Pentingnya memantau tumbuh kembang si kecil setiap bulan dalam acara Health Fair

Halo semuanya,

Sebagai ibu yang punya anak emang tak pernah letih untuk belajar yah. Apalagi belajar dalam hal perkembangan seputar tumbuh kembang anak memang perkembangan nya setiap generasi memang sangatlah berbeda.

Health Fair ada apa sih.  Yuk simak...
Salah satunya perkembangan pola asuh yang harus terus di tekankan untuk di lakukan pada saat ini. Kalau jaman dulu bayi dibawah 6bulan itu diberi makan pisang atau bubur bayi. Tapi saat ini sudah TIDAK BOLEH BAYI dibawah 6bulan diberi asupan makanan apapun selain ASI atau susu.

Masih banyak sekali mitos maupun fakta yang kurang sesuai dan berbahaya masih saja di terapkan orang saat ini padahal sudah mendapatkan ilmunya dari para dokter maupun ahli gizi. Padahal perkembangan internet sudah sangat pesat tentunya kita untuk belajar. Itulah gunanya belajar! Supaya kita bisa mengaplikasikan belajar tersebut dalam kehidupan kita serta menerapkan kepada keluarga. Semua ilmu tentunya kenapa sesuatu hal menjadi tidak boleh atau dilarang pasti ada alasannya.

Stunting itu apa sih? Ada yang tau gak? dokter Tiwi Menjelaskan apa itu Stunting
Bertepatan dengan weekend Sabtu, 1 Februari 2020 saya berkesempatan bisa mendapatkan undangan dari Kompasiana dan juga Ketapels untuk hadir dalam acara Health Fair yang berlokasi di Gedung Titan Center Bintaro Sektor 7 Tangerang Selatan. Acara Health Fair ini sendiri rangkaian acaranya ada seminar sesi 1 yang berisi tentang Kehamilan kemudian jeda makan siang ada seminar sesi 2 yaitu Optimasi Tumbuh Kembang Si Kecil untuk Pencegahan Stunting.

Area Health Fair Titan Center Bintaro
Health Fair ini sendiri merupakan rangkaian acara yang selain seminar juga ada lomba pembuatan cupcakes untuk ibu dan anak, cek kesehatan secara gratis, doorprice, Playground tempat bermain anak yang berlokasi di samping ruang seminar serta ada juga Bazaar berbagai macam produk makanan maupun pakaian anak serta dewasa juga ada didalamnya. Sempet main ke nazarnya saya membeli beberapa baju buat anak saya yang harganya lumayan terjangkau sekali dan modelnya pun sangat unik gak keliatan murahan.


Setelah mengikuti acara sesi 1 yang acaranya sendiri adalah Talk Show membahas seputar Kehamilan oleh dr. Dewi Ratih, spOG dan juga artis Yasmin Wilbold di potong istirahat untuk jajan makanan di Bazaar. Saya sempet jajan Somay dan juga Bakso pedas sedangkan anak saya makan macroni sambil dia bermain dan berlari di playground menunggu TalkShow sesi 2.

Event kali ini saya sendiri memang membawa anak saya. Jadinya pas di stand baju anak dia sudah bisa memilih sendiri bajunya gitu. Seneng juga lihat tumbuh kembangnya dia saat ini.

Saya dan anak
Ngomongin soal tumbuh kembang pada kesempatan seminar Sesi ke 2 oleh dokter anak bernama dr. Tiwi bersama dengan artis Kartika Putri membahas tentang bahaya tentang Stunting. 
Stunting Itu sendiri merupakan pendek atau tumbuh kembangnya yang tidak optimal untuk anak. Saat ini menurut data sekitar kurang lebih 30persen anak Indonesia terkena Stunting.

Salah satu bentuk pencegahan Stunting Itu sendiri antara lain:
💞 Memberikan ASI saat anak baru lahir hingga usia anak 2tahun
💞 Anak diberikan stimulasi sesuai dengan usianya misalkan saja mengajak anak berbicara, memeluk anak dan hindari memberikan gadget pada anak
💞 Berikan jadwal pada anak secara disiplin seperti jadwal tidur dan makan
💞 Pola Makan untuk anak setelah 6bulan keatas dengan gizi seimbang dengan memantau kandungan protein serta ASI yang cukup
💞 Selalu pantau pertumbuhan anak melalui KMS setiap bulannya untuk Tinggi dan Berat Badan
💞 Lengkapi Imunisasi pada anak

Data Stunting Di Indonesia
Dampak Stunting ini juga sangat dikhawatirkan karena akan berpengaruh antara lain:
😭 Anak bertubuh pendek tidak sesuai dengan usianya
😭 Anak susah berkonsentrasi saat sekolah 
😭 Pertumbuhan anak termasuk tumbuh kembang anak menjadi lebih lambat dibandingkan anak seusianya.

Grafik KMS
Stunting ini sendiri memang agak susah terdeteksi, sehingga saat kita ke posyandu untuk mengukur berat badan dan tinggi anak jika memang tidak bertambah bisa langsung di konsultasikan dengan Dokter Anak. Memang ya tugas berat menjadi orang tua ini tak hanya memberikan anak kebahagiaan bermain saja namun juga harus memperhatikan gizi serta kesehatannya juga. Paling bahagia memang melihat anak sehat dan bahagia tumbuh dengan normal sehingga bisa berprestasi nantinya di sekolah. Sehingga memang menjaga tumbuh kembang anak dari sejak dalam kandungan merupakan hal paling penting.

Setelah sesi tanya jawab
Acara ini setelah TalkShow sendiri di lakukan sesi tanya jawab langsung kepada narasumber. Kemudian banyak sekali yang ingin bertanya seputar permasalahan mereka. Setelah sesi tanya jawab barulah sesi pembagian doorprice karena teman-teman lainnya hanya ikut yang sesi 1 jadinya pada titip nomer gitu kan ke saya. Walaupun saya pegang 4 nomer tapi belom ada yang lolos doorprice.hehehe ya sudahlah belom rejeki namanya. 

Hadiah untuk sesi tanya jawab
Semoga anak-anak kita bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bebas dari Stunting ya sehingga bisa berprestasi membanggakan kita semua. (By Rachmanita)



13 komentar

  1. Sebelum 6 bulan gak boleh dikasih makanan apapun selain ASI atau susu soalnay pencernaannay belum kuat ya. Asyik ya ikutan talkshow kaya gini jadi ada ilmu yang didapat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap banyak ilmu. saya jg seneng kalau bs hadiri acara ini. wong baca ulasannya ajah dah kebagian ilmu apalagi kalau bs full

      Hapus
  2. Bagaiamana ya Mba kalau anak terlahir dari orangtua bergen pendek? Bagaimana mengetahui anak itu memang ikut gen orangtua atau stunting?

    BalasHapus
  3. Waah aku jadi keinget anakku masih ada yang kurang nih imunisasinya.

    BalasHapus
  4. Aku dulu paling rajin memantai tumbuh kembang anakku mulai dari dia lahir sampai usia 5 tahun deh, sekarang lebih fokus ke nutrisi dan cara belajar yang aku sedang terapkan nih kak.

    BalasHapus
  5. Amiin. Sehat terus ya deeek..
    Jadi antisipasi supaya nggak stunting jg dengan mengasi yaa. Klo ingat ini pas lg capek, aku kembali smngat menyusui bayi

    BalasHapus
  6. Stunting memang penyakit yang banyak diderita oleh anak-anak di Indonesia sekarang ini.

    Alhamdulillah di Makassar anak penderita stunting angkanya masih di bawah dari jumlah yang dikhawatirkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

    BalasHapus
  7. Jaman anak-anak masih balita aku super rajin memantau tumbuh kembangnya. Lha sekarang kok malas, hadehhh. Pokok sekarang ya diperhatikan tapi memang sudah gak terlalu berpatokan dengan parameter chart tumbuh kembagn. Alhamdulillah dan bismillah aja

    BalasHapus
  8. Stunting ini jadi momok para ibu ya, jadi digalakkan banget kampanye anti stunting, saking semangatnya kadang ibu-ibu di puskesmas lihat anak kurus langsung bilang ini stunting anaknya huhu..

    BalasHapus
  9. setuju sekali, tumbuh kembang anak harus dipantau sejak di dalam kandungan hingga usia 3 tahun. Berat badan. panjang badan, lingkar kepala harus sesuai grafik pertumbuhan

    BalasHapus
  10. Di acara selanjutnya ra insyallah entuk doorprize e. Aku ini pas acarane raffi huhu dadine ga iso tekan pdhl pengn huhuh

    BalasHapus
  11. Acaranya bergizi sekali, mak. Hingga dua sesi yah.
    Semoga bisa segera memiliki anak, tapi sebelum itu juga perlu bahan bacaan terkait tumbuh kembang anak juga sih. Jadi, saat sudah hamil nanti bisa lebih paham dan menerapkan ilmu yg di dapan
    PErlu sekali emang untuk memantau dan menjaga tumbuh kembang anak bahkan semenjak dari dalam kandungan ya Mak

    BalasHapus
  12. Banyak banget sebenarnya yang harus diperhatikan perkembangan si kecil ya, salah satunya stunting ini. Aku paling deg-degan kalau anak di bawah 5 tahun tuh

    BalasHapus