Tips menjalani hidup dengan baik dalam mengatur keuangan saat kondisi pandemi bersama dengan FWD

Hallo Semuanya,

Kondisi saat ini dimana wabah virus Corona atau Covid- 19 ini yang kehadirannya semakin membuat cemas dan membuat kita menjadi banyak dampak yang dapat kita rasakan. Semua merasakan dampak akan pandemi seperti ini, yang membuat kita menjadi dianjurkan untuk tetap dirumah saja. Tidak hanya dampak untuk kalangan bawah namun juga permasalahan pandemi ini juga berdampak untuk orang kalangan atas yang sudah mapan atau sampai di tingkat pengusaha. 

Kesehatan itu Mahal Harganya

Banyak pelaku usaha yang menurun drastis akibat pandemi ini, sehingga banyak yang merugi bahkan banyak yang mendapatkan musibah PHK, pengurangan pegawai, atau menjadi dirumahkan sehingga tidak mendapatkan penghasilan lagi di kala pandemi ini. Sedih memang.

Jika kita tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, maka kita akan kesusahan dikemudian hari. Sehingga penting sekali kita semua untuk bisa mengatur keuangan dengan baik di tengah pandemi seperti ini.

Adapun tips langkah cara yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan dengan baik saat kondisi pandemi dirumah aja saat ini antara lain:
  1. Melakukan bisnis online dirumah sesuai dengan passion
Saat ini kita sudah dimudahkan sekali untuk bisa mendapatkan akses sosial media dengan bebas kita bisa memanfaatkan untuk mencoba hal baru dengan berjualan yang bisa mendapatkan keuntungan mulai dari baju, jilbab, kebutuhan pokok, segala apapun saat ini sudah bisa dibeli melalui sistem online.

  1. Menjadikan Hobi menjadi penghasilan
Hobi sendiri atau kebiasaan yang diera saat ini bisa menghasilkan uang atau penghasilan misalkan saja kamu bisa bermain alat musik kamu bisa banget membuat les alat musik privat kepada orang yang membutuhkan, begitupun juga dengan jika kamu bisa mengaji kamu bisa menjadi guru ngaji private. Apapun hal hobi yang diluar pikiran kita semua bisa menjadi penghasilan.

  1. Membuat konten positif di social media
Saat ini dunia sosial media sudah sangat luar banyak sekali brand yang membutuhkan campain maupun Endorsement kepada orang yang gemar membuat konten positif di social media.

  1. Jangan Gengsi atau Turunkan Gengsi
Penting sekali kita tidak terbawa arus untuk menekan gengsi kita dengan tidak mendengarkan omongan orang lain. Misal ada yang komentar baju kamu itu lagi itu lagi jika kamu emang tidak suka membeli baju jangan dipaksakan apalagi membeli baju branded yang tentunya membuat biaya semakin banyak dan tak terduga. Tetap menjadi apa adanya sederhana dan tidak perlu mendengar kan orang lain hanya untuk menaikkan gengsi kita sendiri.

  1. Kelola Keuangan Dana Darurat untuk kebutuhan mendesak
Jika kita bekerja perlu sekali setiap bulan kita selalu menyisihkan uang kita setiap bulan untuk di simpan sebagai tabungan maupun investasi kita. Misalkan saja sejak awal kerja sudah bisa menyisihkan dana darurat ini sebesar 30% dari penghasilan. Lalu menekan biaya untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak. Jika kita sudah menjalankan sejak awal untuk mempersiapkan dana darurat ini dengan baik, maka sampai di kondisi saat ini kita kita bisa dengan mudah untuk menjalankan hidup hemat apa adanya untuk bisa punya dana darurat yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

  1. Memiliki Perlindungan Diri atau Asuransi
Salah satu cara menyelamatkan dana darurat ini, supaya tidak habis karena biaya kesehatan adalah dengan memiliki perlindungan diri salah satunya Asuransi.

  1. Sedekah / Berbagi kepada sesama
Pentingnya kita bisa berbagi kepada sesama karena membahagiakan orang lain akan kembali kebahagiaan nya kepada diri sendiri.

Di tengah pandemi seperti saat ini, yang bertepatan dengan Ramadhan dan Lebaran kali ini memang sangat berbeda dari bulan puasa sebelumnya. Walaupun semua hal ini berbeda namun harus kita syukuri dan dapat diambil sisi positifnya dari kita mendapatkan anjuran untuk tetap stay dirumah aja. Jangan sampai kita stress dan malah menjadi banyak beban hidup dalam mengatur keuangan di tengah pandemi seperti ini karena bisa membuat penyakit.

Sebanyak apapun uang kita jika kita sakit tidak berarti semua harta tersebut

Walaupun kita tetap berhemat tetaplah terpenting harus bisa loyal dengan kesehatan kita setiap hari. Dimana kita diharuskan untuk bisa tetap tetap sehat, jaga nutrisi, tetap update, tetap terhibur (entertained), organized, dan tetap refreshed. Karena seperti yang bisa kita rasakan saat ini kesehatan itu mahal harganya, apalah arti memiliki banyak uang jika kita sakit.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya di Bulan Suci Ramadhan Rabu, 20 Mei 2020 pukul 16.30 sebagai dari bentuk kegiatan postif yang saya lakukan adalah mengikuti IG Live bersama FWD Life yang dapat membantu mengisi momen Ramadan dengan lebih positif di masa pandemi.

Saat mengikuti Live bersama FWD

Kegiatan ini adalah diskusi langsung yang membahas tentang Financial Talk With Stand Up Comedy #DiRumahAjaBarengFWD episode ke 4. Bersama denga Dono Pradana dan Aidil Akbar.

Persiapan Live bersama kak Aidil Akbar

Senang sekali rasanya bisa turut serta hadir dalam acara Live ini karena ini merupakan pengalaman pribadi saya selama mengikuti kegiatan Di rumah aja bareng FWD sekaligus ngobrol bareng secara langsung.

Pembahasan nya juga seperti yang sudah saya sampaikan diatas bagaimana cara mengelola keuangan di tengah pandemi seperti ini. Banyak hal yang membuat saya dulunya gak kepikiran menjadi kepikiran. 

Adanya program ini kita dapat dingatkan mengenai kesadaran masyarakat bahwa dampak dari wabah ini tidak hanya kesehatan. Banyak keluarga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar karena adanya pembatasan interaksi sosial yang kemudian berdampak pada keadaan ekonomi ataupun mental. “Kolaborasi Untuk Berbagi” FWD Life menghadirkan 
serangkaian informasi dan kegiatan yang dapat dinikmati seluruh orang dan juga memfasilitasi kita semua untuk bisa  terlibat untuk dapat berbagi yaitu Berbagi Bareng FWD.

Program kolaborasi berbagi yang dilakukan FWD bersama SOS Children’s Village Indonesia dimana kita sama-sama dapat merayakan kebaikan dan 
kebersamaan dengan menolong mereka yang kurang beruntung, terutama 
anak-anak selama pandemi ini. Indonesia ada lebih dari 4.500 anak di lebih dari 2.400 keluarga yang tersebar di 10 lokasi berbeda yang terkena dampak ini. Rata-rata satu keluarga membutuhkan Rp.1 juta per bulan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan dan kebersihan.

FWD Life berkolaborasi bersama SOS Children’s Village untuk membantu meningkatkan kesadaran akan 
kondisi kelompok yang kurang beruntung, terutama anak-anak, selama wabah virus corona. Dampak yang disebabkan oleh pandemi ini tidak hanya kesehatan, tetapi banyak keluarga yang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar karena pembatasan interaksi sosial yang berdampak pada keadaan ekonomi 
mereka.

Selain itu masih dalam kegiatan #BerbagiBarengFWD berkolaborasi dengan beberapa pihak, FWD Life 
akan mendistribusikan 20,000 Care Package untuk seluruh keluarga FWD Life – dari karyawan, tenaga pemasaran hingga nasabah – yang terdiri dari barang-barang kesehatan dan kebersihan seperti masker wajah dan hand sanitizer.

Kita juga dapat ikut program Berbagi bareng FWD ini untuk bisa berbagi melalui www.kitabisa.com/berbagibarengFWD.
Sekecil apapun akan sangat bermanfaat untuk banyak orang dan percayalah kebaikan akan mendapatkan balasan kebaikan juga oleh Allah. (By Rachmanita)




24 komentar

  1. Bagi kita yang eksisnya di media sosial memang hal ini perlu banget ... jangan gengsi atau turunkan gengsi.

    Oya, tips di atas oke banget, Mbak ... harus bisa diterapkan ya terutama di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  2. Lagi-lagi dana darurat memilki peran penting di masa sekarang, mudah-mudahan aja teman-teman semua punya dana darurat ya. Semoga juga selalu diberikan kemudahan dalam mencari rezeki

    BalasHapus
  3. Dana darurat memang pos keuangan yg super duper penting ya Mbaaa
    Pandemi ini beneran ngajarin kita untuk melek finansial.

    BalasHapus
  4. Lagi pandemi gini banyak yang terdampak secara finansial ya. Gengsian malah bakal nahan rejeki, Bahkan brand gerai kanan juga banyak yang buka lapak di pinggir jalan

    BalasHapus
  5. Semangat semuanya, iya sekarang pekerjaan yang bisa menghasilkan dilakukan asal halal, yang penting keuangan bisa tetap stabil ya..bagus banget financial talk Fwd ini, menginspirasi..

    BalasHapus
  6. iyah kalo sakit ga enak banget. kudu hati2 banget jaga kesehatan di masa pandemi ini biar resiko tertular bisa diminimalisir.
    program fwd bermanfaat banget ya

    BalasHapus
  7. Nggak pernah gengsi.. alhamdulillah ��
    Iya sbanyak apa pun harta nggak akan nikmat kalau sakit ya. Dan berbagi nggak akan mengurangi malah bertambah terus

    BalasHapus
  8. Aduh jangan sampai deh jaga gengsi hanya karena dengerin omongan orang, trus maksain beli ini itu yang akhirnya bikin kantong makin menipis. Hiks.
    Penting banget ya ada edukasi keuangan di masa pandemi seperti ini. Ada program berbaginya pula. Keren programnya FWD :)

    BalasHapus
  9. bismillah ya kak, insyaaallah kita semua bisa melewati masa-masa sulit yang dirasakan oleh semua manusia di muka bumi ini aamiin

    BalasHapus
  10. saya belajar banyak dari iG Live Streamingnya loh. waaah senang deh ternyata atur keuangan gak sesulit yg saya pikir

    BalasHapus
  11. Di tengah pandemi harus selalu belajar online begini yaa, kak..
    Jadi makin semangat...gak mantengin berita negatip melulu.

    Sehat-sehat selalu, kaka.

    BalasHapus
  12. Disaat kayak gini tuh yang paling penting bisa mengatur keuangan dengan baik, dan yang pasti kita juga harus bisa menghasilkan pendapatan juga dari rumah.

    BalasHapus
  13. Kolaborasi FWD dengan SOS Children's Village bagus juga ya. Apalagi dengan ngajakin warga berdonasi semoga bisa bantuin ya

    BalasHapus
  14. Dana darurat baru terasa manfaatnya kalau pas pandemi gini ya. Kemarin kemarin gak pernah punya dana darurat. Sekarang jadi kepikiran punya dana darurat. Tapinya bukan 30 persen penghasilan kali. Berat banget kayaknya.

    BalasHapus
  15. Iyap walaupun pandemi kyk gini pengeluaran yg gak Penting harus dijagabanget ya mba krn pemasukan agak berkurang, perlu bngt adanya Dana darurat

    BalasHapus
  16. Huhuu, dampak financial pas pamndemic begini menjadi rahasia umum dan dirasakan hampir semua oranng. Bener banget alhamdulillah meningkatkan hobi yang menghasilkan, mulai ngeblog lagi rajin buat nambah2 penghasilan. Semoga meski ditengah situasi kek gini tetep bisa berbagi seperti proogramnya FWD ini yang kece abis.

    BalasHapus
  17. Selama pandemi alur keuangan memang harus lebih diperketat ya, Mbak. Membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan semata

    BalasHapus
  18. pandemi memang ngga bisa dilihat enteng..banyak dampaknya yang tidak main - main, terutama dari segi keuangan. Semoga kita semua bisa menanganinya dengan baik

    BalasHapus
  19. Sebagai blogger yang mengawali tulisan-tulisan blog sebagai hobby untuk menyalurkan buah fikiran, cocok sekali bagi kita ya Mbak yang membuat hobby ngeblog ini malah bisa menambah penghasilan.

    BalasHapus
  20. Asyik ya bisa dapet ilmu lagi tentang pengelolaan keuangan, terutama di masa pandemi gini. Semua orang susah karena pendapatan berkurang, atau bahkan ga ada lagi. Harus ada prioritas ketika hendak membelanjakan uang.

    BalasHapus
  21. Bener sekali, masa pandemi kyk skrng bikin kita jd sadar bahwa mengelola keuangan dan juga yang namanya nikmat sehat itu penting yaa. Wah keeren FWD juga bikin gerakan donasi yang seru ya. Semoga bissa membantu yg membutuhkan khususnya anak2 yg terdampak pandemi

    BalasHapus
  22. Alhamdulilah ya mba tengah pa demi masih bosa upgrade ilmu finansial dan juga untuk donasi

    BalasHapus
  23. Seru ih temanya, perlu banget untuk masa sekarang... Program berbaginya juga keren deh...

    BalasHapus
  24. Setuju, sekecil apapun kepedulian kita akan bisa meringankan beban sesama. Seperti mengikuti program kemanusiaan Kolaborasi untuk Berbagi dari FWD ini

    BalasHapus