Pengalaman berwisata ke Belitung berdua dengan anak Balita

Hallo Semuanyaaa,..

Beberapa waktu yang lalu tepatnya bulan November 2019 ini merupakan sebagai bulan cuti aku untuk nge blog.

Hehe iya kalian bisa lihat kan, postingan tulisan aku sangat sedikit sekali. Aku lebih banyak sibuk nge vlog dan bermain Instagram daripada nulis.

Tepatnya tanggal 15 sampai 17 November 2019 saya dan anak saya pergi ke Belitung. Kepergian wisata ini memang tidak serta merta sendiri melainkan dengan beberapa teman blogger lainnya seperti Mbak Travelerien, Kak Miswan, Kak Lidya, Kak Annie dan yang lainnya kurang lebih kita ber 12.

Sampai belitung
Jalan-jalan ke Belitung ini memang bukan di sponsori oleh pihak manapun, karena semua murni uang kita sendiri. Awalnya saya tertarik ingin berwisata ke Belitung saat melihat informasi dengan Tour Travel bernama Picniq Tour dari Kak Travelerien. Waktu itu aku lupa tepatnya kapan harganya 3hari 2malam di Belitung hanya 2.5juta saja sudah termasuk include Hotel, Makan, Tiket Pesawat dan juga wisata lainnya seperti snorkling.

Narsis dulu foto sama pesawat
Lalu, saya coba bertanya kalau membawa anak usia dibawah 2tahun apakah bisa? Waktu itu saya dibolehin bawa anak jadinya hanya membayar tiket pesawat saja kalau dibawah 2tahun. Karena memakai penerbangan Air Asia jadi hanya menambah kurang lebih 450rb saja.

Awalnya memang ragu untuk wisata berdua saja dengan anak apalagi anak saya usianya baru 23bulan saat itu belum genap 2tahun. Namun daripada hanya saya yang senang-senang sendiri jadinya saya memutuskan membawa anak saya sekalian meningkatkan bonding antara saya dan anak saya.

Beberapa hal yang perlu disiapkan saat wisata bersama anak balita antara lain:
💕  Siapkan popok atau diapers seperlunya jangan membawa terlalu banyak maupun terlalu sedikit sehingga kita bisa mengira-ngira misal sehari memakai kurang lebih 5 atau 6 jadi kalau 3hari membawa 15popok kurang lebih.
💕 Siapkan tas koper dan tas yang di tenteng dibawa kemana mana sama anak. Kalau di tas yang saya tenteng selalu saya bawa popok, baju ganti anak, susu, cemilan, dompet dan kedua HP saya.
💕 Jangan lupa membawa sunblok untuk ibu dan anak saya sendiri memakai Nivea yang SPF nya 33PA ++ yang dapat di oleskan kebadan setiap 3jam sekali
💕 Siapkan keresek kecil dan tisu basah selalu di tas karena sebagai jaga-jaga anak akan eek atau buang air besar

Sebelumnyaa saya sendiri sudah pernah ke Belitung sebelumnya dengan teman kantor lama saat tahun 2015. Saat belom punya anak tentunya. Waktu itu wisatanya masih sangat singkat 2hari 1 malam saja. Kilat hanya sabtu minggu karena seninnya kita kembali kerja lagi.

Enaknya berwisata dengan Tour Travel kita hanya perlu membawa koper saja, karena sampai bandara juga kita di jemput oleh salah seorang anak buah dari yang punya Tour Travelnya Kak Jefry.

Day 1 di Belitung

Hari Jumat sore kita berangkat menuju bandara Tanjung Pandan Belitung. Karena keberangkatan dari Jakarta sudah lumayan sore jadinya sampai di Tanjung Pandang saat Magrib sekitar pukul 7malam sepertinya.
Waktu itu kita langsung makan malam di Resto WanBie dengan makan dengan cara Bedulang atau makan secara adat khas Belitung.

Makan di Restoran Wana Bie
Makanan yang disajikan juga enak sekali, tradisinya disana yang muda melayani yanh tua saat di meja makan untuk memberikan kesempatan yang tua untuk mengambil makanan lauk terlebih dahulu.

Lauk Pauk Makanannya

Spot Foto Kece
Lanjut setelah makan malam kita mampir dikedai kopi khas Belitung. Waktu itu aku lupa namanya cafe nya apa karena saya ga langsung turun juga karena anak saya sudah mulai ngantuk dan menunggu teman-teman menghabiskan kopinya di cafe tersebut. Alasannya saya gak turun juga karena menghindari juga bau asap rokok untuk anak-anak apalagi kalau di Cafe. Jadi saya dan anak saya tetap di mobil Elf.

Bersama sikecil
Setelah semuanya selesai minum kopi akhirnya kita kembali ke Hotel. Perjalanan sepanjang jalan di Belitung sangat sepi dan lancar sekali karena waktu sudah menunjukkan pukul 9malam sudah sangat sepi sekali. Kita sampai di Hotel BW Inn Belitung untuk beristirahat dan mandi atau siap-siap untuk perjalanan hari berikutnya.

Day 2 di Belitung

Pagi hari kita mulai berangkat untuk wisata dari Hotel BW Inn Belitung ini, kita berangkat dari pukul 08.00. Sebelumnya ini kita sarapan di hotel juga dan membangunkan anakku juga untuk bangun lebih pagi di jam 6. Memandikan dia juga.
Awalnya memang agak drama ya membangunkan anak, namun saya bisikin ke dia untuk berwisata jalan2 dan seneng-seneng akhirnya dia bisa bangun pagi.

Sebelum berangkat wisata dari Hotel
Jadwal di hari ke2 ini sangat padat kita karena kita full diatas perahu, untuk pergi ke beberapa pulau yang ada dibelitung.

Sebelum naik perahu dan ganti sepatu
Sebelum berangkat kita mampir ke Warung dulu untuk membeli perlengkapan. Adapun beberapa barang yang saya beli untuk menunjang wisata dipantai antara lain:
💕 Topi Pantai untuk saya dan Anak saya
💕 Gantungan pelindung HP dari Air
💕 Pembalut wanita karena waktu itu saya sedang mens

Pulau yang kita kunjungi pertama kali adalah Pulau Lengkuas dimana pulau ini punya mercusuar gitu. Lanjut makan siang di Pulau Kapayang dimana pulau ini isinya itu adalah tempat makan dan tempat bilas.

Pulau Lengkuas
Lalu kita mengunjungi Pulau Kalayang dan Tanjung Kalayang ini. Di dalam pulau Kalayang ini terdapat Goa juga loh, karena waktu itu saya agak lelah gendong-gendong anak jadinya enggak sempet masuk Goa.

Pulau Kalayang
Saat sore hari setelah kembali ke mobil diparkiran setelah mengunjungi pulau tersebut dengan naik Perahu kita lanjut ke Pantai Tanjung Tinggi (Pantai Laskar Pelangi) dimana pantai ini merupakan pantai yang digunakan untuk lokasi syuting film Laskar Pelangi.

Pantai Laskar Pelangi
Wisata hari ke2 ini sangat melelahkan sekali karena banyak pulau yang kita kunjungi dengan naik turun dari Perahu. Ada dramanya juga sih anakku nangis saat di gendong orang lain saat turun dari Perahu. Hehehe itu wajar…

Menjelang Magrib Barulah kita berbelanja ke Pusat Oleh-oleh di Belitung. Waktu itu anak saya sempat kecapean juga jadinya saya tinggal di Mobil Elf saya titipkan dengan anak Mbak Lidya yang enggak turun dari Mobil.
Saya memang gak berbelanja banyak waktu itu hanya membeli baju anak saya dan cemilan sedikit.

Setelah itu waktu sudah menunjukkan malam kita kembali ke Hotel BW Inn di Belitung.

Day 3 di Belitung Wisata Mangrove Pulau Leebong dan Danau Kaolin

Hari terakhir kita adalah waktu pulang ke Jakarta yang pesawat nya memang jadwalnya sore hari.

Jadi saat wisata pun yang dimulai dari jam 8 lagi, kita harus sekalian check out dari hotel.
Saat itu kami kesiangan, jadi anak saya gak saya mandikan. Hehehe hanya saya saja yang mandi.

Waktu itu kita dipesankan juga untuk barang dikoper yang masuk bagasi itu, sebaiknya tidak dikeluarkan lagi karena kopernya ada di mobil yang berbeda. Jadinya saya menyiapkan baju ganti saya dan anak saya di tas saya sendiri… Tas tenteng warna ungu.. Oiya untuk tas yang kita bawa tenteng itu sebaiknya menggunakan tas yang anti air ya karena kita kan sehari-hari naik perahu.

Foto dengan Hutan Mangrove
Hari ke 3 ini saya jauh lebih tenang karena sebelumnya anak saya sudah eek atau buang air besar di jam 4pagi di Hotel. Hehehe maklum buat saya pribadi membawa anak kemana-mana paling rempong kalau eek…. Hehehe

Pukul 8 kita berangkat dari Hotel menuju Pulau Leebong. Sebelumnya saat menaiki perahu perjalanan ke Pulau Leebong kita mampir di Hutan Mangrove untuk berfoto-foto.

Setelah itu lanjut mampir di Pulau Pasir, nah pulau pasir ini seperti pulau tenggelam namun memang saat pasang air laut pulau ini seperti tenggelam. Untuk teman-teman lainnya memang turun ke Pulau Pasir tersebut tapi saya dan anak saya emang sengaja di perahu saja enggak turun karena gak mau baju terlalu basah apalagi nanti kita kebandara untuk pulang.

Di Pulau Pasir
Pulau Pasir ini ada beberapa mainan seperti ayunan, atau beberapa fasilitas seperti pantai pada umumnya. Nah disana teman-teman membuat video juga melalui Drone yang di shoot dari atas.. Karena saya dan anak saya gak ikut ya sudah hanya melihat pemandangan laut saja….

Setelah dari Pulau Pasir lalu kita ke Pulau Leebong. Kagum banget saat awal datang di Pulau Leebong ini kita dari Kapal di sambut ramah dengan para pegawainya sepertinya.

Pulau Lebong
Pulau Leebong ini sangat bersih dan cantik, ada beberapa Villa juga yang di tawarkan untuk menginap disini. Tempat cuci atau bilasnya juga sangat bersih loh, beda dengan pulau sebelumnya di hari ke 2.hehehe

Aku ngerasa nyaman aja di Pulau Leebong ini karena ada minimarket juga yang menjual oleh-oleh. Kebetulan saya berbelanja kaos lengan panjang untuk saya dan juga kaos anak-anak lagi untuk anak saya. Ada playgroundnya juga loh di Pulau Leebong ini.

Kita juga makan siang di Pulau Leebong ini dengan menu seafood yang sangat nikmat. Paling berkesan banget sih kalau di Belitung saya di Pulau Leebong ini. Pengen balik kesini rasanya….

Akhirnya pukul 3 kita kembali naik Perahu untuk lanjut ke Bandara. Waktu itu cuaca agak sedikit mendung dan gerimis gitu…. JaJadi sebelom ke Bandara kita mampir di Danau Kaolin di Belitung ini. Sekalian waktu itu ada penjual aksesori dari Batu Satam. Aku sendiri belanja kalung dan juga cincin… Hehehe

Danau Kaolin
Dan pukul 5 kita pergi kebandara Tanjung Pandan untuk kembali ke Jakarta……

Bener-bener Pengalamanku yang tak terlupakan bisa berwisata menikmati indahnya Belitung ini. Oiya aku juga selalu menyempatkan diri aku untuk nge VLOG biar moment ini gak terlupakan. Hehehe

Kalau di tanya repot gak wisata berdua sendiri bawa anak? Jawabnya enggak sih kan kita pakai tour travel dan juga ada teman-teman lainnya juga alhamdulillah pada membantu juga terkadang untuk membantu menjaga anak sebentar maupun nitip tas. Paling penting memang kita harus bisa memilih jasa tour travel yang terpecaya seperti Picnic Tour ini. (By Rachmanita)