Pentingya berbagi dan peduli sesama dengan dukungan #SemangatIndonesia Rumah Zakat

Hallo Semuanya,


Semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu yah. Tetap semangat dan pastinya semangat merdeka untuk kita semua. Walaupun masih pandemi ini kita harus yakin bisa melewati nya semua ini dan berkerjasama dalam membantu menangani hal ini.



Bulan Agustus tak terasa sudah menjadi bulan ke 8 dalam tahun 2021 ini yang masih dalam pandemi berlangsung PPKM seperti ini. Apalagi bulan Agustus merupakan bulan yang bersejarah buat negara Indonesia dalam rangka menyambut HUT RI ke-76 kita Merdeka.


Jujur, pandemi ini memang mempunyai dampak dari berbagai macam aspek. Mulai dari aspek ekonomi, pendidikan dan berbagai macam karena semua terbatas kegiatan yang banyak dilakukan dirumah. Tentunya kita bisa saling menguatkan satu sama lain untuk bisa mensupport. Karena kita harus yakin semua ujian pasti akan berlalu. Seperti semangat merdeka dikala 76 tahun silam para pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan.



Melawan pandemi ini tentunya dibutuhkan gotong royong dan tentunya saling bantu membantu satu sama yang lain. Tetap harus bisa positif thinking dan menjalankan protokol kesehatan yang ada seperti memakai masker saat keluar rumah, vaksin, dan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan rumah. Kebaikan kecil bisa kita lakukan dengan orang tedekat dilingkungan kita mulai dari keluarga sebagai seorang ibu menjaga kesehatan sikecil dan juga suami dan saudara untuk saling mengingatkan dan membantu.



Bahkan saya sendiri kalau misal ada tetangga atau orang sekitar yang sedang kesusahan misalkan dia berjualan yang sepi untuk menopang hidupnya terkadang masih kepikiran bagaimana bisa membantunya. Terlebih buat kita yang diberikan nikmat sehat, mempunyai pekerjaan dan masih memiliki tempat tinggal tentunya suatu anugerah yang harus kita syukuri.



Memang rasanya terkadang berat buat bisa berbagi kepada sesama di tengah kita sendiri yang juga punya kesusahan. Tapi dengan membiasakan diri untuk bisa peduli kepada sesama tentunya mempunyai banyak manfaat untuk kita sendiri. Karena segala perbuatan kebaikan yang kita lakukan tentunya akan di balas dikemudian hari. Entah itu dibalas didunia maupun di akhirat. 


Pandemi ini memang sudah berlangsung cukup lama kurang lebih sudah hampir 1tahun. Tentunya kita ingin bisa hidup normal lagi seperti waktu dahulu di tahun 2019 yah. Pastinya kita harus optimis dan gotong royong supaya ini segera berakhir.


Bertepatan dengan mendekati hari Merdeka Negara Indonesia 17 Agustus 2021 Rumah Zakat meluncurkan gerakan #SemangatIndonesia Bersama Kita Hadapi Corona, Senin (16/8/2021) yang dilaksanakan secara Zoom pada pukul 10.00 - 12.00 dengan dihadiri oleh media maupun blogger.


Pentingnya berbagi kepada sesama sebagai bentuk kepedulian dan dukungan supaya pandemi ini segera berakhir. Apalagi kita juga bisa dimudahkan untuk bisa membantu sesama dengan donasi melalui Rumah Zakat yang terpercaya untuk bisa menyalurkan ke tepat sasaran dengan orang sekitar yang terdampak. Bantuan sekecil apapun dari kita tentunya sangat berarti buat orang lain yang membutuhkan. Bahkan membantu sesama sekecil apapun juga dapat menghindarkan kita dari berbagai macam musibah, bala dan sebagainya.


Bersama dengan Rumah Zakat yang turut serta memberikan #SemangatIndonesia dalam acara ini yang diluncurkan dengan tujuan sebagai sebuah gerakan dalam membangun optimisme masyarakat bahwa suatu hari nanti Indonesia pasti bisa bebas dari Corona. 



Adapun peluncuran gerakan ini juga ditandai dengan peresmian kegiatan lainnya antara lain:

❤️ Crisis Centre Rumah Zakat yang bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

❤️ Cara untuk mengakses Crisis Centre Rumah Zakat adalah melalui https://linktr.ee/CrisisCentreRZ


Membantu sesama tentunya saat ini bisa kita lakukan dirumah karena kita sudah dimudahkan dengan lembaga terpercaya melalui Rumah Zakat. Pada kesempatan ini di jelaskan juga dalam zoom SemangatIndonesia menghadapi Corona ini ada lima layanan yang diberikan oleh Crisis Centre Rumah Zakat, diantaranya antara lain :

🍓ambulans gratis

🍓pinjam tabung oksigen

🍓Sembako Isoman

🍓telekonsultasi

🍓bantuan UMKM


CEO Rumah Zakat Nur Efendi menjelaskan pada kesempatan tersebut bahwa Crisis Centre ini terselenggara berkat dukungan dari para donatur dan mitra kolaborasi. Untuk sementara Crisis Centre Rumah Zakat baru melayani masyarakat terdampak pandemi di 10 kota. Semoga ke depannya kita bisa buka di lebih banyak kota. Masya Allah tabarakallah luar biasa bantuan dari donatur yang membantu kebaikan tersebut sangat di apresiasi dalam membantu pandemi ini.



Adapun program lainnya di Rumah Zakat yang tentunya membantu dalam menangani Corona dan pandemi ini selain Crisis Centre, Rumah Zakat juga merilis program Santunan Yatim Dhuafa, khususnya bagi yatim yang ditinggal orang tuanya akibat Covid-19 dengan memberikan paket bantuan keluarga, santunan, dan atau beasiswa. Selain itu ada pula program pemberdayaan dan stimulus ekonomi (UMKM) dengan menyediakan sembako keluarga, borong berbagi, dapur berdaya, hingga bantuan modal.


Karena banyak orang yang terdampak karena Corona ini tidak hanya yang sakit saja, tetapi orang yang berjualan dan pertumbuhan ekonomi yang harus tetap diselamatkan untuk kemajuan negara Indonesia.


Menariknya lagi sampai saat ini Rumah Zakat telah mendampingi kurang lebih ada 1.204 UMKM  dan juga terdapat 2.243 UMKM penerima manfaat program Borong Berbagi, yakni mendapatkan bantuan dengan memborong dagangannya untuk kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Keren banget kan!


Bahkan hingga saat ini bersama mitra Rumah Zakat telah membantu 967.248 penerima manfaat program respon Covid-19 di 250 kota/kabupaten di 27 provinsi dengan menurunkan 3.948 relawan. 


Tentunya Rumah Zakat sebagai lembaga yang telah terpercaya dalam menyalurkan bantuan tersebut sangat berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan amanahnya.


Segala perbuatan tentu akan mendapatkan berkahnya. Hal ini seperti halnya dikatakan oleh Bapak Nur Efendi yang berharap Semoga apa yang kita lakukan saat ini diberkahi oleh Allah SWT, dan menjadi ikhtiar dalam upaya agar Indonesia dapat segera terbebas dari Covid-19.


Kalau mereka bisa membantu kenapa kita tidak? Karena berbagi kepada sesama tentunya hasil dan manfaatnya dapat kita nikmati dikemudian hari. Seperti yang pepatah katakan apa yang kita tuai itu yang kita tabur. Menabung kebaikan demi keberlangsungan masa depan bersama Rumah Zakat. Selengkapnya yuk gabung donasi Rumah Zakat. (By Adindarara Rachmanita)

21 komentar

  1. Betul Rara, apa yang kita tuai itu yang kita tabur,
    banyak berbuat kebaikan dan sedekah bisa memperbanyak amal ibadah sekaligus rejeki ya

    BalasHapus
  2. Rumah Zakat selalu dengan programnya yang keren dan membantu pada sesama. Aku pernah merasakan bantuannya saat kecelakaan lalin, kebetulan ada tetangga pengurus di sana.Ambulance, tabung oksigen, dll selalu siap sedia dikala ada yg membutuhkan.
    Semoga berkah buat semuanya yang berdonasi, apalagi di tengah pandemi begini, saling membantu semampunya.

    BalasHapus
  3. program yang terdapat dalam rumah zakat bagus sekali karena mengingatkan kita untuk berbagi pada saudara dan sesama

    BalasHapus
  4. Rumah zakat dapat memfasilitasi kita utk berbagi pada sesama, walau pandemi masih melanda negeri tapi semangat juang utk berbagi dan bergandengan tangan tetap kuat.

    BalasHapus
  5. Setuju banget, untuk melewati pandemi ini kita tidak bisa sendiri-sendiri. harus gotong-royong sama-sama. Saling mwmbantu dan mendukung satu sama lain. Melalui banyak program yang sering kita lakukan seperti zakat, berbagi dengan sesama, sedekah, bantuan, dan lain-lain. Semoga kita bisa sama-sama bangkit dan berhasil melewati pandemi.

    BalasHapus
  6. Pada dasarnya yang namanya saling tolong menolong tentunya penting banget dalam kehidupan ini. Mendonasikan harta kita adalah salah satu bentuk dalam hal tolong menolong. Tentunya di masa pandemi pun juga kita bisa ikutan untuk menolong mereka yg memerlukan ya dengan menjadi donatur di Rumah Zakat.

    BalasHapus
  7. Program yang sangat bagus, bahu membahu membantu sesama yang kesulitan. Semoga dengan gerakan mulia tersebut, banyak orang yang mengalami kesusahan akibat pandemi bisa terselamatkan. Kita yang mampu, bisa turut bantu dengan donasi lewat Rumah Zakat ya 😊

    BalasHapus
  8. Bermanfaat banget ikut sebenarnya ya jadi tergerak untuk lebih banyak lagi membantu sesama di masa sulit ini jadi nggak terpaku dengan kesulitan kita sendiri

    BalasHapus
  9. Salut banget dengan programnya Rumah Zakat dan layanan krisis Center nya selama Corona. Apalagi tabung oksigen yang sempat langka, dengan meminjamkan oksigen seperti itu memudahkan para pasien yang membutuhkan.

    BalasHapus
  10. Programnya rumah zakat ni bagus2 banget. Deket rumahku ada rumah bersalin dr rumah zakat lumayan besar dan lengkap fasilitasnya sangat membantu banget buat buat keluarga yg kurang mamlu krn beneran gratis tis

    BalasHapus
  11. Inilah ya manfaat zakat sebenarnya. Bisa membantu hidup orang banyak. Islam itu indah ya, semua yang dibuat aturannya kembali untuk mensejahterakan dan menyelamatkan kita umatnya.

    BalasHapus
  12. Bener, aku selalu beli ditetanggaku sekalian membantu mbak. Biasanya yg ke supermarket atau minimarket sekarang selalu belanja jualan tetangga

    BalasHapus
  13. Lembaga filantropi seperti ini sangat membantu dan sigap dlm mengulurkan bantuan . Semoga semangat saling berbagi nya itu bisa di sebarkan kpd masyarakat dan harus optimis Indonesia kan kembali pulih

    BalasHapus
  14. Wah udah hampir 1 juta orang terbantu dari rumah zakat ini ya. Bisa dibilang rumah zakat ini pemain lawas dibidang bantuan untuk masyarakat, udah terkenal kredibilitasnya

    BalasHapus
  15. ah luar biasa ya mbak, manfaat dari berbagi ini
    emang g akan pernah merugi orang orang yang ikhlas berbagi

    BalasHapus
  16. SAlut untuk Rumah Zakat dengan semua program berbagi dan peduli sesama juga Crisis Centernya, semoga makin meluas di berbagai kota sehingga banyak yang akan terbantu nantinya

    BalasHapus
  17. Semoga program-program di Rumah Zakat ini tambah berkah dan bisa banyak membantu masyarakat. Hal kaya gini wajib didukung apalagi jika kita punya rezeki lebih

    BalasHapus
  18. salut dengan berbagai program rumah zakt ini ya Mak, gerobak borong itu program yang sangat membantu UMKM di masa pendemi kayak gini. kalo di kantor kadang aku juga suka beli sama penjual yang suka datang, gak bisa beli banyak yah pokknya dibeli aja, apa aja deh, seringnya sih makanan buat camilan bersama

    BalasHapus
  19. Rumah Zakat selalu ada di garda terdepan dalam urusan membantu dengan aski sosial dan program-programnya.
    Salut banget, terutama untuk para relawan RZ.

    BalasHapus
  20. Rumah Zakat ini mungkin ya salah satu inspirasi berbagi zaman sekarang yg dilakukan perbaikan individu. Semoga selalu ada buat masyarakat Indonesia, salam takzim saya buat semua relawan Rumah Zakat :)

    BalasHapus
  21. rumah zakat memang lembaga yg tepercaya memegang amanah untuk kegiatan zakat, infak dan shodaqoh. Programnya juga banyak sehingga memberi kesempatan kita untuk berderma, kebahagiaan sebagai manausia memang yang bermnafaat untuk umat, huhu

    BalasHapus