Membiasakan Berkata IyaBoleh kepada siKecil

Hallo Moms…

Menjadi orang tua pastinya menjadi tanggung jawab dalam hal apapun untuk perkembangan anak kita mulai dari nutrisi, tumbuh kembang serta bagaimana kegiatan pola asuh yang kita tanamkan dari dia sejak kecil. Semua itu pastinya perlu adanya usaha, dukungan dari lingkungan sekitar serta kesabaran dalam melakukan itu semua untuk mencapai semuanya yang terbaik untuk anak kita.

Dukungan IyaBoleh terhadap siKecil 

Membekali anak dengan melakukan investasi di 1000 hari pertama kehidupan sangatlah penting, mulai dari asupan nutrisinya, stimulasinya dan perlakuan kita terhadap anak kita. Nah, saat ini usia anakku sendiri sudah menginjak usia 1tahun lebih 1bulan di bulan februari ini. Seperti yang kita tahu usia dia saat ini masih dalam usia masa keemasan dia.
Masa keemasan sikecil ini sampai dia balita nanti tidak akan bisa diulang kembali, jadi sebagai moms tentunya dibutuhkan tenaga ekstra sabar serta dukungan penuh antara moms dan dady nya untuk membangun karakter sikecil sejak dini.

Karakter memang sejatinya saat anak kita masih kecil bisa dibentuk sebenarnya moms. Karena di usia balita saat ini dia sudah paham dan merekam semua kejadian yang dia alami loh moms. Apalagi saat ini anakku lagi masanya gak bisa diem moms. Hal-hal yang dilakuin anakku di usia 1tahun ini mulai dari belajar berjalan yang sedang trial dan error jatuh bangun berjalan dengan baik serta mengenal mana makanan mana yang bukan. Ini penting dimasa oral seperti ini kita sebagai moms menjaganya harus dengan sangat ekstra. Pengalaman aku pribadi saat aku tidak awasi anakku dia bisa aja hampir makan kertas, crayon ataupun kapur. Khawatir pastilah...Mau marah atau melarang...eitsss tunggu dulu...sabar ya moms...semua bisa kok ada caranya…


Gerakan 1juta IyaBoleh Dancow

Dampak anak saat sering dimarahi, dilarang dan dikekang sendiri dapat membuat anak menjadi trauma, cengeng dan takut dengan orang lain moms. Kita gak mau kan momen berharga kita dengan anak kita yang diingat oleh dia adalah mama galak….walaupun kita sendiri sebagai manusia atau sebagai moms masih belum sempurna masih banyak kekurangan untuk anak kita. Namun aku yakin dan percaya semua ibu yang baik  pasti akan memberikan yang terbaik untuk anak kita apapun itu.




Salah satu cara yang sedang dijalani oleh Dancow untuk mengajak kita para moms dengan mengatakan pada anak kita dukungan penuh #IyaBoleh kepada sikecil kita tersayang. Dengan kata #IyaBoleh ini adalah salah satu bentuk cara positif kita terhadap anak dalam mendidiknya untuk menjadi 5karakter yang akan dibangun nantinya saat dia dewasa kelak seperti pemberani, Cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin. Nah, jadinya dengan membiasakan berkata #IyaBoleh merupakan bentuk cinta kita kepada sikecil selain nutrisi dan juga stimulasi tentunya.




Mengatakan kepada anak #IyaBoleh buat aku pribadi juga masih belajar juga moms untuk membiasakan seperti itu…
Misal saat ini anakku dalam masa oral yang hampir semua benda masuk kemulutnya...untuk melarangnya dan mengajari dianya dengan cara #IyaBoleh nak makan biskuit ini kalau ada rasanya manis dan enak itu makanan. Kalau bunda ambil mainannya bunda gantikan makanan ya nak….
Karena pengalaman aku pribadi moms..terkadang perasaan kita dengan anak bisa tertular..Jika saya panik otomatis anak menjadi rewel dan cranky. Jika saya happy dan positif maka anak akan happy juga moms.

Beruntungnya pada hari Kamis, 7 Februari 2019 kemarin bunda dan sikecil berkesempatan mengikuti kegiatan rangkaian acara dari Dancow Gerakan 1 juta IyaBoleh bertempat di Ayana Hotel MidPlaza Jakarta Selatan. Acaranya sendiri sangat seru pastinya dan bener-bener gak bisa dilupakan. Karena disana banyak tempat bermain anak yang pastinya menyenangkan seperti mini karaoke, tempat mewarnai, tempat melukis, menyusun puzzle bangunan, mencorat coret tembok, menanam tumbuhan serta ada kemampuan test IQ. Sebelum tempat bermain ini dibuka acaranya sendiri adalah talkshow dengan para pembicara serta brandambassador Ussy Sulistyowati membahas tentang pola asuh #IyaBoleh Dancow ini moms.

Adapun materi talkshow ini dibahas oleh Dra. Ratih selaku psikolog ini membahas tentang materi Dukungan Cinta Orang Tua dalam mengoptimalkan potensi sikecil. Sedangkan dari dr. Saptawati Bardosono yang merupakan dokter dan juga ahli gizi membahas pentingnya nutrisi perlindungan anak.


Para Pemateri IyaBoleh

Mendapatkan ilmu serta mengajak sikecil bermain di acara ini membuat saya ingin mengajak para orang tua untuk bisa membangun karakter anak kita menjadi karakter unggul seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Gerakan Dancow 1 juta #IyaBoleh untuk moms dan dads yang penasaran bisa kunjungi webnya di www.iyaboleh.com.
Nah disitu moms bisa mengetahui informasi lebih lanjut serta mendapatkan sertifikat dari Dancow.


Jika masih penasaran keseruan acara dancow ini bisa dilihat divideo ini.




Komentar

  1. Iyaa seru bangetttt, beruntung yaa bisa datang acara itu.

    BalasHapus
  2. Sebagian para mommies masih berat untuk mengatakan iya boleh, padahal ternyata itu malah membuat anak jadi tidak percaya diri ya mom. Dengan iya boleh, berarti kita telah memberikan kepercayaan kepada anak.

    BalasHapus
  3. Kata-kata walaupun sederhana tapi memiliki banyak makna ya.. terlebih terhadap anak-anak yang masih membutuhkan peran orangtua dalam hidupnya.. anak yang sering mendapat penolakan justru akan berdampak tidak baik untuk perkembangan psikolog anak

    BalasHapus
  4. Iyaaa, aku juga lagi belajar komit bilang iya boleh hahahaha, agak berat sih memang, tapi sepertinya nanti akan terbiasa. Semoga...

    BalasHapus
  5. #IyaBoleh hahahha percaya ngga, aku ngebolehin anakku masukin beberapa benda ke mulutnya hahahaha. Gapapalah, memang masa pengenalan thdp berbagai hal, yg penting susunya oke hihihihi.

    BalasHapus
  6. kalau dancow bikin event selalu seru ya ada dresscode kunig fresh ceria gitu foto jadi keren2 hehehe.

    BalasHapus
  7. Bener banget mba, dengan bilang iyaboleh pada anak, karakterny pun jadi lebih percaya diri dan berani mencoba. Aku sih selalu menanamkan untuk memastikan yang dia coba itu aman.

    BalasHapus
  8. tagline dari dancow ini sungguh melekat dan mengena di aku, untuk gak melarang anak anak eksplorasi. bahwa penting banget juga memilih asupan susu yang baik seperti dncow ini

    BalasHapus
  9. Nah ini nih kata-kata yang sering kali pelit diucapkan para ortu . Akibatnya anak tunbuh jd penakut hehe.. aku juga masih harus banyak belajar soal ini Bun. Thanks for sharing

    BalasHapus
  10. Gemesyiinn banget si adik nih 😍😍 jadi pengen nyubit 😁 btw suka banget nih dgn hastag #iyaboleh maknanya dlm bgt

    BalasHapus
  11. Saya juga selalu menerapkan #iyaboleh ke anak balita saya. Kalo dia pegang sesuatu yang berbahaya, segera saya kasih gantinya sehingga dia enggak nangis.. Kalo dia pengin apa, gitu, ya saya temani. Dan lain-lain.

    BalasHapus
  12. Anakku 22nya sejak dulu berusaha untuk selalu mengatajan #iyaboleh, alhamdulillah mereka menjadi anak yang kreatif dan berani.

    BalasHapus
  13. Setahuku kalau dilarang semakin dilakukan sama anak kecil. Adik ku sendiri sprti itu. Jadi kata "iya boleh" meskipun sederhana tapi bermakna bagi si kecil. Tapi kadang aku suka khilaf mau bilang "iya boleh" malah jd "JANGAN!!". hehehe

    BalasHapus
  14. 2 tahun yang lalu aku pun ikutan event Dancow ini, saat anakku usianya masih dibawah 5 tahun. kusuka banget campaign Dancow "Iya Boleh", bisa menstimulasi kecerdasan anak dengan Bunda katakan Iya Boleh sama anaknya.

    BalasHapus
  15. Setuju..#IyaBoleh merupakan cara positif kita untuk mendidik anak agar memiliki 5 karakter seperti pemberani, cerdas, kreatif, peduli dan pemimpin.
    Salut untuk Dancow atas program ini

    BalasHapus
  16. Iya Boleh ini bikin anak bebas eksplorasi gtu ya mbak. Anak yang aktif biasanya lbh sehat gtu.
    Cuma memang harus diawasi, asalkan gk bahaya dan eduaktif buat si kecil ya kita slow aja gakusah overprotektif :D

    BalasHapus
  17. Iya boleh, satu kata yang bisa membantu mengembangkan potensi anak untuk bereksplorasi. Jangan sampai terlalu mengekang ya bun.

    BalasHapus
  18. Setuju banget mom sama tulisannya, btw kemarin kita ketemu ya kalau gak salah hihii. Belajar bilang 'iya boleh', tapi pas lihat si kecil main kotor kok dalam hati udah gemes yaa akuu hehe

    BalasHapus
  19. Ngomong iya bpleh ke anak itu sacam challenge banget menurutku mom hehe sevsra it means kita harus bersiap utk segala sesuatu di depannya XD tapi nyatanya itu mmg nagus buat anak bereksplorasi ya!

    BalasHapus
  20. seru banget itu ya mbak acaranya apalagi kumpul bareng sama krucil krucil lainnya. . iya betul anak pasti juga bakalan lebih senenggg kalau dibolehkan berkeskplorasi

    BalasHapus
  21. Seru yaa acaranyaa.. Btw sama nih kadang kalo terlalu banyak ngelarang anak sebenernya kurang bagus ya buat tumbuh kembangnya, selama ngga berbahaya dan masih dalam pengawasan kita mending bilang "Iya, Boleh.." hehe

    BalasHapus
  22. Seruuu ya! Kemarin sempet mau dateng tapiiii Rio sakit huhu. Padahal rame yaa bisa coba macam macam aktivitas untuk bayi

    BalasHapus
  23. Kata ""iyaboleh" emang buatku masih proses belajar agak sulit yah mom kalau anak mau minta apa2 tuh ,misal udh mandi masih minta mamah abis mandi main keluar yah kan bajunya kotor lg diajak nntn kartun baca buku gak mau,hadeuh msh belajar aku tuh bnyk rayuannya sama anak2 tuh biar mau nurut

    BalasHapus
  24. Aku pribadi sih pengen ngasih kebebasan ke anak tapi kadang beda pemahaman sama ortu jadi ya gitu wes jadinya campur2 pola asuhnya

    BalasHapus
  25. "Iya Boleh" ini bikin anak jadi pede buat explore sekelilingnya sambil mengembangkan kemampuan dirinya yaa. Keren euy.

    BalasHapus
  26. Kemarin anakku nanya: "Ma, boleh main air?"

    Aku, abis baca tulisan soal "iya, boleh" di beberapa tulisan teman langsung ga enak hati mau bilang "nggak". :))

    BalasHapus
  27. Iya boleh pokoknya asal masih batas dan diawasi kan ya tentunya :)
    Asyik klo event kayak gini, anak2 jg ketemu teman baru plus bisa mainan ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer