Sumber makanan Jamur Tiram yang enak berasal dari Hutan

Hallo Semuanya,

Berawal dari melakukan penghematan pengeluaran sehari-hari karena saat ini harga kebutuhan pokok semuanya naik kalau lagi ada di tukang sayur. Jadinya saya mulai mengurangi mengkonsumsi makanan yang modalnya lumayan mahal untuk dimasak dirumah. Apalagi sejak perawatan gigi juga jadinya lebih hati-hati untuk kurangi dan konsumsi daging dirumah.

Olahan Jamur Tiram yang bisa dikonsumsi Rumahan sebagai sumber pangan dari Hutan 
Hutan Sumber Pangan kita salah satunya Jamur Tiram ini

Indonesia memang kaya akan makanan yang sangat melimpah serta hutan dan pepohonan dengan tanah yang subur. Sehingga kalau ingat jaman dulu pas masih kecil saat bermain ke kebun rasanya hampir bisa makan, makanan yang ada dari pohon. Kekayaan kita di negara Indonesia ini mempunyai hutan sumber makanan dan hutan sumber pangan kita.

Pepohonan Hijau (Dokumen Pribadi) 
Adanya pepohonan dan hutan akan membuat lingkungan menjadi sejuk

Masih ingat saat jaman dahulu orang bekerja masih hanya dikebun untuk mengurus tanaman dan petani. Karena nenek saya sendiri dulunya memang petani dan mengurus kebun jadi mendapatkan bahan makanan melimpah saat jaman dahulu bisa dengan mudah saat pergi kehutan maupun kebun. Kalau istilahnya kebun itu sebenarnya hutan tapi tidak terlalu besar namun di isi dengan pepohonan yang bermacam-macam. Apalagi kalau saya dulu dari kecil tinggal di Kota Malang kalau main mampir dirumah saudara di Pujon atau Batu pasti panen hasil berkebun tersebut.

Salah satu bahan makanan yang memang kesukaan saya dan anak dengan bahan yang murah meriah bergizi juga enak adalah Jamur Tiram. Jamur Tiram saat ini memang banyak di perjual belikan sebagai lauk makanan dan sumber makanan yang berasal dari Hutan (makanan dari hutan /pangan dari hutan). 

Apabila kita berada di hutan sering kali di temui beberapa sumber makanan yang bisa dikonsumsi berasal dari Hutan ini salah satunya adalah Jamur Tiram. Untuk konsumsi dari hutan ini memang harus lebih teliti makanan Jamur ini. Karena memang tidak semua jamur aman untuk dikonsumsi ada beberapa yang memang jamur tersebut beracun. 

Manfaat mengkonsumsi Makanan Jamur Tiram antara lain:
💞 Meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung bahan aktif yang dapat membuat makrofag untuk bertugas melawan virus dan bakteri dalam tubuh
💞 Jamur Tiram ini juga bahannya rendah kolestrol sehingga dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh
💞 Sebagai makanan yang kaya akan vitamin terutama B3
💞 Salah satu makanan yang dapat mencegah penyakit kanker karena terdapat Kandungan betaglukan dan glikoprotein yang ada dalam jamur tiram dapat meningkatkan respons antikanker tubuh secara alami.
💞 Membuat kulit tubuh menjadi awet muda karena mengandung kolagen yang bagus untuk kulit

Jamur Tiram ini merupakan makanan sumber pangan dari Hutan yang tetap membuat kelestarian hutan tetap terjaga. Karena Jamur Tiram akan tumbuh pada pohon besar atau kayu besar dimana dengan mengambil jamur tiram dihutan tidak akan membuat hutan menjadi rusak. 

Berbagai manfaat dan rasa Jamur Tiram ini yang enak sekali berawal dari Hutan ini sehingga saat ini memang banyak orang yang melakukan Budi daya jamur ini karena permintaannya pasar yang cukup tinggi.

Olahan Makanan Jamur Tiram antara lain:
💞 Jamur Tiram Krispi Goreng Tepung : ini enak banget cara membuatnya juga cukup mudah hanya mencuci jamur tiram dengan air mengalir kemudian diberi telur yang dikocok atau air lalu diberi tepung dan di goreng. Ini kesukaan aku banget karena termasuk cemilan yang murah meriah dan enak. Bahkan nyemil jamur goreng ini biasanya aku lakukan kalau lagi malas makan sama nasi. Makan sama nasipun juga enak banget. 
💞 Jamur Tiram Tumis : membuat tumis jamur tiram ini cukup mudah hanya ditumis dengan bawang merah dan putih saja sudah enak loh. 
💞 Botok Jamur Tiram : untuk botok ini biasanya dicampur dengan tahu maupun kelapa dan dibungkus daun pisang kemudian dikukus. Ini juga enak banget loh jamur botok ini.

Serta ada banyak olahan lain yang dapat dikreasikan dengan Jamur Tiram. Namun harus perhatikan juga untuk penyimpanan jamur tiram ini hanya awet dalam kulkas paling lama sekitar 3hari saja. Karena warnanya lama kelamaan akan coklat dan layu biasanya saya kalau sudah seperti itu gak berani lagi mengkonsumsi nya.

Selain Jamur Tiram yang merupakan sumber pangan dari hutan. Sumber makanan lainnya yang berasal dari hutan yang bisa kita konsumsi sehari-hari antara lain:
💞 Daun Singkong
💞 Ubi-ubian
💞 Pisang
💞 Ontong Pisang
💞 Melinjo
💞 Belimbing Wuluh
💞 Buah Cheres
💞 Buah Arbei atau Mulberry

Dokumen Pribadi 
Buah Belimbing Wuluh juga sering ada di hutan

Serta ada banyak sekali sumber pangan hutan yang bisa kita dapatkan. Hutan juga sangat membantu untuk mencegah terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor, polusi udara maupun kelestarian lingkungan lainnya. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya pangan dengan hutan yang melimpah serta kesuburan tanah yang baik. Hampir semua makanan dari hutan memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan kita dan tubuh.

Hutan juga sebagai pewaris kita untuk kehidupan lebih baik generasi anak cucu kita kedepan. Yuk mari kita semua bisa menjaga kelestarian hutan kita dimulai dari diri sendiri atas kesadaran lingkungan. Pulihkan Indonesia seperti saat dahulu kala dengan gelar Gemah Ripah Loh Jinawi. Selamatkan Rimba Bumi kita bersama dengan WALHI) https://www.walhi.or.id
By Rachmanita)

 #PulihkanIndonesia #RimbaTerakhir #WALHIXBPN #HutanSumberPangan #BlogCompetitionSeries 

22 komentar

  1. waah kepikiran jamur ya, jamur memang berasal dari hutan, ada 9 jenis jamur lain yang juga gak kalah enak baut diolah Ra, coba deh mulai kita budidayakan

    BalasHapus
  2. Makanan bersumber jamur ini emang endeusss dan menyehatkan.
    Di Surabaya, ada resto yg piawai mengolah aneka jejamuran ini jadi makanan yg super duper enaqueee

    BalasHapus
  3. Maknyus, pengen coba kalau kapan-kapan keliatan seger banget

    BalasHapus
  4. Aku suka banget jamur tiram. Enak ya kalau kita tinggal dekat hutan yang kaya sumber pangan.

    BalasHapus
  5. Iya, aku juga suka jamur sebagai pengganti daging yang jadi pantanganku, rasanya enak, mirip daging ayam ya apalagi kalau ditumis yummii

    BalasHapus
  6. Wah, ini jamur tiram kesukaan di rumha. Bergizi dan harganya relatif murah
    Memnag hutan itu sumber pangan yang melimpah yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah saya sukanya dioseng dan dibuat jajur krispi sebagai cemilan. murah meriah. sekarang jg udah bs dibudidayakan di rumah kan ya

      Hapus
  7. Jamur memang paling enak diolah menjadi beragam masakan, nah...makanan khas Palembang yang namanya Tekwan paling enak kalau dicampur jamur. Tapi memang ada sebagian jamur berasal dari hutan, dan memang hutan menjadi surganya bahan pangan yang harus dijaga kelestariannya.

    BalasHapus
  8. Jadi ingat pengen nyoba olahan makanan jamur. Aku biasanua jamur tuh di goreng tepung atau bahan sop

    BalasHapus
  9. Aku inget waktu kecil sering di ajak teman2 main ke hutan nyari jamur tiram., jaman aku sd jamur tiram ini memang masih jarang yg jual, olahannya pun cuma di oseng, gak kaya sekarang bisa di goreng tepung yak

    BalasHapus
  10. Saya suka banget bikin jamur goreng tepung, enak... Ternyata banyak juga ya manfaatnya...

    BalasHapus
  11. Aku suka bikin mba pake tepung biar crispy gitu ntar ditambahin bubuk perasa biar tambah yummy atau lada hehehe

    BalasHapus
  12. Bahan dari Hutan tuh memang banyak banget! Aku yang tinggal di desa ya kerasa manfaat besarnya. Btw, suka jamur yang ditumis. Krispi juga enak sih

    BalasHapus
  13. Jamur kesukaan anak-anak. Gurihhhh bgt. Gurihnya ngalahin protein hewani bahkan.

    BalasHapus
  14. aku taunya saus tiram mba, kalo jamur tiram baru tau nih, enak ya mba kalo digoreng tepung gitu, crunchy yummy bikin nagih

    BalasHapus
  15. Jamur itu salah satu makanan favorit anak-anak di rumah. Mereka senang tumis jamur dan jamur yang digoreng menggunakan tepung bumbu.

    BalasHapus
  16. Jamur tiram ini fleksible. Digoreng pakai tepung enak banget, ditumis juga tetap lezat. Bergizi lagi..ah, jadi pengin masak jamur tiram :)

    BalasHapus
  17. Akupun Suka bnget mba Sama jamur tiram,, Paling enak d tumis itu lo,,, bener hutan hrs selalu dilindungi krn sumber pangan Dan jantung dunia

    BalasHapus
  18. Inget kemarin masak jamur tiram crispy. Anakku suka. Katanya mau metik langsung dari budi dayanya. Disini ada yg budi daya sih mba. Tp makin seru kayaknya kalau nemu di hutan.

    BalasHapus
  19. Hutan adalah rumah bagi sumber keanekaragaman hayati yang menyimpan begitu banyak jenis tanaman terutama pangan.

    BalasHapus
  20. Waah anakku suka banget nih sama jamur tiram ini. Biasanya dikasih tepung trus digoreng crispy

    BalasHapus
  21. Ini kesukaanku banget Mbak. Apalagi digoreng crispy, kriku!! enak banget. Mayan ya, buat ganti ayam goreng. Anak-anak juga suka banget.

    BalasHapus