Mencegah Penyakit Kanker dengan Faktor Risiko dalam Memperingati Hari Kanker Sedunia

Halo semuanya,

Masih inget di bayangan aku mempunyai seorang teman bernama sasky tya usianya masih sangat muda 27tahun yang saat itu terkena kanker. Saat itu dia berpesan jaga kesehatan ya hindari makan junk food dan selalu makan yang sehat ya.
Ternyata Pertemuan saya dan Sasky Tya saat itu merupakan pertemuan terakhir saya hingga akhirnya dia pulang selamanya karena penyakit kanker payudara yang dideritanya. Sedih banget….Saya dulu hanya mengira bahwa penyakit kanker ini hanya di derita orang sudah lanjut usia ternyata usia muda pun bisa kena juga...

Kesehatan itu memang mahal harganya, selagi kita sehat menjaga kesehatan merupakan aset utama kita yang harus kita syukuri setiap hari tentunya. Setiap hari tanpa kita sadari dan tanpa kita tahu kejadian esok apa yang akan menimpa kita yang disebabkan karena penyakit dalam tubuh. Penyakit akan terus mengintai kita baik penyakit menular maupun penyakit yang tidak menular.

Saya Dan saya Akan
Tanpa kita sadari kita terkadang melupakan penyakit tidak menular ini atau biasa disebut PTM. Setiap orang tanpa memandang bulu dapat beresiko terkena penyakit tidak menular ini salah satunya Kanker. Aduh… serem ya ngomongin masalah kanker ini….lanjut ya…Karena kita semua tentunya ingin bisa sehat terus dan punya waktu yang bermanfaat yah. Walaupun kehidupan ini sendiri indah walau tanpa kepastian apa yang akan terjadi esok.

Pertemuan Acara Peringatan Hari Kanker sedunia
Bulan Februari ini merupakan bulan identik dengan penuh cinta salah satunya adalah adanya peringatan hari Kanker Sedunia ini. 
Jadi beberapa waktu yang lalu tepatnya Selasa, 4 Februari 2020 berlokasi di Manhattan Hotel, Kuningan,Jakarta Selatan saya menghadiri acara dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam tema Pertemuan Social Media Influencer dalam rangka memperingati hari Kanker Sedunia bersama dengan teman blogger lainnya.

Rekan Blogger Crony yang hadir dalam acara ini

Tujuan adanya Peringatan Hari Kanker Sedunia ini untuk mensosialisasikan bentuk pencegahan penyakit Kanker ini dalam bentuk kewaspadaan dengan mengurangi faktor resiko dalam permasalahan penyakit Kanker ini. Karena setiap tahunnya jumlah penderita Kanker ini selalu bertambah apalagi paling banyak yang menderita adalah perempuan karena adanya kanker mulut atau serviks rahim dan kanker payudara.

Direktur P2PTM

Adapun narasumber dalam acara ini antara lain:
πŸ’žDirektur Pencegahan dan Pengendalian  Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dr. Cut Putri Arieani, M.H, Kes. 
πŸ’ž Prof Dr dr Soehartati A Gondhowiardjo, Sp.Rad(K)OnkRad

Prof Dr dr Soehartati A Gondhowiardjo, Sp.Rad(K)OnkRad
Penyakit Kanker sendiri itu apa sih?
Kanker merupakan penyakit tidak menular yang diakibatkan adanya pembelahan sel yang tidak normal atau abnormal sehingga menyerang sel bagian tubuh disekitarnya. 

PTM saat ini

Penyebab Penyakit Kanker itu sendiri apa sih?
Penyebab Penyakit kanker saat ini memang masih belum tahu apa penyebabnya secara pasti. Namun penyebab nya sendiri adalah dari beberapa aktifitas yang ada dalam faktor resiko sehingga perlu adanya perilaku yang dapat menghindari faktor resiko dari penyakit Kanker ini.

Faktor Risiko PTM
Faktor Risiko Penyakit Kanker itu sendiri antara lain:
😬 Merokok dengan rokok biasa maupun rokok elektrik juga sangat berbahaya buat kesehatan tubuh. Karena tidak ada penelitian yang berkata bahwa rokok elektrik itu benar-benar aman.
😬 Terpapar Zat Karsinogenik Kimia atau Toksik bisa jadi makanan yang kita konsumsi maupun penggunaan kosmetik maupun skincare yang harus diperhatikan
😬 4P (Pewarna , Perasa, Pemanis, Pengawet) dengan adanya BTP (Bahan Tambahan Pangan) seperti Borax, Formalin, Rhodamin dll
😬 Stress dan terlalu banyak pikiran
😬 Hubungan pasangan multipasangan atau sering bergonta ganti pasangan
😬 Kurang Aktifitas Fisik
😬 Pola makan yang tidak sehat seperti konsumsi gula, garam berlebihan, pola makan gizi seimbang serta transisi teknologi juga mempengaruhi

Grafik penderita penyakit kanker yang setiap tahun naik
Fakta yang ada dari Penyakit Kanker ini sendiri antara lain:
♥️ 43% Penyakit Kanker ini dapat dicegah loh dengan merubah pola hidup yang sehat dari diri sendiri
♥️ 70 - 90 % Faktor Resiko Eksternal
♥️ Tembakau, Kurang Makan Buah dan Sayur, Kurang Aktifitas Fisik dan Obesitas dapat memicu penyakit lainnya komplikasi diabetes serta kolesterol
♥️ Adanya informasi yang benar dari masyarakat tentang seputar penyakit kanker ini bahwa penanggulangan penyakit ini tidak boleh terlambat. Lakukan deteksi dini minimal setahun sekali.

Kenali Penyakit Kanker
Bagaimana cara mencegah Penyakit Kanker ini sendiri?
Mencegah Penyakit Kanker ini sendiri dapat kita lakukan dengan merubah gaya hidup atau pola hidup sehat setiap hari tentunya. Memang tidak mudah awalnya namun yang akan merasakan sendiri juga kita, serta mendapatkan keuntungan dari tubuh kita yang sehat juga kita. Pola Hidup sehat dalam mencegah Penyakit kanker atau penyakit tidak menular lainnya sendiri antara lain:
♥️ Perbanyak Konsumsi makanan Sayur dan Buah kurangi penggunaan gula dan garam
♥️ Diet Gizi seimbang sesuai dengan Isi Piringku dari Kemenkes yang dianjurkan
♥️ Perbanyak minum air putih atau air mineral yang cukup minimal sehari 2liter
♥️ Olahraga sehari minimal 30menit untuk bergerak
♥️ Kurangi serta hindari Stress usahakan untuk selalu positif thinking dan mendekatkan diri sama Tuhan
♥️ Kurangi serta hindari makanan Junk Food atau yang mengandung Gorengan atau Minuman Kopi yang sedang tren saat ini maupun minuman Boba jangan terlalu sering yah lebih baik dibatasi
♥️ Jangan Merokok, Jangan Minum Bersoda, Jangan Minum beralkohol sesuatu yang di haramkan makanan juga sebaiknya jangan di langgar yah.
♥️ Rutin untuk cek lingkar perut dan berat badan apakah bertambah atau berkurang untuk bisa menjaga asupan makanan yang kita konsumsi
♥️ Berdoa sama Tuhan minta untuk dijauhkan dari berbagai macam penyakit

Serta banyak sekali cara dari kita untuk dapat kita terapkan ke keluarga kita tentunya dalam rangka pencegahan penyakit tidak menular ini. Menjaga Keluarga dan Kesehatan merupakan sarana untuk hidup lebih bahagia tentunya untuk menghindari dari Faktor Resiko tersebut.

Apakah Penyakit Kanker ini bisa disembuhkan?
Saat ini beberapa Penyakit Kanker memang bisa disembuhkan dengan berbagai cara tergantung dari stadiumnya serta tingkat keparahannya dan tindakannya yang dilakukan. Asalkan dalam menangani Penyakit Kanker ini tidak boleh terlambat. Salah satu rumah sakit di Indonesia yang sudah mempunyai peralatan canggih dalam menangani beberapa Penyakit Kanker adalah RSCM. Peralatan nya juga tidak kalah dengan rumah sakit yang ada diluar negri. 

Pengobatan Kanker saat ini di Indonesia
Manfaatkan juga fasilitas kesehatan yang ada dari pemerintah sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit berbahaya ini ya seperti melakukan medical check up rutin minimal setahun sekali atau untuk kita yang perempuan yang sudah menikah bisa melakukan General Pap Smear atau IVA untuk cek Vagina kita apakah sehat atau tidak. 
Saya sendiri juga ada rencana untuk test pap smear ini nanti. Karena saya sendiripun takut ya apalagi sebagai perempuan terhadap penyakit Kanker Serviks atau Mulut Rahim maupun Kanker Payudara.

Sedangkan untuk Kanker Payudara sebagai bentuk pengecekan kita bisa mengeceknya sendiri pada waktu 7 sampai 10hari setelah waktu mens pertama untuk meraba sendiri kanan maupun kiri sebaiknya rutin setiap bulan dilakukan SADARI ini. Apakah ada benjolan kecil atau tidak saat di raba. Gak perlu takut atau khawatir sebaiknya dilakukan secara rileks ya. Selalu tanamkan juga mainset pada diri kita menjaga kesehatan itu kebutuhan kita. 

Penutup
Penyakit memang tidak memandang bulu saat ini bisa menimpa siapa saja, selagi kita sehat jangan sampai menyesal untuk menyia-nyiakan hidup kita. Karena paling penting kita selalu minta pertolongan pada Tuhan juga setiap hari untuk selalu dilindungi terhadap berbagai macam penyakit baik menular maupun tidak menular.
(By Rachmanita) 

Tidak ada komentar

Posting Komentar