Revolusi Industri Indonesia di dukung dengan Semarak Festival IKMA 2019 4.0

Hallo Semuanya, 

Sebagai konsumen salah satu contohnya kalau saya pribadi lebih sering menggunakan kosmetik atau skincare. Beberapa taun belakang ini makin marak brand kosmetik bermunculan baru dengan brand lokal. Ada banyak sekali pilihan yang ada dipasar saat ini. Kita sebagai konsumen bisa dengan mudah memilih yang sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit kita. 

Namun sebagai konsumen yang cerdas, saat kita mencoba brand atau merk baru apalagi kosmetik maupun skincare harus bisa melihat apa saja sertifikasinya yang sudah di resmikan dengan ijin BPOM maupun kehalalan-nya. Karena tidak semua kosmetik yang beredar dipasaran aman dan sudah mendapatkan ijin. Sehingga perlu adanya ijin untuk para pengusaha penggiat Industri saat ini supaya dapat memberikan kepercayaan penuh terhadap customer. 

Semarak Festival IKMA 4.0
Nah, beberapa waktu yang lalu tepatnya Rabu, 11 Desember 2019 saya hadir pada hari pertama di acara Semarak Festival IKMA 2019 Transformasi IKMA 4.0 yang berlokasi di Balai Kartini, Jakarta Selatan. Acara ini di hadiri langsung oleh Bapak Menteri Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian yang membuka acara dan Ibu Gati Wibawati Ningsih selaku Dirjen IKMA. Acara ini sendiri berlangsung antara tanggal 11 - 12 Desember 2019. 

Host acara
IKMA sendiri adalah singkatan dari Industri Kecil Menengah dan Aneka. Berkembangnya Industri ini dalam suatu negara tentunya dapat membantu perekonomian negara yang mana hal ini bisa di ibaratkan seperti Tulang Punggung atau Back Bone suatu negara. Karena dapat memberikan peluang lapangan pekerjaan yang banyak serta memberikan tingkat produktifitas peluang usaha yang dapat di eksport ke Luar Negeri kita. 

Bapak Meteri Perindustrian
Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah dan aneka (IKMA) kembali menyelenggarakan acara dengan tema “Semarak Festival IKMA”. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah dari Kemenperin untuk terus berupaya meningkatkan daya saing produk serta sumber daya manusia khususnya di sektor IKMA. 

Ini pas sesi pembuatan demo kopi
Adapun beberapa Industri baik PT maupun CV yang ikut serta dalam kegiatan ini mendapatkan penghargaan, Fasilitasi maupun sertifikasi untuk produk maupun usaha mereka dengan beberapa kategori. Kategori nya sendiri kurang lebih sejumlah 20 kategori. Banyak banget deh pokoknya... Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat membantu Industri untuk terus mengembangkan usahanya lebih maju dan pesat. 

Beberapa kategori nominasi penghargaan
Revolusi Industri saat ini berkembang Industri menjadi Industri 4.0. Industri 4.0 ini merupakan sebuah tekhnologi yang berbasis digital dimana sebuah tools yang bisa membantu dan mendukung agar industri bisa melakukan kegiatannya lebih efisien sehingga punya daya saing terbaik tidak hanya di Indonesia juga di luar negri. 

Salah satu penyerahan penghargaan
Salah satu contoh keberadaan Industri 4.0 yang banyak menyerap tenaga kerja adalah Ojek Online yang saat ini kita kenal. Serta beberapa E-commerce maupun Startup4Industry digital yang semakin berkembang pesat juga memudahkan kita untuk melakukan transaksi jual beli apa saja dimana saja dan kapan saja. Bahkan kita bisa dengan mudah juga untuk memulai usaha baru hanya membuka toko online di beberapa startup.

Hadirnya Revolusi Industri 4.0 ini merupakan suatu kemudahan serta adanya peluang untuk kita membangun usaha yang dapat menghasilkan. 

Kegiatan yang ada di Festival IKMA 2019
Pada kesempatan acara ini beberapa IKM juga mendapatkan penghargaan. Apa saja sih penghargaan yang ada dalam acara ini antara lain:
💕Penghargaan Startup4Industry, 
💕Penghargaan Lomba Desain Indonesia Footwear Creative Competition. 

Sedangkan untuk Pemberian Fasilitasi terdiri dari 
💕 Restrukturisasi Mesin dan Peralatan 
💕 Fasilitasi Sertifikasi Halal yang dilakukan secara simbolis
💕 Pemberian Fasilitasi Pengembangan Produk lainnya
💕 Bantuan Cetak Kemasan
💕 Fasilitasi Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)
💕Fasilitasi SNI baik Pakaian Bayi
💕Mainan Anak
💕Garam Konsumsi Beryodium dan Produk Elektronik;
💕Fasilitasi Sertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP)
💕Fasilitasi Sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP); 💕Fasilitasi Penerapan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB)
💕Fasilitasi Ijin Edar bagi IKM Kosmetik
💕 Fasilitasi Merek, Hak Cipta, desain industri
💕 Fasilitasi Test Report Mesin TTG.

Buat kamu pecinta kopi dan ada peluang untuk usaha kopi? Tenang donk karena dalam kesempatan acara iniDitjen IKMA juga akan Fasilitasi untuk Pengembangan SDM seperti Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Kerja Barista, Pakaian Jadi, Teknis Reparasi AC dan Finishing Mebel Kayu. Seperti dalam kesempatan acara kemarin juga di demokan bagaimana cara pembuatan kopi juga loh. Seru banget… 

Semua Industri dalam kesempatan rangkaian acara Transformasi IKMA 4.0 sudah sangat lengkap hampir semua kategori ada. Coba cek dan ricek kira-kira niatan kamu akan memulai usaha apa ya siapa tau nanti tahun depan kamu sudah bisa mengembangkan industri usaha kamu sendiri loh..

Penyerahan penghargaan
Harapan dengan adanya program “Transformasi menuju IKMA 4.0”, diharapkan pula Indonesia semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan meningkatkan daya saingnya melalui kompetisi, fasilitasi dan sertifikasi untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Siapa tau setelah ini kamu yang membuka peluang Industri nya sendiri ya?... Hehe…

Bazar peserta IKMA 4.0
Selain itu yang tak kalah menarik dalam acaranya ini ada beberapa talkshow dengan berbagai macam jenis Industri maupun usaha. Serta ada pameran atau bazar juga loh dari IKM yang ikut serta ini. Jadi kita bisa langsung berbelanja beberapa produk yang di jual dari Industri Usaha yang ikut acara ini.  (By Rachmanita) 

18 komentar

  1. aku tu ga paham revolusi industry mbak tapi atasan aku sering nyebut2 hahahaa kapan2 aku mau browsing ah biar paham, btw kain di foto terakhir bagus banget ya motifnya

    BalasHapus
  2. waa aku kurang paham nih kalo ngomongin resolusi industri ehhe, barusan baca ternyata banyak juga ya mbak fasilitas yang diberikan, semoga segala sesuatunya lncar dan sesuai yang diharapkan <3

    BalasHapus
  3. semoga saja program Transformasi menuju IKMA 4.0 dapat berjalan dengan sukses yaa, dan bisa membuat Industri Indonesia semakin maju

    BalasHapus
  4. Wahhh setidaknya nambah info nih hihi sebelumnya blm terlalu paham ttg hal kaya gini mbak. Informatif maksi bnyakkkk

    BalasHapus
  5. Si ibu satu ini rajin banget ya ikut acara2 seminar berfaedah. 🤭

    BalasHapus
  6. Waah baru tau nih aku seputar revolusi industri ternyata dengan adanya Revolusi Industri 4.0 ini memudahkan para startup juga yaa

    BalasHapus
  7. Emang sekarang itu banyak banget ya brand skin care dan kosmetik baru2. Harus cermat bgt sebagai konsumen. Btw, adanya meriah bgt ya.

    BalasHapus
  8. super seru banget nih mbak event yang ngebahas tentang revolusi industri di Indonesia jadi banyak nimba ilmu baru aku jadi pengen ikut event begini huhu

    BalasHapus
  9. IKMA ini bedanya dengan UMKM apa mbak? Sepertinya hampir mirip2 gtu ya hehe. Sekarang kyknya makin banyak yg mendorong masyarakkt bikin usaha salah satunya dikasi penawaran dan fasilitas yang menarik yaa

    BalasHapus
  10. Sekarang ini ya, revolusi 4.0 sudah menembus segala bidang. Sebab memang iya, harus. Kalo gak begitu, bakalan gak bisa bertahan deh dalam persaingannya. Keren!

    BalasHapus
  11. Sebagai yang kerja di bidang industri kreatif kerasa banget kok perkembangannya sekarang udah makin banyak. Aku sih optimis Indonesia semakin siap menghadapi era revolusi industri 4.0

    BalasHapus
  12. Senang sekali ya kini sektor industri menengah mendapat perhatian luar biasa dari pemerintah. Memang sudah selayaknya diberikan fasilitas dan dukungan agar para penggerak industri tersebut bisa terus bersaing hingga ke ranah mancanegara.

    BalasHapus
  13. Optimis banget nih Indonesia siap menghadapi revolusi industri 4.0. Indonesia siap bersaing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salut yaaa. Ojek online yg sangat membantu kita memberikan banyak bantuan nyata di kehidupan sehari². Butuh ini itu bisa dibelikan ojol. Kesana ke sini diantar ojol

      Hapus
  14. Banyak banget kategori yang difasilitasi. Semoga makin banyak UMKM yang berkembang dan juga bisa memfasilitasi banyak bisnis baru di Indonesia.

    BalasHapus
  15. Selamat datang revolusi 4.0 Optimis Indonesia bisa menghadapi tantangan ini dan semoga banyak UMKM yang juga mendukung hal ini :))

    BalasHapus
  16. Makin banyak UMKM yang berkembang ya mudah2an akan semakin banyak terus dan terus UMKM INdonesia bermunculan dan sukses, aamiin.

    BalasHapus