Peluang kerja milenial saat ini dengan adanya Green Job #Energimuda

Hallo semuanya,


Tahun begitu cepat berlalu tak terasa sudah memasuki bulan Februari 2021, padahal rasanya baru kemarin berada di tahun 2020 yang dikagetkan dengan adanya pandemi ini. Banyak sekali dampak dari pandemi ini, mulai dari kesehatan maupun kegiatan pekerjaan serta sekolah hampir semuanya beralih menjadi kegiatan online.


Untuk sektor pekerjaan juga saat ini mulai bergeser juga, bahkan dikarenakan pandemi ini banyak pekerjaan manusia yang sudah bisa tergantikan oleh mesin. Sehingga sebagai generasi muda, dengan impian yang tentunya banyak serta masih panjang tentunya sudah mulai mempunyai tujuan peluang kerja untuk anak muda kedepan supaya tidak tergerus oleh zaman. Hal ini dikarenakan manfaatnya bisa kita dapatkan kelak sebagai bekal kita nanti di hari tua.



Seperti halnya contoh pekerjaan yang mulai bergeser saat ini sudah tergantikan oleh mesin adalah kasir parkir di mall dan kasir parkir di toll yang sudah digantikan dengan pintu portal otomatis dengan digitalisasi. Begitupun juga pekerjaan yang dulunya gak pernah terpikirkan bisa dikerjakan dirumah, saat ini banyak pekerjaan yang sudah bisa dikerjakan dirumah salah satunya saya sebagai Blogger saat ini.


Begitupun dengan bahan bakar energi dari bumi untuk kita melakukan transportasi BBM, listrik maupun kegiatan rumah tangga lainnya yang dahulu kala kita memakai minyak tanah untuk memasak saat ini sudah berganti menjadi gas elpiji. Begitupun dengan masa depan bahan bakar mobil, motor yang menggunakan bensin suatu saat akan tergantikan dengan bahan bakar terbarukan yang tidak akan habis sumbernya. Karena seiring berkembangnya zaman tentunya perlu ada revolusi baru karena energi terbarukan seperti ini sebagai bentuk peluang kerja anak muda untuk Indonesia lebih bersih.



Menjaga Indonesia untuk lebih bersih tentunya dimulai dari diri sendiri, mulai dari mengurangi penggunaan sampah plastik makanan maupun minuman, serta sebagai seorang mom kalau aku sendiri lumayan kepikiran dengan sampah yang diakibatkan oleh penggunan diapers sekali pakai oleh sikecil. Sampah tersebut masih bisa menjadi peluang besar sebagai energi terbarukan juga.


Untuk sampah plastik saat ini seperti botol minuman air kemasan sudah bisa di daur ulang menjadi kain yang bisa dijadikan baju maupun pakaian. Sedangkan sampah-sampah lainnya masih banyak yang masih belum tersentuh menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk di daur ulang. Padahal kalau kita berfikir lumayan banyak ide untuk bisa mengembangkan sampah yang ada ini menjadi ladang bisnis maupun peluang kerja.



Dampak sampah yang terlalu banyak di bumi ini tentunya akan mencemari lingkungan mulai dari adanya bencana yang sudah mulai sering kita lihat diberita seperti banjir, laut tercemar dengan adanya sampah. Serta menumpuknya sampah yang akhirnya dibakar disekitar sehingga membuat polusi udara menjadi tercemar. Hal seperti ini memang tugas besar kita masing-masing individu untuk kelangsungan lingkungan alam sekitar kedepan.


Beberapa waktu yang lalu pada Selasa, 9 Februari Pukul 15.30 saya mengikuti kegiatan  #SelasasharingISB Featured Coaction.id yang membahas tentang Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih.



#EnergiMuda tentunya sebagai milenial yang mempunyai semangat tinggi untuk bisa mencintai lingkungan dan membentuk energi terbarukan dimasa depan. Seperti halnya kehadiran Panel Surya sebagai tenaga listrik yang dapat digunakan dirumah saat ini memang masih belum semua orang bisa merasakan. Hanya sebagian saja. Kedepannya peluang-peluang tersebut untuk Generasi Muda dengan adanya Green Jobs ini bisa membentuk pekerjaan yang tidak hanya untuk diri sendiri namun bisa bermanfaat untuk orang lain maupun yang bisa ramah terhadap lingkungan.


Adanya milenial anak muda yang produktif bisa membantu membangun Indonesia untuk lebih baik. Serta pekerjaan yang bisa berdampak baik buat lingkungan yang bersih dan sanitasi, akses informasi dan pendidikan, peningkatan ekonomi lokal, literasi keuangan, hingga ketahanan pangan. Adanya banyak sekali peluang lapangan kerja ramah lingkungan yang sangat potensial tersebut, Anak Muda Indonesia perlu mengubah tantangan yang ada menjadi peluang untuk dikembangkan. 


Contoh tantangan saat waktu saya kuliah dulu, dibebankan oleh KKN dimana harus tinggal di desa dan memanfaatkan yang ada potensi daerah tersebut. Saat itu saya dan teman-teman waktu itu  KKN di Desa Krisik, Blitar membentuk mengajari warga disana mengolah limbah kulit pisang menjadi sebuah kripik yang bisa bernilai jual tinggi. Selain itu potensi susu yang banyak disana sisa susu bisa dijadikan dodol susu yang bisa di jual juga dengan kemasan yang menarik. 


Hal-hal kegiatan kampus KKN seperti itu sebenarnya juga sebagai bentuk peluang generasi muda untuk peluang Green Job yang bisa diaplikasikan kedepan nantinya. Nah, peluang pekerjaan Green Jobs lainnya untuk anak muda dalam pekerjaan mendatang tentunya masih banyak lagi di berbagai sektor baik sektor pendidikan, teknologi, industry maupun bisnis semua bisa kita lakukan dan tentunya mencari invovasi yang lebih baik kedepan supaya menjadi generasi muda produktif #EnergiMuda. (By Rachmanita Adindarara)





6 komentar

  1. Peluang kerja saat pandemi gini emang harus pintar carinya, banyak peluang makanya kita harus manfaatkan dengan baik

    BalasHapus
  2. Sepertinya ga harus kaum millenial juga nih, emak2 kayak aku juga tertarik juga untuk dapat ikut melakukan kegiatan ini, dapat ikut melestarikan lingkungan dengan green jobs

    BalasHapus
  3. Satu lagi di antara sekian banyak peluang untuk para millenial. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik biar makin produktif

    BalasHapus
  4. Yuuuk cek pekerjaan kamu sudah memenuhi kriteria green jobs belum?

    BalasHapus
  5. Masih banyak peluang untuk kite-kite ini agar tetap produktif berkarya, yang penting jangan mudah menyerah menggapainya

    BalasHapus
  6. Green jobs memang pilihan tepat ya buat berkarir sekaligus melindungi bumi. Keren deh sektor green jobs ini

    BalasHapus