Merayakan Hari Ginjal Sedunia Bersama Danone-AQUA

Hallo Semua….

Masih ingat slogan jangan lupa minum air putih sehari minimal 8 gelas? Yup. Kebutuhan air untuk kita sehari-hari minimal 2Liter sehari untuk mencukupinya. Sebenarnya kecukupan air mineral setiap orang itu berbeda-beda tergantung dengan berat badan, tinggi dan juga usia serta aktifitas sehari-hari.

FunWalk Peringatan Hari Ginjal Sedunia bersama AQUA Danone tampak Ben Joshua dan Diva

Air adalah sumber kehidupan kita ya gak pernah terbayangkan gimana susahnya kita jika kekurangan air. Pengaruh air ini sendiri memang menjadi sangat teramat penting sekali buat kita kebutuhan sehari-hari mulai dari mandi, masak, serta air yang perlu kita konsumsi tiap hari.

Beberapa waktu yang lalu ketika aku sakitpun saat demam yang disarankan dokter selalu banyak minum air putih dibilas terus tubuhnya. Hal ini mengingatkan kita saat sehatpun harus selalu menjaga kesehatan terus mulai dari makan makanan yang bergizi mengurangi makan junk food serta meninggalkan minuman bersoda atau cafein yang tidak baik untuk kesehatan, berolahraga teratur minimal seminggu sekali kalau kita malas, perbanyak makan buah dan sayur yang mengandung vitamin dan penuhi diri kita dengan air mineral sesuai kecukupan tubuh kita.

Kemeriahan panggung acara Hari Ginjal Sedunia bersama AQUA


Pada hari Minggu, 24 Maret 2019 kemarin berlokasi di CFD Thamrin saya mengikuti kegiatan peringatan Hari Ginjal Sedunia yang disupport penuh oleh Aqua Danone salah satu perusahaan air mineral yang sudah ada sejak 45tahun di Indonesia. Nah, sebenarnya pentingnya menjaga kesehatan ginjal kita harus ditanamkan sejak kita dari muda saat ini. Karena berdasarkan fakta dilapangan yang ada saat ini penyakit ginjal merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian sebagai penyakit nomer 6 didunia. Serem banget kan! Hal ini dikarenakan banyak beberapa pasien yang terkena penyakit gagal ginjal semakin banyak dan membutuhkan penanganan khusus. Bersyukurlah jika kita masih sehat bugar karena itu aset kita yang harus tetap di jaga ya temans.

Suasana saat FunWalk


Peringatan acara ini sangat meriah sekali diawali dengan Fun Walk atau Jalan sehat di pagi hari dengan rute sekitar Thamrin Sarinah, Jakarta Pusat dengan kemeriahan ini ditemani beberapa teman selebriti dan selebgram seperti Acha Sinaga, Ben Joshua, Selebgram Diva, Artis sinetron Amanda, Adinda Wirasti dan lain-lain.
Kemeriahan Fun Walk ini juga untuk peserta yang sampai paling cepat mendapatkan penghargaan medali dari Aqua.
Suasananya pun sangat ramai dan meriah dengan dress code berwarna biru semua peserta turut serta bahagia mengikuti kegiatan Fun Walk ini.

Lapangan tempat Zumba saat semua peserta sedang menunggu pengumuman doorprice

Setelah peserta mengikuti kegiatan Fun Walk ini dapat melanjutkan mengikuti kegiatan Zumba. Peserta semakin antusias mengikuti zumba yang dipandu oleh instruktur yang profesional dibidangnya. Suasana diarea ini semua pesertanya disuguhkan dengan minuman Aqua kemasan botol supaya saat berolahraga tidak dehidrasi kekurangan air ditubuh kita dan semakin semangat berolahraganya dengan minum air putih. Walaupun tempatnya outdoor tetap disuguhkan beberapa tempat sampah untuk memudahkan peserta membuah sampah, serta toilet portable di area lapangan ini. Soalnya saya sendiri kalau banyak minum air putih biasanya jadi sering banget kebelakang buang air kecil. Jadi dengan adanya toilet seperti ini sangat membantu sekali kegiatan outdoor kita jadi lebih nyaman tanpa takut ‘kebelet pipis’ hehehehe. Kebiasaan buruk menahan pipispun juga bisa berdampak pada kesehatan ginjal juga loh.. Sebelum terlambat yuk mulai hidup sehat!

Para pembicara acara Talkshow ini

Acara lainnya yang saya ikuti adalah TalkShow bersama dokter dengan tema Gaya Hidup Sehat dengan Aksi Hidrasi Sehat bersama artis Adina Wirasti. Dalam talkshow ini bertujuan memberikan informasi penting terkait pentingnya menjaga hidrasi untuk kesehatan ginjal. Dokterpun dalam talkshow ini menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal yang wajib kita tahu antara lain:
  • Mengatur Pola Makan
  • Aktif bergerak
  • Menjaga berat badan
  • Menghindari minuman alkohol dan juga hindari rokok
  • Minum air putih sesuai kebutuhan kecukupan tubuh kita minimal 8 gelas sehari namun bisa dihitung kecukupan tubuh kita sesuai dengan berat badan dan tinggi badan
Untuk mengetahui hidrasi kita cukup atau tidak tentang kebutuhan air mineral kita dapat dicek berdasarkan warna urin kita. Saat air putih kita tercukupi warna urin yang didapat juga berwarna bening atau kuning sedikit.

Gambar foto kecukupan air kita dari indikasi warna urine

Adina Wirastipun saat talkshow ini juga bercerita pentingnya membiasakan diri minum air putih, karena notabenya kota Jakarta yang panas aktifitas dia yang padat membuat kebutuhan akan air mineral haruslah tercukupi, dan indikator dari Adina sendiri jika minum air mineral ini sampai pipi dia terasa dingin jika meminumnya. Manfaat yang didapatkan juga cukup banyak beliau bercerita mulai dari dapat mengkontrol berat badan dan tubuh terasa bugar walau kita akan terasa ingin buang air kecil setiap saat. Kegiatan yang sangat padat menganjurkan kita untuk selalu membawa air mineral dari rumah kemanapun supaya tidak terhidrasi.

Dokterpun menjelaskan air mineral AQUA juga sangat bangus untuk kandungan PH-nya yang baik untuk tubuh kita jika dikonsumsi sehari-hari.

Saat sesi talkshow bersama dokter dan juga Adina Wirasti

Indonesia saat ini tingkat kesadaran orang sekitar untuk membiasakan minum air putih atau air mineral masih sangat kurang, melihat beberapa orang masih suka mengkonsumsi minuman yang manis atau berwarna yang dapat menggangu kesehatan ginjal kita. Sehingga dengan adanya gerakan Gaya Hidup Sehat Aksi Hidrasi bersama AQUA ini diharapkan bisa menularkan kebaikan untuk masyarakat Indonesia untuk kesadarannya menjaga hidup sehat.

Acara ini sangat menarik karena banyak spot booth foto-foto kece dan keren serta kita dapat melakukan test skrining untuk para peserta FunWalk maupun Zumba ini untuk mengecek Tekanan Darah, Komposisi Tubuh dan Status Hidrasi. Selain itu AQUA juga turut serta dalam menggerakkan langkah Go-Green untuk menjaga kelestarian alam dan bumi kita.

(By Rachmanita - www.adindarara.com)


Video Keseruan acara Peringatan Hari Ginjal Sedunia


Komentar

  1. Setuju banget harus biasakan minum air putih yang banyak. Karena kesehatan yg paling utama. Btw seru banget ya kak acaranya :)

    BalasHapus
  2. minum air putih itu sangat penting, tapi aku masih malas. padahal banyak penyakit yang timbul gara-gara kurang minum air putih :(

    BalasHapus
  3. Aku dengar lata ginjal langsung sedih..soalnya Bapakku kemarin baru aja tes lab dan hasilnya fungsi ginjalnya ga terlalu bagus. Harus lebih sering diingetin utk minum air putih nih..

    BalasHapus
  4. Rrminerbbuat kita semua ya hari ginjal sedunia ini. Ngga bisa diremehkan soal asupan cairan. Demi kesehatan ginjal kita ke depannya.

    BalasHapus
  5. Memang menjaga kesehatan ginjal itu dengan cukup asupan air minum yang mengandung mineral, setidaknya 8 gelas per hari atau 2 liter per hari, biar segar dan bugar :)

    BalasHapus
  6. Senang ya kalau makin banyak juga perusahaan yang makin peduli terhadap kesehatan khususnya untuk masalah penyakit ginjal ini. Proud of you Danone!

    BalasHapus
  7. Aku sekarang mulai aware banget sama konsumsi air putih.engusahain banget mencukupi kebutuhan air putih harian

    BalasHapus
  8. Benet bngett yakita harus memenuhi kebutuhan air d tubuh klo gk mau dehidrasi aplg ginjalny terganggu,

    BalasHapus
  9. siapa sangka coba, ginjal ada harinya.
    Ginjal memang perannya di tubuh kita sangat waw, wajar sih diperingati. Aku semenjak tahu kalau ginjal butuh air putih untuk kerja aku lebih banyak minum air putih

    BalasHapus
  10. Acara yang keren ini, mengingatkan untuk tetap berhati-hati dalam menjaga kesehtan
    aku juga sedang belajar mium mineral yang banyak Mba. Karena tubuh kita harus banyak konsumsi air ya

    BalasHapus
  11. selamat hari ginjal sedunia Semoga dengan adanya perayaan ini membuat kita makin sadar akan kesehatan ginjal. Mari banyak minum air putih sekarang

    BalasHapus
  12. Sebagai Anak Dr almh ibunda yg mengidap gagal ginjal state 5.. aku tahu banget gimana perjuangan almh ibuku.. beliau ga keringetan, Dan ga bisa kecinng lg.. minum cm boleh 300 ml per Hari.. duh sedih. Makanya aku jd aware dgn kesehatan ginjal. Termasuk dgn menjaga kecukupan hidrasi

    BalasHapus
  13. Waah my favorite mineral water ni...acara asik banget yaak

    BalasHapus
  14. Pentingnya minum air putih yang cukup dalam satu hari.....

    BalasHapus
  15. Nah, kebetulan aku nih termasuk tipe onta mbak. Ahhahaa Minuku buaaaanyak banget. Perasaan haus terus sih

    BalasHapus
  16. Wah jadi tertampar ni.baca artikelnya, secara aku ga doyan air putih. Semoga mulai membiasakan minum air putih demi kesehatan ginjal ya.

    BalasHapus
  17. Kudu bener2 memperhatikan asupan air putih ya mbak demi kesehatan ginjal. Salah satu cara deteksinya dengan melihat warna urin. Makanya kudu benr2 dibiasakan minum perhari dua liter ya mbak...

    BalasHapus
  18. Huhuu...kalo boleh jujur, aku salah satu yang jarang minum air mineral.
    Selain itu, males ke toilet umum.
    Hiiks~
    Dan sudah 2 kali cek ke dokter perihal seringnya anyang-anyangan.

    Sebenarnya,
    Tubuh itu pintar sekali yaa...memberi sinyal.
    Tinggal kitanya yang harus tanggap. Jangan abai.

    Semangat hidup sehat..

    BalasHapus
  19. Aku masih males nih minum air putihnya, malah kadang milih air teh. Mulai sekarang mau lebih rajin lagi deh minum air putihnya

    BalasHapus
  20. Kegiatan funwalk nya meriah banget ya
    Udah gitu sesi talkshownya bermanfaat banget pembahasan seputar hidrasi sehat

    BalasHapus
  21. Wih bermanfaat banget kegiatan fun walk nya yah apalagi seputar kesehatan

    BalasHapus
  22. Aku jga galak banget ke anak anak soal air putih ini, kadang kalau mereka main suka lupa minum...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memanjakan diri Salon Murah di Sekitar BSD Ayumi Salon

Review Daycare di Daerah Bintaro Tangerang Selatan

Tampil Cantik dan Percaya diri dengan Perawatan di Z GLow Clinic