Pentingnya membekali anak gemar membaca sejak dini (Buku: Bekal Anak Bertumbuh)

 Hallo Semuanya,


Semoga kita sehat selalu yah tentunya, apalagi ditengah pandemi seperti ini jujur aku sendiri banyak banget aktifitas berada dirumah. Sebagai moms yang memiliki anak tentunya ada banyak cara yang harus bisa kita lakukan supaya anak betah bermain dirumah dan tentunya membangun bonding bersama sikecil supaya tidak terlalu sering melihat gadget.


Walaupun saat ini anak-anak mulai gemar menonton video di gadget tentunya kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkan untuk tidak berlebihan dan tentunya menumbuhkan semangat dia bisa tetap gemar membaca. Apalagi saat anak masih bayi sebenarnya banyak hal yang kurang bermanfaat jika anak keseringan menonton video seperti permasalahan speach delay dan lain sebagainnya. Karena bagaimanapun juga membaca dapat melatih dia supaya lebih cerdas dan kreatif.







Menumbuhkan anak untuk bisa gemar membaca di era saat ini tentunya menjadi PR kita para orang tua. Namun jika ada kemauan pastinya ada jalan, salah satunya beberapa waktu yang lalu Selasa, 11 Mei 2021 bersama dengan Blogger Perempuan dan juga Let's Get Read saya mengikuti Zoom Live yang membahas tentang Buku: Bekal Anak Bertumbuh.

Acara ini sendiri berlangsung dari pukul 10.00 -12.00 dimana dihadiri oleh kita para blogger yang sangat antusias sekali dalam menyimak pembahasan tentang Let's Read Indonesia bersama foundernya yaitu ibu Roosie Setiawan.


Adapun pembahasan materi dari Zoom Buku Bekal anak Bertumbuh ini sendiri ada 2 sesi yaitu 

❤️Sesi 1 bersama dengan Tim dari The Asia Foundation Indonesia yang memperkenalkan tentang Let's Read dan The Asia Foundation 15'

❤️Sesi 2 Talk session bersama  Ibu Roosie Setiawan, Founder Reading Bugs, Penulis Buku Membaca Nyaring & Penggagas Komunitas Read Aloud 

Indonesia.


Pernah gak sih moms ngerasa dirumah sebagai mom milenial yang males buat punya buku fisik dirumah? Kalau aku jujur waktu tinggal dikontrakan waktu itu begitu. Apalagi kalau rumahnya dengan lahan terbatas pastinya bakal banyak numpuk sekali buku anak-anak yang gak ada habisnya dari setiap usia. Untung sekarang sudah ada aplikasi Lets Read secara digital jadinya lebih memudahkan kita para moms buat membacakan buku cerita ke anak.


Oiya sudah pernah download aplikasi Lets Read Indonesia? Kalau aku sendiri sudah download sebelumnya karena ada banyak banget berbagai macam buku cerita anak yang bisa dijadikan bahan buat dongeng dia sebelum tidur. Let's Read merupakan perpustakaan digital yang tentunya dengan ada banyak buku bisa membantu anak anak sebagai bekal bertumbuh.


Membacakan cerita atau buku cerita kepada anak dapat dimulai dari sejak baru lahir loh moms, bisa dibacakan dengan buku cerita dengan suara nyaring Read aLoud. Bahkan sampai anak berusia balita juga pastinya akan senang sekali dibacakan buku cerita seperti itu.



Let's Read Indonesia mempunyai komunitas Read aLoad dimana mempunyai visi untuk membuat anak Indonesia menjadi pembaca sepanjang hayat. Misi untuk menjadikan read aloud sebagai budaya dikeluarga, sekolah dan masyarakat.



Apa dan Mengapa Read aLoad? Membacakan dengan nada nyaring yang bisa dilakukan oleh kita sebagai orang tua dan juga guru tentunya dapat dilakukan dengan mengikuti apa yang dibacakan seperti buku cerita anak-anak. Hal ini dapat membuat anak punya daya imaginasi serta kreativitas dan mengasah kecerdasan otaknya.

Apalagi membacakan dengan nada nyaring seperti ini dapat juga sebagai contoh yang baik terhadap anak kita dengan memberikan kosakata yang baik, model membaca yang lancar, ekspresif dan mengenali hal-hal lainnya sesuai imaginasinya termasuk hal yang dia senangi maupun ibunya.



Kemampuan anak dengan diberikan Read aLoad ini dapat melatih skill atau kemampuannya dari mendengarkan, menulis, membaca dan berbicara tentunya. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang sikecil juga, saat anak masih bayi sering dibacakan buku cerita perkembangannya dalam berbicara akan bisa lebih pesat.



Read Aloud ini tentunya dapat membantu kita sebagai orang tua untuk memberikan proses menuangkan kemampuan literasi kepada anak sejak usia dini. Jangan sampai generasi kita menjadi generasi yang minim literasi yang tentunya dapat menjadi generasi yang unggul.



Saat memodelkan membaca nyaring ini tentunya banyak hal yang bisa kita dapatkan dari waktu kita yang sudah kita luangkan bersama sikecil termasuk hal yang dirasakan seperti rasa bahagia dan ceria setelah dibacakan buku cerita. Bahkan bisa meningkatkan rasa empati sikecil juga saat dibacakan buku cerita yang agak sedih ceritanya. Banyak sekali tentunya manfaatnya menumbuhkan rasa gemar membaca bersama sikecil ini tentunya.


Begitupun saat membacakan buku cerita kepada anak perlu juga diperhatikan adalah Prabaca dan Preview. 


Bahkan saat anak sudah mulai dididik gemar membaca dengan membiasakan membacakan buku cerita perkembangannya jauh lebih pesat tentunya seperti kosa kata bicara sikecil lebih banyak dan anak menjadi kritis dalam mengasah kecerdasannya.


Pada kesempatan dalam acara zoom disini juga kita diberikan contoh bagaimana membaca buku kepada anak dengan suara nyaring dimana ikut dibacakan buku dengan judul Deasy yang Hebat. 





Zoom bersama ini yang dihadiri oleh kurang lebih puluhan blogger yang juga sebagai seorang moms ini, selama 2 jam tentunya tidak bosan dan sangat seru sekali bisa sharing langsung dengan pakarnya tentang membaca ini karena dirangkaian acara juga ada sesi kuis yang pertanyaannya seputar pembahasan materi ini. Selengkapnya informasi nya bisa cek social medianya @letsread.indonesia

(By Rachmanita Adindarara)


13 komentar

  1. AKu pernah coba memnbaca nyaring dan pelan. Efeknya emang lebih powerful dengan membaca nyaring dan membantu mengontrol kecepatan ngomong. Soalnya aku masih suka kelepasan ngomong cepet hahaha... Jadi inget juga udah lama ga namatin buku fisik nih 1-2 bulan terakhir :D

    BalasHapus
  2. the sooner we show them the beauty, fun and joy of reading, the earlier the kids will fall in love with reading ya mbaaa

    BalasHapus
  3. Hihihi... Jangankan anak baru lahir, anak saya yang sudah 10 tahun juga kadang masih ingin dibacain buku :D

    BalasHapus
  4. Super duper inspiring banget nih acaranyaaa
    saya suka saya suka
    Pastinya bermanfaat banget untuk para ortu jaman now, supaya memberikan pengalaman terbaik bagi anak, ye kan

    BalasHapus
  5. Membaca memang sebaiknya dibiasakan sejak anak2 masih kecil. Buku riil maupun digital, sama bagusnya. Yang penting kenyamanan dan momennya pas. Anak2 suka dibacakan dongeng, sampai tertidur pulas hehehe :D

    BalasHapus
  6. Aku suka juga aplikasi read aloud ini, anakku juga suka kontennya, buatku ini membantu banget tugasku buat mengedukasi anak

    BalasHapus
  7. Zaman serba digital begini, yang namanya membatasi diri gak ada yah...kudu inovatif juga mengajarkan anak-anak masa kini yang perkembangannya mengikuti zaman. Dengan instal Let's Read, membacakan buku anak tetap asik dan seru, apalagi ada teknik Read Aloud.

    BalasHapus
  8. Udah download juga nih mba aplikasi let's read tambah seneng anakku banyk cerita yg menarik dh gitu bisa diunduh gratis lagi bisa dibaca kapanpun

    BalasHapus
  9. Bagus programnya. Menjadikan membaca sebagai gaya hidup. Bener banget ini, karena membaca bisa menambah wawasan kita

    BalasHapus
  10. seneng kalau anak seneng membaca ya ra. pakai lets read ini aku pernah install cuma karena pilihan cerita dikit akku uninstall
    cuma bar tau ternyata ya banyak fiturnya ya. Install lagi aaah

    BalasHapus
  11. Tingkat literasi anak indonesia emang kayanya harus ditingkatkan ya maaaak.. aku dukung banget nih campaignnya biar makin banyak anak indonesia yang suka bacaaaa

    BalasHapus
  12. Aku sama anak-anak udah sering nih baca cerita di Let's Read. Ceritanya beragam, ilustrasinya juga bagus-bagus. Dengan read aloud banyak manfaat yang akan didapatkan anak ya ternyata :)

    BalasHapus
  13. PR nih buat aku agar bisa bacain buku ke anak. Sejak punya bayi,mama ya rempong dan jadi gak sempat bacain buku.

    BalasHapus