Solusi Open Finance Finantier sebagai Platform untuk analisa Jejak Digital yang tidak memiliki Rekening Bank #FinantierForBetterFuture

Hallo Semuanya,


Berkembangnya era digital saat ini dan semakin banyaknya UMKM yang ada di Indonesia, ternyata tidak semua masyarakat Indonesia mempunyai Rekening Bank. Terlebih ternyata UMKM dibeberapa daerah juga ada beberapa yang memang tidak memiliki Rekening Bank dan hanya menggunakan Dompet Digital saja. 


Hal ini sebenarnya cukup merepotkan dari beberapa pihak termasuk Bank maupun Fintech P2P apalagi saat orang tersebut atau UMKM membutuhkan biaya pendanaan untuk melakukan kredit usaha. Karena proses pemberian kredit melalui Bank maupun Fintech memang diperlukan analisa dan riwayat yang ada kemampuan dia nantinya. 


Apalagi ternyata saat ini masih ada juga loh orang yang tidak memiliki rekening di Bank namun punya rekening secara online di dompet digital dengan keuangan yang baik.



Sehingga saat ini apalagi sudah berkembang era digital seperti ini, hingga terus sekali adanya analisa aset digital dari orang tersebut, sangat penting sekali bisa melihat financial seseorang jaman sekarang bisa dilihat dari aset digital nya juga. Karena masih banyak orang yang bisa melakukan kegiatan digital  setiap detik saat orang terhubung dengan internet, dari preferensi pembelian barang di marketplace hingga jejak pencarian di search engine.


Sebenarnya data jejak digital tersebut bisa dimanfaatkan secara efisien oleh perusahaan seperti Bank, Fintech , Pinjaman P2P dalam memberikan pinjaman untuk UMKM yang tidak memiliki riwayat di Bank untuk dilakukan analisa tapi hanya mempunyai rekening dompet digital. 


Karena memang saat ini banyak sekali di era saat ini orang yang mempunyai pekerjaan pengangguran keliatannya namun mempunyai penghasilan dari bekerja didunia digital yang hal ini sebagai salah satu contohnya tidak mempunyai riwayat keuangan Bank di Indonesia namun punya riwayat di Jejak digital yang dapat menghasilkan.


Sehingga Open Finance ini merupakan solusi yang dapat memudahkan fintech platform dan lembaga keuangan lainnya untuk lebih memahami konsumen dan meningkatkan akses keuangan bagi mereka, khususnya yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia.


Apa sih Open Finance itu?

Open Finance sendiri merupakan pertukaran data keuangan konsumen yang disetujui dan diamankan antara lembaga keuangan, guna menghubungkan kumpulan data tersebut dengan kumpulan data lainnya. Hal ini memungkinkan data pribadi kita diproses dengan cara yang menguntungkan.


Seperti halnya saat kita memberikan data pribadi kita ke beberapa platform keuangan, informasi data tersebut yang dikumpulkan sebenarnya tidak semata-mata dapat menguntungkan konsumen. Karena  data kita disimpan secara tertutup dan dapat menimbulkan masalah yang tidak memiliki gambaran menyeluruh tentang identitas digital kita. Keterbatasan akses data pun akan menjadi kendala dikarenakan kurangnya informasi pribadi kita. 


Sehingga solusi dari permasalahan ini adalah Open Finance dengan memanfaatkan data diri kita sendiri dari jejak digital.


Keuntungan Open Finance :

⭐ Verifikasi Identitas milik Finantier,  dapat mengumpulkan data lebih dari 95% platform keuangan di Indonesia untuk memungkinkan perusahaan memverifikasi identitas penggunanya dengan cara yang lebih cepat dan efisien

⭐ Produk ini pun dapat membantu perusahaan untuk memvalidasi identitas konsumen yang tidak memiliki rekening bank dengan mengakses data platform keuangan alternatif seperti pemberi pinjaman P2P. 

⭐ Memudahkan konsumen untuk mengakses layanan keuangan yang sebelumnya hanya tersedia bagi mereka yang memiliki rekening bank

⭐ Adanya produk Credit Scoring Finantier juga memungkinkan berbagai platform keuangan untuk dapat mengukur kemampuan pengguna layanan untuk melakukan pembayaran kembali.


Indonesia memiliki salah satu konsentrasi UMKM tertinggi di dunia. Bagaimana kita dapat menyediakan layanan keuangan yang diperlukan dengan lebih baik untuk mendukung pertumbuhan mereka? (Kredit Gambar: Oliver Wyman)


Negara kita Indonesia memiliki UMKM terbesar dimana banyak dari mereka yang masih mempunyai kesulitan dalam mengembangkan usahanya dalam mendapatkan modal karena salah satunya tidak memiliki riwayat rekening bank namun hanya ada rekening dompet digital sebagai contohnya. Sehingga dengan adanya Finantier ini bisa memberikan Verifikasi Identitas bank dalam memberikan kredit untuk dapat mengakses data orang tersebut dari aplikasi dompet digital sebagai pemeriksaan identitas datanya sebelum memproses pinjaman.


Finantier’s credit scoring model bridges this information gap, allowing banks and incumbent financial institutions to offer financial services for the unbanked in Indonesia.


Sehingga Model Produk Credit Scoring ini mampu menjembatani kesenjangan informasi yang memungkinkan bank dan lembaga keuangan lainnya menawarkan layanan keuangan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia.

-------


Open Finance merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam mewujudkan inklusi keuangan terutama dalam membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara kita termasuk UMKM yang bisa sebagai jembatan dalam memberikan informasi untuk proses pembiayaan.



Hal ini juga dapat membantu pemerintah - melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) - telah bekerja keras untuk mengatasi kesenjangan ekonomi di Indonesia yang semakin meningkat untuk menjadi lebih baik.

Jadi kalau UMKM nya maju Negara juga maju tentunya perekonomian nya.

Finantier hadir memungkinkan perusahaan maupun lembaga keuangan lainnya mampu untuk menciptakan kemajuan pertumbuhan ekonomi secara signifikan bagi seluruh penduduk di Indonesia. 


Finantier juga lagi bagi-bagi hadiah loh. Kalian bisa dapat hadiah jutaan rupiah..Caranya? Ada infonya dibawah yah.




Nah, buat kamu yang tertarik membahas hal ini lebih detail lagi di blog maupun social media kalian juga bisa ikutan blog competition Finantier dengan sumber informasi materi berikut ini  http://bit.ly/FinantierForBetterFuture

Setelah itu jangan lupa isi form pendaftaran lombanya supaya tulisan kalian masuk dan bisa jadi pemenangnya.

http://bit.ly/FinantierBlogCompetition21

(By Rachmanita Adindarara)




23 komentar

  1. saat ini ada begitu banyak mekanisme dan platform digital yang tersedia ya mba. I feel like I need to learn more about it sebelum menetapkan pilihan

    BalasHapus
  2. Saya perlu mempelajari lagi soal Finantier ini ... sedang ada lomba blognya ya ... mungkin bisa jadi ajang belajar juga ya sekalian ikut lomba

    BalasHapus
  3. aku nih masih mau cari info2 lagi tentang finantier Ra. biar ilmunya kupahami dulu. dirimmu kece ih udah paham ajaaa >.<

    BalasHapus
  4. Aku baru tau nih Open Finance Finantier. Membantu banget jadinya ya buat para pelaku UMKM yang ingin mendapatkan modal buat bisnisnya tapi tidak memiliki riwayat rek bank.

    BalasHapus
  5. Ini juga memudahkan buat orang yang males buka rekening baru, ya. Aku ada beberapa akun dompet digital, tapi rekening bank cuma satu. Buat yang melek informasi kayak kita aja emang lebih suka yang praktis buat buka akun di e-wallet. Nah kalau ada aplikasi ini jadi memudahkan pelaku UMKM yang ogah ribet ngurus pembukaan rekening

    BalasHapus
  6. Membacanya halus pelan dan dicerna dengan baik, dan aku baru tahu soal Open Finance Finantier, yang jelas kehadirannya bisa membantu UMKM dan semoga saja bisa diterapkan langsung.

    BalasHapus
  7. Finantier, sangat membantu ya bagi yang butuh dana tapi nggak bisa ngajukan ke bank karena terkendala di persyaratan.

    Eh tapi bener lho, di sini aja, banyak tetanggaku yang nggak punya rekening bank. Jadi saya kadang dapat titipan buat mentransferkan uang buat anak/sodara, kadang dapat titipan juga buat terima transferan buat mereka

    BalasHapus
  8. Iya sih. Kebanyakan UKM itu tak punya jejak keuangan karena metode pembelanjaan bahan dan penjualan secara langsung. Bahkan iya, tidak punya rekening bank. Finantier menjadi solusi banget ya.

    BalasHapus
  9. Sebenarnya belum begitu paham nih tentang Finantier. Tp seenggaknya UMKM pun memang harus punya rekening sih di bank

    BalasHapus
  10. Mah iya mungkin banyak yang nggah ngeh kalau banyak loh masih banyak yang ga ada rekening bank. Dengan adanya ini jadinya ngebantu banget

    BalasHapus
  11. Betul sekali, Open Finance ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk semua Pihak. Bagi Pelaku usaha UMKM terutama, karena akan lebih mempercepat proses verifikasi juga ya.

    BalasHapus
  12. Bener banget deh banyak yang ngga bekerja dan tanpa monthly salary tapi sebenarnya punya penghasilan.

    BalasHapus
  13. woh ini menarik banget mba, aku sendiri termasuk umkm yang direct kerja langsung jadi ngga punya rekening khusus pekerjaan. aku baru tahu ada open finance ini, bagus banget terutama untuk umkm yang masih konvensional.

    BalasHapus
  14. Jd fungsinya kyk membantu lembaga yang suka memberi utang utk verifikasi data gtu ya? Apalagi buat mereka yang suka ngutang kemplang.
    Sehingga bisa lbh selektif dan terjamin bahwa yang butuh dana nih bisa dipercaya utk membayar kewajibannya, gtu ya mbak?

    BalasHapus
  15. Wohooo ada lomba blognya
    sip markosip nih Finantier
    bisa banget ikutan mumpung lebaran di rumah aja :D

    BalasHapus
  16. Ada lombanya juga ya menark nih bisa ikutan. Mumpung lagi cuti lebaran. Kerjaan ga banyak bisa ikutan

    BalasHapus
  17. Aku masih menyelami dulu ini tentang Open Finance Finantier ini Ra, hehehehee... Tapi menarik juga, jadi pengen tau lebih banyak lagi.

    BalasHapus
  18. Hmm jadi belajar finance lagi deh ini
    Soalnya mau ikutan lombanya
    Kali aja nyantol jadi pemenang

    BalasHapus
  19. wah harus belajar tentang finance nih, biar bisa ikutan lombanya dan jadi pemenang, hadiahnya bisa buat THR lebaran

    BalasHapus
  20. wah iya aku sering denger nih tentang penyalah gunaan dan penjualan data kita ya.. huhu. ngeriiiii.. aku baru denger nih tentang open finance finantier ini, kayanya lebih aman untuk data kita ya maaak

    BalasHapus
  21. umkm emang perlu tahu finance btw ya emang mak rara
    aku jadi pengen ikutan lombanya sapa tahu menang lumayan banget hadiahnya

    BalasHapus
  22. Iya nih kadang gak punya rekening tapi dompet digital tebal melimpah ruah

    BalasHapus
  23. Mba aku baru tahu tentang open finance finantier.jadi yang ga pnya rekening bank pun tetap bisa mengembangkan usaha UMKM nya gitukan ya intinya? Menarik nih ada lomba blog nya juga

    BalasHapus