Pengolahan Limbah Popok bersama dengan Merries Senyumkan Lingkungan

Hallo moms Semuanya,

Semakin modern kehidupan saat ini tanpa kita sadari, gaya hidup kita memproduksi sampah setiap harinya. Terkadang sayapun berfikir bagaimana cara pengolahan sampah sebanyak ini yang semakin bertambah juga setiap harinya. Limbah popok pada era modern ini memang semakin banyak setiap harinya karena saat ini hampir semua anak bayi saat baru lahirpun memakai popok sekali pakai.

Nuansa Hijau saat hadir acara

Sebagai ibu terutama ketika mempunyai anak apalagi saat anak masih memakai diapers terkadang saya sendiri sering berfikir bagaimana cara mengolah sampah popok anak saya. Apalagi saat ini anak saya sendiri saat ini usia 2tahun masih belum lulus toilet training sehingga membuat dia masih memakai popok sekali pakai. Dimana popok sekali pakai ini setiap harinya bisa menghabiskan 6 sampai 7popok setiap harinya.

Apakah popok sekali pakai bisa di daur ulang menjadi produk yang bermanfaat? Pertanyaan ini mungkin akan sering timbul terutama untuk kita sebagai ibu yang memiliki anak terutama yang menggunakan popok sekali pakai, karena kita semua yang mencintai kelestarian alam dan lingkungan ingin bumi kita mempunyai kelangsungan kelestarian yang baik.

Pot yang ada disini ternyata dibuat dari popok bekas sekali pakai loh

Ternyata setelah saya mengikuti acara Merries Senyumkan Lingkungan pada Rabu,4 Maret 2020 yang berlokasi di Kantor Walikota Jakarta Barat dimana program ini yang sudah dilaksanakan dari tahun lalu, sebenarnya program ini merupakan program lanjutan yang dapat  penggunaan popok bekas pakai ini bisa dimanfaatkan daur ulang menjadi sesuatu yang berguna loh.

Direktur PT. KAO

Acara ini sangat meriah sekali karena di hadiri langsung oleh Bapak Walikota Jakarta Barat serta Marketing Direktur PT KAO Merries yang memberikan sambutan dan juga pembicara dalam kesempatan ini.

Direktur Marketing PT. KAO

Program Merries Senyumkan Lingkungan ini bekerja sama dengan Walikota Jakarta Barat dan ibu-ibu PKK untuk mengumpulkan popok bekas bayi ini untuk di daur ulang. Apalagi popok Merries ini sendiri menggunakan bahan yang ramah lingkungan sehingga sangat mudah untuk dilakukan pengolahan.

Perwakilan Ibu Kader Posyandu

Pernah gak sih terpilih limbah popok sekali pakai bisa menjadi pot tanaman?
Ternyata Daur ulangnya sendiri bisa dijadikan pot tanaman dimana proses pengumpulan nya sendiri dinamakan Pirolisis. 

Tata cara proses pembuatan pot dari bahan daur ulang

Proses Popok bekas pakai diolah dengan cara HydroTermal sehingga dapat membentuk bentuk yang berubah dari sebelumnya seperti tanah liat. Selain itu pengolahannya ini bisa juga di bentuk menjadi oil pengganti minyak tanah serta fiber juga. Hasil olahan ini bisa dijadikan menjadi pot bunga.

Pembuatan pot dari bahan daur ulang

Nah, pada kesempatan acara ditahun ini Merries bersama dengan ibu-ibu kader posyandu Jakarta Barat melakukan gerakan aksi #MerriesSenyumkanLingkungan ini dengan mengajak ibu-ibu lainnya yang mempunyai anak untuk mengumpulkan popok bekas pakai ini dan dimanfaatkan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Penghargaan untuk ibu kader Posyandu

Program ini merupakan bentuk kerjasama dengan Pemerintah Kota Jakarta Barat dan 28 Kader Posyandu  untuk dapat mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk bisa memilah sampah terutama sampah popok sekali pakai ini untuk dikumpulkan dengan membuangnya secara benar dan tepat.

Penghargaan Ibu Kader Posyandu yang mengumpulkan popok sekali pakai untuk diolah

Sehingga pada kesempatan acara ini juga ada juga penghargaan untuk Ibu kader posyandu yang paling aktif mengumpulkan popok bekas diareanya. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Walikota Jakarta Barat serta Direktur dari KAO Merries ini. Harapannya sendiri dari kegiatan ini bisa semakin banyak masyarakat yang peduli akan lingkungan terutama hasil daur ulang ini sendiri bisa di jadikan menjadi pot bunga yang dapat membuat lingkungan menjadi hijau.

Hasil daur ulang dari popok sekali pakai Merries

Pada kesempatan acara ini sendiri juga kita bisa melihat langsung bagaimana cara pembuatan pot bunga dari bahan daur ulang ini. Proses pembuatannya sendiri lumayan mudah karena bentuknya sendiri tidak jauh berbeda dengan hasil pot dari tanah liat. Hasil pot ini bisa menjadi karya untuk keseimbangan lingkungan dengan semakin banyaknya tumbuhan disekitar kita.

Hasil daur ulang menjadi Oil

Jadi senang sekali saya bisa ikut dan hadir dalam kesempatan acara ini, awalnya khawatir setiap hari pemakaian popok sekali pakai dengan memproduksi sampah setiap harinya bisa dimanfaatkan menjadi hal yang lebih berguna yah. Semoga kedepannya program ini bisa menjangkau kesemua wilayah di Indonesia ya semakin Senyumkan Lingkungan. 

Menjaga lingkungan dimulai dari diri kita sendiri mulai dari memilah milih sampah dirumah sehingga bisa bermanfaat untuk diolah menjadi produk kembali. (By Rachmanita)

With MomBloggetCommunity
Bersama dengan teman blogger lainnya saat hadir di acara.


13 komentar

  1. Waktu si kecil masih pakai popok sekali pake tuh juga selalu pilih Merries mbak, cuma mamaknya ini tidak tau cara mendaur ulang popok Merries. 😪 Padahal sayang banget tuh kalau nggak didaur ulang soalnya bikin sampah popok makin banyak.

    BalasHapus
  2. Masya Allah bisa juga popok sekali pakai didaur ulang jadi barang yang bermanfaat ya. Bagus Merries ini, peduli lingkungan.

    BalasHapus
  3. Nah ini programnya kece banget kasih edukasi buat memanfaatkan limbah popok, sebagai tim pemakai popok aku juga selalu merasa berdosa saat harus buang gitu saja bekas popok sekali pake mba :( semoga next ada nih di Cimahi jadi aku merasakan langsung prosesnya

    BalasHapus
  4. Menarik banget programnya..demi menjaga kelestarian lingkungan hidup ya..

    BalasHapus
  5. Keren, kereennn kereeennnn!!
    Merries menginspirasi banget yaaa
    karena memang sejatinya semua institusi bisa banget kok berpartisipasi untuk kelestarian lingkungan dengan cara seperti ini.

    BalasHapus
  6. Popok merries bedakah bahan bakunya dengan popok lain?

    Soalnya tuh popok lain susah terurai..


    Kern nih innovasi dari merries..cuma butuh bimbingan juga buat mendaur ulangnya.

    BalasHapus
  7. Nah ini nih tcakeepp! Secara limbah popok sekarang jadi momok banget. Ya bahannya, ya kotorannya. Seneng deh ternyata sekarang merk pospak anakku punya inovasi sekece ini. Semoga berkurang limbah popok di bumi ya

    BalasHapus
  8. Adriana Dian9 Maret 2020 22.26

    Seneng banget deh kalo tau banyak brand yang makin sadar dan peduli sama lingkungan.. Semoga gerakan pengolahan limbah dari merries ini bisa diikuti oleh banyak ibu di semua indonesia yaaaaa

    BalasHapus
  9. Wah ini benar2 inspiratif ya dari popok bekas bisa di daur ulang menjadi pot tanaman bisa mengurangi limbah popok yang ada

    BalasHapus
  10. Wah, bagus nih. Soal daur ulang limbahnya juga ikut dipikirkan. Paling tidak ada usaha untuk turut melestarikan lingkungan.. :)

    BalasHapus
  11. Wah nggak nyangka banget ternyata bisa juga bikin olahan dari limbah popok. Kalau kayak gini sih udah pasti eco friendly banget <3

    BalasHapus
  12. Inilah salah satu manfaat blogwalking.
    Insight baru!
    Iya, aku baru tahu lho ada popok yang bisa didaur ulang.
    Puk-puk bumi!
    Good job, Merries!

    BalasHapus