Let’s Read untuk kecerdasan anak dan tumbuh kembang anak sejak dini melalui dongeng

 Hallo Semuanya,


Sejak memutuskan resign dari kantor dan full time bersama anak dirumah, saya sendiri tentunya selalu berusaha mengisi waktu saya dengan segala kegiatan positif dirumah. Apalagi ditengah pandemi seperti ini jujur memang lebih banyak berada didalam rumah bersama anak aku sendiri. Usianya dia saat ini yang tergolong batita membuat dia semakin aktif-aktifnya.



Apalagi saat ini dengan kemajuan teknologi aku sendiri lumayan agak protektif terhadap anak memberikan tontonan tayangan video di gadget. Karena memang harus berhati-hati apalagi jika tayangan tersebut ada iklannya dan bisa menayangkan video yang belum semestinya anak boleh melihat. Karena aku sendiri memang lebih memilih mengajak sikecil untuk tetap bermain dan belajar yang positif tentunya.



Tugas aku sendiri saat ini memang harus tetap bisa mencari tayangan atau cerita yang tentunya bisa dapat bermanfaat untuk sikecil tentunya. Kemajuan teknologi memang saat ini bisa menjadi pisau, bisa berdampak positif maupun negatif semua tergantung dari cara kita mengelolanya. 


Terutama saat ini anak aku sendiri sudah mulai berimajinasi dan ingin bersekolah. Padahal usianya yang masih Batita ini sudah mulai banyak bertanya apa dan bagaimana atau itu apa Bu?, terkadang membuat aku bingung menjawabnya. 



Apalagi pandemi seperti ini membuat aku agak berfikir kedua kalinya buat mendaftarkan sikecil bersekolah Playgroup sementara waktu sampai pandemi ini usai. Karena sepertinya saya bisa mencoba memberikan dia pelajaran seperti halnya dia berada disekolah dengan cara menghidupkan dongeng melalui cerita bergambar.




Sejak dari dia bayi sebenarnya saya sendiri sudah koleksi beberapa buku yang bisa dibacakan kepada anak aku, dari cerita buku bergambar ataupun flash card yang berisi belajar angka maupun huruf. Karena sejak anak dari bayi sudah bisa dilakukan stimulasi tersebut yang dapat meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembang dia juga sejak dini. Bahkan sebenarnya anak kita itu sendiri adalah anak yang cerdas dan hebat tinggal tugas kita sendiri yang mengasahnya. 


Bahkan sampai saat ini, saat sebelum tidur terkadang dia ingin sekali saya membacakan buku cerita kepada dia. Buat dia membaca adalah hal yang menyenangkan karena dia dapat berimajinasi dan saya sendiri dapat mengenalkan bahasa ibu melalui membaca nyaring. Seperti saya menirukan suara hewan saat bercerita atau memberikan efek intonasi suara yang berbeda saat mendongeng kepada sikecil.


Saat membaca tentunya hal yang paling penting dan disukai anak-anak sendiri merupakan cerita bergambar dapat menghidupkan dongeng dan membuatnya semakin menarik dan menyenangkan untuk dibaca. Sehingga hampir beberapa bukunya dia juga memang semua isinya banyak menceritakan dongeng tentang hewan, tumbuhan, dan gambar beraneka ragam lainnya yang tentunya bisa bermanfaat untuk kecerdasan sikecil.


Kalau aku sendiri biasanya sering mendongeng kepada dia tentang cerita hewan Kancil, putri duyung dan putri salju dengan gambaran serta imajinasinya berupa cerita bergambar dari beberapa bukunya yang dia miliki serta cerita tentang princess juga. Jujur aku sendiri juga kadang bingung mau bercerita apalagi, sampe harus mendongeng dengan cerita yang berulang ulang lagi. Untungnya saat ini aku sudah download aplikasi Let's Read yang bisa punya stok kumpulan dongeng kepada anak. Jadi gak perlu khawatir lagi menceritakan cerita yang sama lagi dongeng kepada anak.


Aplikasi Let's Read untuk anak


Banyak sekali manfaatnya dengan menanamkan membaca buku bergambar maupun membaca dengan nada nyaring yang aku lakukan kepada dia sejak dari bayi seperti antara lain:

❤️ Mudah mengenal nama-nama hewan dan ikan

❤️ Mudah mengenal bentuk dan nama-nama buah dan sayuran

❤️ Daya tangkap sikecil menjadi lebih kuat serta ingatannya 

❤️ Mengenalkan etika, budaya dan bahasa kepada anak bahwa setiap daerah mempunyai perbedaan budaya maupun kebiasaan

❤️ Mengenal beberapa kebaikan yang ada terkandung dalam sebuah dongeng maupun cerita 


Tentunya bisa juga diterapkan kepada orang tua lainnya lebih mengutamakan Ayo Membaca untuk anak-anaknya kelak karena banyak sekali manfaatnya yang bisa dirasakan nanti. Karena dengan menanamkan dongeng untuk bisa mengajak para moms lain punya hobi membaca dari sedini mungkin juga bisa membentuk generasi penerus yang cerdas.


Saat ini para orang tua sangat terbantu sekali dengan adanya aplikasi Let’s Read. Apalagi disini jujur aku sendiri sudah download Let’s Read ini didalamnya berisi buku cerita untuk anak-anak yang bisa dibacakan untuk sikecil yang tentunya jauh lebih hemat daripada membeli buku cerita satu persatu buku masing-masing dongeng. Karena didalam aplikasi ini sudah ada berisi dongeng maupun cerita yang tentunya bisa disesuaikan dengan segala macam bahasa bahkan bahasa daerah kita juga ada. Sangat menarik sekali tentunya. Untuk proses download nya sendiri juga sangat mudah bisa melalui Android atau IOS, jadi solusi banget buat kita para orang tua untuk mengajarkan anak gemar membaca sejak dini dengan stok cerita yang banyak serta lebih hemat dengan download aplikasi Let’s Read ini.


#LetsReadAsia #AyoMembaca #LetsReadxBloggerPerempuan

Tidak ada komentar

Posting Komentar