Solusi tanpa panik untuk mengatasi saat anak Sakit



Hallo Semuanya,

Awal tahun ini memang rasanya sebagai ibu yang tinggal di kawasan Jabodetabek di buka dengan musim hujan terus-menerus. Apalagi saya sendiri tinggal di kawasan yang sekitarnya terkena dampak banjir akibat hujan lebat terus-menerus sehari semalam ini. Untungnya rumah kami menang Alhamdulillah banget enggak kemasukan air. 



Saat musim hujan, sebagai orang tua saya sangat khawatir akan kesehatan anak saya sendiri. Karena memang anakku sendiri notabenya sudah bersekolah di daycare yang berlokasi kurang lebih 3km dari rumah kami. Karena musim hujan ini, saya sering mengantar jemput anak saya. Apalagi sebagai ibu yang mempunyai banyak kegiatan di luar saya sendiri tidak bisa memantau anak saya selama 24jam penuh. Kekhawatiran ini akhirnya memutuskan saya untuk tidak lagi full time menitipkan anak di daycare lagi. 

Namun walaupun anak berada dirumah juga kalau kita sebagai orang tua tidak waspada terhadap beberapa penyakit dan kesejahatan juga akan membuat kita menyesal dikemudian hari. Seperti halnya kata pepatah sedia payung sebelum hujan. Begitupun mengecegah lebih baik daripada mengobati.

Rasa khawatir akan beberapa hal penyakit saat ini memang menjadi momok sendiri buat saya. Namanya juga anak dititipkan di daycare pasti mengalami beberapa kelemahan mudah tertular sakit. Saat anak saya demam pengalaman saya sendiri memang lumayan panik banget ngadepin anak sakit ini. Demam sendiri memang tidak boleh disepelekan begitu saja ya mom, namun tetap kita sebagai orang tua gak bole panik.

Apalagi saya termasuk orang tua yang terbilang aktif mengajak anak saya bermain diluar bersama. Memang bermain diluar ada banyak hal yang dapat di temui mulai dari mengasah kecerdasan anak kita, mengenalkan anak kepada lingkungan sekitar, belajar berempati dan melakukan stimulasi kegiatan aktif diluar seperti halnya bermain di taman bermain outdoor, playground, maupun tempat bermain seperti halnya mall.

Pernah suatu ketika saat saya mengajak anak bermain dari pagi sampai malam, beberapa bulan yang lalu tiba-tiba beberapa hari kemudia dia demam sudah sampai 3hari. Saya panik donk ya! Sampai akhirnya saya memutuskan saat anak saya demam untuk langsung ke Rumah Sakit dan di cek darahnya. Alhamdulillah nya negatif DB. Jujur kalau demam itu hal yang paling di takutkan memang adalah penyakit demam berdarah. Karena untuk mengatasi penyakit ini memang harus sesegera mungkin dan tidak boleh telat.

Sedih sih .. orang tua mana yang tidak khawatir saat anaknya demam diatas 37 derajat celcius...

Beberapa penyebab anak demam sendiri memang ada banyak faktor seperti infeksi bakteri, pilek, batuk atau penyakit lainnya namun yang paling di takutkan saya sendiri sebagai orang tua membawa anak apalagi saat musim hujan adalah Demam Berdarah. Karena Gejala Demam Berdarah memang di tandai dengan demam yang naik turun. Apalagi saat musim hujan juga semakin membuat resah sebagai orang tua.

Cara mengatasi panik untuk mencegah terjadinya demam berdarah untuk anak dan keluarga dimusim hujan sendiri antara lain:
💞 Rapikan rumah kita jangan ada tumpukan barang tak terpakai yang dapat membuat nyamuk bersarang atau selalu menjaga kebersihan rumah
💞 Memakai kan anak lotion anti nyamuk saat siang hari
💞 Biasakan selalu tutup pintu rumah jika memang tidak terlalu penting
💞 Tutup fentilasi udara dengan jaring nyamuk supaya nyamuk tidak masuk kerumah
💞 Semprot ruangan rumah dengan obat nyamuk
💞 Menjaga daya tahan tubuh dengan makan-makanan bergizi dan seimbang
💞 Rapikan tanaman di kebun rumah untuk di potong supaya tidak menjadi sarang nyamuk

Serta banyak lagi tips dan info seputar Penyakit Demam Berdarah ini Moms Dan Wajahnya juga.. Selengkapnya bisa banget langsung untuk kunjungi website Panduan Bunda untuk amplifikasi penyakit Demam Berdarah serta untuk selalu siap sedia termorex dirumah ya bun. Selengkapnya bisa mendapatkan informasi disini https://panduanbunda.com/articles/index/waspada-inilah-gejala-demam-berdarah-dengue-dbd-pada-anak

Nah selain itu Moms juga bisa banget untuk mendapatkan informasi ini di Sosial Media dan Website Panduan Bunda 
- Instagram: @panduanbunda
- Official website https://www.panduanbunda.com

------




22 komentar

  1. waktu anaku kena db, ada orang dari puskesmas cek kondisi rumah. ga ada air tergenang, juga ga ada barang numpuk. entah dari mana itu nyamuknya datang. mungkin bukan digigit di rumah :D

    BalasHapus
  2. Di musim hujan ..emang rentan penyakit. Selalu jaga kebersihan itu penting ..dan makanan bergizi..

    Insha Allah sehat terus...aamiin

    BalasHapus
  3. Iya benar DBD juga harus diwaspadai di saat - saat sekarang ya, bukan Corona saja. Dan tentunya gak boleh panik juga. Kalo panik malah bisa jadi kacau.

    BalasHapus
  4. Demam berdarah emmang patut diwaspadai di musim penghujan ini, terutama utk anak-anak. Kalau malam sebaiknya memang tutup pintu, tapi kalau pagi apalagi weekend dimaklumi deh buka selebar2nya pintu, hahahha, biar udara masuk :))

    BalasHapus
  5. Termorex termasuk salah satu merk obat penurun panas sediaan saya di rumah. Buat si abang sih..kalau buat adek yang sejauh ini masih susah minum obat sih tetap harus parcet infus :D

    BalasHapus
  6. Ngeri ya mba, temen anakku sampe dirawat 5 hari dan ga sekolah selama seminggu karena sakit DB akhirnya bikin aku dag dig dug sampe beli lotion anti nyamuk :D

    BalasHapus
  7. Musim hujan,
    musim banjir,
    wabah corona,
    banyaaakkk banget yg memantik kecemasan para Bunda.
    But, no need to worry, karena kita bisa cari panduannya di website ini ya

    BalasHapus
  8. Ini perlu banget jangan sampai terjadi di keluarga kita kena DBD, karena sudah mengalami, rasanya Masya Allah sakit banget, hiks

    BalasHapus
  9. Musim pancaroba ini yang paling rentan mengalami penyakit pasti anak2 yang imunitasnya masih belum maksimal dan memang harus di boost dengan nutrisi, apalagi kalau sudah musim seperti ini, DBD sudah menanti.

    BalasHapus
  10. Sudah musim hujan begini, memang sudah saatnya kita makin rajin bersih-bersih. Mau kena banjir atau tidak, kita perlu merapihkan semuanya biar enggak ada barang-barang yang menjadi sarang nyamuk.

    Jangan sampai kita terkena DBD, ngeri hiks...

    BalasHapus
  11. Pas musim hujan gini malah bawaannya males gerak ya Mak hahaha tapi harus dilawan buat beresin ini biar ga kasih akses nyamuk menyebarkan penyakit

    BalasHapus
  12. PAnduan bunda ini andalan banget karena bisa kasih informasi yang bisa dipercaya terklait perkembangan anak ya mba :)

    BalasHapus
  13. Apalagi musim hujan begini ya mesti waspada selalu jangan lupa pasang kelambu aja deh meskipun pemandangan ga sedap yang penting aman dari nyamuk

    BalasHapus
  14. Musim hujan kayak sekarang nyamuk mulai banyak nih. Waspada demam berdarah nih. Pokoknya kalo anak mulai agak demam jangan panik

    BalasHapus
  15. Musim hujan seperti sekarang ini memang para orang tua harus ekstra hati-hati terlebih anak-anak sangat rentan terhadap berbagai penyakit.

    BalasHapus
  16. Nah setuju deh yang paling penting juga menjaga kesehatan tubuh. Termasuk mengonsumsi buah dan sayur untuk menjaga kebugaran tubuh kita

    BalasHapus
  17. Duh, aku nih, udah punya 4 anak, dengan 2 di antaranya udah ABG, tetep aja panik kalo anak sakit. Kudu belajar banyaaak..

    BalasHapus
  18. Sedih emang kalau anak sakit, apalgi skrng musimnya lg blm jelas ya, bbrp penyakit datang. Untungnya zaman skrng makin banyak website yang bis akasi info kesejatan anak kyk panduan bunda ya jd ibu juga bisa cari referensi dr sana sblm nanti ke dokter bila diperlukan.

    BalasHapus
  19. Daerahku kebanjiran, Ra. Sampe 4x lho.
    Musim hujan gini lebih ekstra perhatikan kebersihan rumah dan sekitar. Minggu ini udah ada fogging nih buat cegah demam berdarah.

    BalasHapus
  20. Musim hujan gini rentan penyakit ya, nah db ini kadang awalnya suka ga ngeh kaya tetangga saya, dikira demam biasa taunya db

    BalasHapus
  21. Yup bener! Jaga kesehatan anak dan jangan sampe dia sakit ya mom, semoga anti panicpanic club!

    BalasHapus
  22. Bener nih
    DBD juga perlu diantisipasi
    Bahkan lebih jahat dari Corona karena nyerang ga pandang umur

    BalasHapus