Pentingnya tetap menjaga protokol kesehatan setiap hari dan jangan sampai kendor

 Hallo semuanya,


Pandemi ini sebenernya memang belum berakhir, karena jumlah pasien yang positif terkena virus covid-19 ini semakin bertambah di Indonesia saat ini. Apalagi setelah di nyatakan New Normal dengan segala aktivitas yang tetap berlangsung banyak diantara kita atau disekitar kita terkadang ada yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Mulai dari masker diturunkan, kurangnya kesadaran sosial distance, serta kebiasaan cuci tangan dan membersihkan tangan setelah melakukan aktivitas masih selalu perlu untuk diingatkan.


Dan disini aku hanya ingin tetap mengingatkan kepada semuanya. 







Masih perlu adanya kita untuk saling mengingatkan kepada lingkungan sekitar untuk tetap menjaga protokol kesehatan sebagai bentuk menangani upaya pencegahan covid-19 ini. Jadi kemarin bertepatan hari Rabu, 30 September 2020 bersama dengan Blogger Crony dan Kemenkes saya ikut dalam Seminar Online Bareng Blogger “Yuuk Disiplin COVID-19 Ambyar” oleh Kementerian Kesehatan Mengajak Masyarakat Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru.


Acara Seminar ini sendiri dilaksanakan pada pukul 13.00 via online di Zoom dan juga YouTube yang langsung bersama dengan para narasumber . Riskiyana S. Putra, M.Kes selaku Direktur Promosi Kesehatan, Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi Psikolog, Wardah Raji, S.Kom Founder Blogger Crony. 


Untuk pembukaan sendiri berlangsung dibuka  oleh  dr. Riskiyana S. Putra, M.Kes selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. Adanya acara seminar ini diharapkan kita semua bisa bergerak membantu untuk tetap menjaga kesehatan kita terutama untuk orang yang kita cintai keluarga kita dan lingkungan sekitar supaya tetap patuh pada protokol kesehatan yang ada.


Kenapa sih kita harus tetap sehat? Karena kalau kita sehat yang akan mendapatkan keuntungan juga diri kita sendiri. Kalau sehat kita bisa tetap melakukan pekerjaan dan mencari penghasilan setiap hari. Apalagi kesehatan itu mahal harganya. Walaupun sudah ada asuransi atau BPJS tetap kalau kita sakit apalagi tekena covid yang mendapatkan dampaknya adalah keluarga atau lingkungan sekitar.


Sebenernya apa sih penyakit bernama Covid-19 itu? Pastinya kalian sudah sering dengar dan sudah mengerti juga dari kalian bahwa Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) adalah penyakit baru yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan dan radang paru. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 

(SARS-Cov-2). 


Kenapa sih Covid-19 ini berbahaya? Karena mengganggu pernafasan tadi dapat menyebabkan komplikasi gangguan kesehatan lainnya yang memang dapat menyebabkan kematian namun apabila imunitas kuat dan daya tahan tubuh kuat maka orang yang terkena Covid-19 dapat sembuh.


Saat ini memang sedang dikembangkan vaksin maupun obat untuk penyakit Covid-19 ini sehingga pandemi ini memang cukup lama sekali hadir dalam hidup kita. Sehingga pandemi ini dengan adanya jumlah penderitanya yang semakin bertambah juga kita barengi dengan tetap aktif dan produktif untuk mengembangkan diri kita menambah penghasilan juga supaya ekonomi juga terus bergerak.


Karena dampak pandemi ini cukup berat memang selain banyak yang terdampak mulai dari semua dilakukan dirumah sehingga selain orang dinyatakan positif terkena Covid-19 ini, bisnis yang turun dibeberapa sektor sehingga adanya PHK yang membuat memang hal ini menjadi suatu hal yang dilematis memang.  


Ada kalanya walaupun kalian tetap bekerja dari rumah, ataupun berbisnis dirumah tetap paling penting menjaga keluarga kita denga. Tetap menjaga protokol kesehatan antara lain:

❤️ Jaga Jarak kepada orang sekitar hindari salam-salaman, berpelukan atau terlalu berdempetan dengan orang lain

❤️ Selalu Gunakan Masker dan Faceshield saat keluar rumah 

❤️ Selalu Rajin Cuci Tangan dengan sabun dan saat memegang apapun untuk selalu di bersihkan dengan Handsanitizer atau Desinfektan

❤️ Setelah keluar rumah sampai rumah usahakan selalu ganti baju dan cuci badan untuk mensterilkan diri juga

❤️ Perhatikan dalam penggunaan masker supaya masker tidak di lepas pakai atau digunakan berkali-kali ada beberapa masker yang memang sekali pakai. Untuk masker yang kain gunakan masker yang sesuai dengan standard yang dianjurkan.

❤️ Menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

❤️ Menjaga kesehatan mental juga sangat penting ditengah pandemi seperti ini 

❤️ Menghindari perkumpulan keluarga atau teman secara langsung lebih baik via online


Salah satu langkah yang bisa kita lakukan dengan mengedukasi pandemi ini adalah menerapkan kepada diri kita sendiri terlebih dahulu untuk tetap disiplin. Lalu sebagai Moms juga mengajarkan kepada anak untuk menjelaskan dampak Corona ini sehingga harus memakai masker dan sebagainya. 


Lalu untuk orang lingkungan sekitar adanya pandemi ini adalah misal penjual keliling yang masih berjualan untuk diingatkan memakai masker untuk jangan kendor diturunkan, tetap menjaga kebersihan selalu cuci tangan dan apabila mengambil makanan lebih baik menggunakan sarung tangan plastik. Jangan sampai kita semua menyesal dan tidak patuh terhadap protokol yang ada setelah kita sendiri mengalaminya. Semoga kita semua sehat selalu dan selalu menjaga kesehatan dan imunitas kita tetap patuh terhadap protokol kesehatan jangan kendor menggunakan masker. (By Adindarara)






Tidak ada komentar

Posting Komentar