengikuti acara talk show bersama dengan IDEAFEST 2020 dengan topik "More than a Woman: How These Female Leaders Make a Change". Adapun detil acaranya virtual ini dilaksanakan pada :

๐Ÿ“… Jum'at, 13 November 2020

๐Ÿ•’ 15.00 - 16.00


Pembicaranya sendiri yang membahas dengan topik ini antara lain:

๐Ÿ’•Vera Galuh Sugijanto (VP General Secretary Sarihusada)

๐Ÿ’•Dewi Muliaty (Presiden Director Prodia)

๐Ÿ’•Hannah Al Rashid (Actor & Activist)

๐Ÿ’•Rory Asyari


Pada saat ini di zaman globalisasi seperti ini seharusnya kita juga perempuan bisa mempunyai pemikiran yang terbuka. Apalagi dukungan menjadi wanita yang sukses dan produktif membangun karir Apalagi sudah berkeluarga butuh dukungan yang sangat kuat dari orang sekeliling mulai dari keluarga.



Karena saat ini banyak perusahaan juga yang memang lebih memahami juga untuk men-support karyawannya yang perempuan ketika bekerja mulai dari memberikan cuti melahirkan selama 6 bulan seperti Perusahaan Sari Husada Danone, serta memberikan support setelah melahirkan seperti memberi ruang menyusui atau memberikan waktu ketika karyawati menyisihkan waktu bekerjanya untuk memberikan ASI eksklusif kepada anaknya. Perusahaan yang seperti ini bisa menjadi suatu contoh untuk perusahaan lain bahwa dengan mensupport perempuan akan feedback yang baik juga untuk perusahaan.


Sari Husada perusahaan yang bergerak di bidang nutrisi ini juga turut serta mengeluarkan program yang dapat memberdayakan perempuan supaya perempuan menjadi lebih produktif salah satunya adalah program Warung Anak Sehat. Program ini Tentunya sangatlah membantu buat para perempuan untuk bisa membuat usaha di bidang makanan yang tentunya dapat mengedepankan gizi dan nutrisi makanan yang di jual.


Karena dengan memberdayakan perempuan supaya perempuan bisa lebih maju dan tentunya bisa mempunyai wawasan yang luas dapat membentuk generasi yang unggul dan maju.




Selain itu seperti halnya yang dikatakan oleh aktris Hanna Al Rasyid dalam dunia perfilm-an atau artis pun peran perempuan juga sangat berlaku, karena dengan adanya sutradara produser maupun penulis skenario perempuan dapat memberikan gambaran dari sisi perempuan untuk sebuah film. Bahkan dari segi gaji pun terkadang memang bisa lebih banyak yang didapatkan aktris perempuan daripada laki-laki. Hal tersebut bisa dari kompeten perempuan tersebut yang mempunyai peran penting dalam sebuah film.



Peran dukungan sesama perempuan juga sangat perlu dikembangkan juga apalagi peran dukungan dari keluarga terdekat misalnya mertua. Banyak yang masih beranggapan bahwa  perempuan yang bekerja itu tidak mementingkan keluarganya atau tidak mengurus rumah tangganya padahal sebenarnya banyak wanita karir di luar sana yang bisa membangun dua-duanya seimbang.


Posisi penting perempuan dalam bidang kesehatan itu juga sangat dibutuhkan Seperti halnya di Prodia. Pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan juga detail memang bisa dilakukan seorang perempuan biasanya. 


Banyak manfaatnya yang tentunya bisa didapatkan menjadi perempuan mandiri dan produktif. Perempuan menjadi lebih maju dan mandiri pentingnya memiliki penghasilan sendiri yang bisa dibuat memenuhi kebutuhan untuk keluarganya. Aku sendiri juga terlahir dari seorang ibu bekerja dimana orang tuaku mempunyai pekerjaan sebagai seorang guru.


Walaupun aku sendiri saat ini tidak bekerja secara formal namun aku sangat menyukai kehidupan aku saat ini karena aku mempunyai kegiatan yang produktif seperti membuat konten dan juga tetap fokus mengedepankan untuk mengurus rumah tangga aku dan anak aku. Seperti halnya aku bisa mengikuti kegiatan an talk show Ini di ideafest. (By Rachmanita)






  

31 komentar

  1. Sebenarnya apapun pilihan wanita, baik menjadi wanita karir ataupun ibu rumah tangga sama-sama baik. Asal tetap produktif dan bisa menebar manfaat bagi orang banyak ya mbak Bahkan dari dalam rumah sekalipun, seperti kita para momblogger.

    BalasHapus
  2. Ini bagus banget sih insight nya kaka rara.. tetap produktif dimanapun

    BalasHapus
  3. Setuju dukungan antarperempuan itu penting. Jangan sampai malah saling menjatuhkan, ya.

    BalasHapus
  4. Perempuan zaman now itu menembus batas dan bisa berperan ganda. Makanya udah nggak zaman lagi batas-batas peran berdasarkan gender diterapkan di kehidupan.

    BalasHapus
  5. Perempuan memang harus berdaya mbak. Gak boleh tergantung sama laki2.
    Harus ada peran aktif dan produktif biar otak juga selalu tajam

    BalasHapus
  6. Menjadi seorang ibu itu memang luar biasa riweuhnya ya. Tapi justru itu, seorang ibu terbiasa melakukan multitasking. Maka suka salut juga ketika ada ibu-ibu yang tetap belajar melatih skillnya dalam berkarya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, setuju juga. Keren banget perempuan yang terus mengasah ilmu dan juga terus menambah ilmunya, ya Mak.

      Hapus
  7. Perusahaan memang harus memperhatikan kesejahteraan pegawai perempuannya ya. Misalnya dalam cuti hamil dan melahirkan. Tidak ada ruginya sebenarnya kalau mau dipikirkan atas dasar kemanusiaan.

    BalasHapus
  8. Saya suka dengan tulisan mbak, cocok dgn saya alami hehe saya juga ingin produktif mbak disamping repotnya dgn urusan ibu rumah tangga. Saya lagi ingin memulai mjd seorang influencer dan blogger semoga tercapai dgn sukses Aamiin

    BalasHapus
  9. Setuju Mba Rara. Menurut aku dimanapun perempuan itu berada, apakah di dalam maupun di luar rumah, sebaiknya kita tetap punya ruang aktualisasi diri dan produktif di sana tanpa melupakan pekerjaan utama kita sebagai istri sekaligus seorang ibu.

    Aku salut dengan Danone ini, memberikan edukasi juga untuk para perempuan agar tetap produktif dimana saja

    BalasHapus
  10. Di masa kayak gini, wanita memang udah harus produktif. Gak ada alasan kalo kurang waktu dan urusan domestik jadi halangan. Teknologi sudah sangat memudahkan. Tinggal kita pintar-pintar memanfaatkannya ya. Jadi reminder nih buat aku supaya bisa produktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mba. Kita harus berusaha produktif dimana saja termasuk produktif untuk orang-orang sekitar kita termasuk untuk keluarga dan masyarakat ya.

      Hapus
  11. Perempuan punya kesempatan yang sama untuk terus mengembangkan diri! Jaman sekarang sudah bukan lagi masa di mana kita dikejang dan hanya boleh lakukan satu dua hal tertentu saja yaa

    BalasHapus
  12. Benar mba, bekerja atau tidak akan lebih baik jika produktif. Tidak sekedar mager dirumah dan ngga melakukan apapun. Semangat terus ya.

    BalasHapus
  13. Iya sih walau zaman udah semaju skrng kdng masih ada yang meremehkan perempuan, walau skrng gk kyk dulu. Bahkan kdng yang merendahkan ya sesama perempuan #sad
    Tapi untungnya banyak sekali media/ saluran tempat para perempuan bisa saling menguatkan, empowernment gtu ya mbak.
    Jd saat ada kesempatan tunjukin aja dengan karya kalau kita bisa lho. Nanti pasti org akan melihat sendirian kemampuan kita.

    BalasHapus
  14. Wah, keren acaranya ya. Pandemi gini banyak amat acara bermanfaat digelar daring. Suatu berkah buat aku yg tinggal di daerah. Biasanya susah ke event, jadi mudah

    BalasHapus
  15. Sedih banget sih yaa..kalau karena perempuan, jadi dibedakan, baik di tempat kerja ataupun di field manapun ia berada.
    Semoga dukungan untuk perempuan di public space bisa semakin berkembang baik.

    BalasHapus
  16. iya nih, aku juga salut dengan perempuan2 yang berkarya
    berdiri dengan gagah, berkarya dengan maksimal
    semoga aku juga akan menjadi bagiannya

    BalasHapus
  17. Setuju banget nih, perempuan itu punya segudang potensi, ibu yang tinggal di rumah pun bisa produktif dengan bidang yang ditekuninya..go..go..

    BalasHapus
  18. Talkshow yang inspiratif. Apalagi pembicaranya semua perempuan keren pada bidangnya. Semua perempuan pasti bisa berkarya dan produktif dengan caranya sendiri ya, apalagi kalau dapat support dari keluarga dan sesama perempuan.

    BalasHapus
  19. Perempuan yang berkarier di luar rumah maupun jadi ibu rumah tangga saja tak masalah, selama perempuan bahagia.
    Kalau perempuan bahagia maka rumah tangga dan seluruh anggotanya ikut bahagia. Yakin deh.

    BalasHapus
  20. Waaah keren banget mba bisa ikutan IDEAFEST 2020. Pokoknya mah kalo topik2 tentang perempuan itu selalu menarik.

    BalasHapus
  21. Pada dasarnya laki-laki dan perempuan memiliki kesempatan yang sama, ya. Untuk para perempuan ayo tetap semangat, karena kesempatan untuk kita juga besar banget. Acara Ideafest ini seru, aku sempat mampir sebentar. Webnya keren banget jadi berasa kayak lagi di festival beneran.

    BalasHapus
  22. Setuju banget mbak Rara, perempuan juga bisa mandiri dan punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan. Ideafest ini selalu mengangkat topik-topik yang keren ya Mbak.
    Btw saya merasa beruntung banget sekarang ada pekerjaan yang utak atik medsos dan blog seperti ini, jadi tidak harus meninggalkan rumah di masa pandemi. Paling cuma dijulidin tetangga karena dikiranya mainan hape/laptop terus ๐Ÿ˜…

    BalasHapus
  23. Produktif dan berkarya...semangat ya kita. Meski enggak bekerja secara formal tapi masih bisa berkarya sesuai passion itu sebuah hal yang mesti kita syukuri. Seru dan daging nih Ideafest temanya

    BalasHapus
  24. Setuju.
    Perempuan juga harus produktif, membersamai keluarga itu juga produktif, mendidik anak juga produktif. Apalgi kalo berhasil mendidik anaknya jadi manusia yang berhasil jiwa dan raga.

    BalasHapus
  25. Siapa bilang seorang perempuan tak bisa produktif,karena pada dasarnya perempuan bisa melakukan suatu karya meski dari rumah sekalipun. Tentu dengan bekal ilmu saat menempuh pendidikan dulu menjadi basic nya.

    BalasHapus
  26. Aku seneng deh Kak sama perusahaan yang program CSR maupun campaign marketingnya melibatkan perempuan. Pemberdayaan perempuan masih bisa dibilang belum sesuai yang diharapkan. Semoga program ini bikin perempuan makin punya power untuk lebih mandiri :)))

    BalasHapus
  27. Setuju tentang sesama perempuan saling dukung Mak, biar sukses bareng. Hepi bareng berbagi ilmuu :D

    BalasHapus
  28. Seneng banget loh kalau banyak perusahaan yang mendukung perempuan gini. Terutama ketika perempuan harus melalui masa-masa hamil dan menyusui. Jadi ingat, dulu ketika kerja cuma dapet cuti melahirkan 2 bulan hiks...

    BalasHapus
  29. iya ya mba jaman sekarang akses nya udah terbuka luas buat berkarya dan produktif, tinggal manejemen waktunya aja :)

    BalasHapus