Tips Sukses Blogger Bekerjasama Dengan Brand

Hallo Semua,

Kali ini aku mau menuliskan sedikit ulasan yang ada dibenak aku. Beberapa kali aku di DM ama temen atau followers aku. Gimana si cara jadi blogger, gimana si cara ikutan event dan lain lain.
Sejujurnya akupun bingung menjelaskannya dari mana.
Di jaman sekarang banyak orang yang akhirnya menjadikan media sosial adalah sebagai ladang mata pencaharian mereka. Mulai dari berjualan, blogging, vlogging, youtuber dan lain- lain. Menurut aku sah-sah saja mereka kepengen seperti itu karena hanya melihat sisi enaknya saja dari seorang blogger. Padahal pekerjaan ini, tidaklah mudah dan tidak ada jenjang karirnya seperti pekerjaan dikantoran. Seperti contohnya saja awkarin yang katanya akan menutup akun instagramnya atau Reza Arab yang menutup akun youtube dia dengan subscriber yang banyak. Jadi disini di simpulkan terkenal saja tidak akan cukup sukses untuk dapat berkerjasama dengan Brand.

Sukses seorang Blogger adalah bisa bermanfaat untuk orang lain dan juga Brand tentunya.

Ada banyak beberapa selebgram atau yang saat ini di kenal sebagai influencer dengan berbagai macam tipe, yang mempunyai banyak followers tapi dia bukan merupakan artis yang dikenal orang.
Dengan banyak selebgram yang bermunculan, banyak orang yang akhirnya menirukan gayanya, bajunya, makeupnya, dan akhirnya berkeinginan menjadi selebgram atau influencer dengan tujuan supaya di endorse.
Kalau aku pribadi, aku merintis dari dunia modeling, dari aku ikut casting, ikut audisi berkali kali gagal dll. Cita-cita akupun sendiri sebenarnya ingin bisa tampil di layar kaca atau tivi tapi apa boleh buat perjalanan mengarah aku menjadi seorang pegawai kantoran dan akhirnya sekarang menjadi blogger.
Tak ada niatan dibenak aku untuk menjadi seorang blogger. Padahal tulisan akupun sendiri masih acak kadut. Tapi aku seneng nulis atau chating yang panjang lebar karena notabenya aku orang yang cerewet atau bawel.
Dengan banyaknya orang yang akhirnya di era saat ini menjadi seorang blogger atau influencer untuk bisa sukses banyak banget variabel supaya bisa dikenal orang dan tulisan kita akhirnya bisa dibaca orang.
Menurut aku pribadi, menjadi sukses seorang blogger agar dipercaya oleh Brand untuk berkerjasama antara lain :
1. Blogger tersebut punya jati diri
Jati diri disini menurut aku adalah kategori tulisannya dia itu termasuk apa dan siapa saja penontonnya atau peminatnya.
Seperti aku, mayoritas isi blog aku kebanyakan event beauty dan parenting karena aku punya anak. Tapi aku ga menutup kemungkinan untuk menerima job kategori yang lain asal masih di ranah kemampuanku.
Jati diri ini bisa juga menjadi personal Branding.
Produk apa yang bisa kita bawakan. Contohnya aku gak mungkin donk ya promoin produk oli. Pasarnya salah karena followers aku bukan kebanyakan laki-laki.
Kemudian kita juga harus punya prinsip brand apa aja yang cocok buat kita. Seperti aku gak mungkin mau ambil job dari peninggi pelangsing dan lain lain. Yang menurut aku gak bermanfaat buat orang lain.
Aku sendiri pengen punya konten yang bisa bermanfaat orang untuk mengetahuinya.
2. Konsisten
Bagaimanapun dimanapun pekerjaan kita harus konsisten apa yang kita jalani. Konsisten disini adalah mengerjakan yang diminta brand sesuai kemauan mereka mulai dari deadline, postingan, hastag dan juga tema yang akan di tulis di blognya.
3. Review
Sebisa mungkin kita selalu mereview produk dari brand tersebut jika diberikan secara langsung dari goodiebag event misal kita di undang event. Supaya kedepannya jika mereka ada event bisa call kita lagi.
4. Attitude
Sikap kita itu akan di nilai dalam semua bidang pekerjaan, termasuk salah satunya blogger ini. Butuh kesabaran untuk bisa punya attitude yang baik. Bersikap yang baik, tanpa menyinggung, walaupun yang kita tahu sebaik apapun kita bukan berarti semua orang akan suka sama kita. Ini merupakan variable yang tidak dapat di jabarkan kesuksesan seorang blogger.
5. On Time
Kerjakan sesuatu yang di minta sesuai deadline. Datang ke event yang di undang brand sebisa mungkin juga jangan telat. Jangan cuma berharap goodiebag aja. Relasi itu perlu, banyak banget beberapa orang yang pengen dateng event cuma berharap goodiebag dll. Padahal kita tentunya butuh materinya apa yang diberikan untuk bisa kita tulis dan review.
6. Photografi
Saat menyajikan konten, atau foto produk gak mungkin kan kita menyajikan foto ya g gak bagus. Dengan foto yang bagus dan menarik pasti akan membuat brand senang dan pastinya akan membuat brand dapat mengajak kerjasama berkelanjutan.
7. Skill Editing Video dan Foto
Ini juga di butuhkan oleh brand jika mereka ingin mengendorse kalian para blogger misal ada permintaan untuk membuat video atau foto yang menarik. Gak mungkin kan kita membuat konten sampah atau konten yang gak bagus..hihi
Jadi jika kalian punya toko pasti berharap toko itu banyak pengunjung dan laku kan pastinya jadi seperti itu yang di harapkan oleh brand. Brand ingin produknya dikenal masyrakat dan tentunya banyak peminat pembelinya.
8. Berdoa
Apapaun pekerjaan kalian itu perlu doa minta sama yang Maha Kuasa. Ini merupakan faktor terpenting karena kesuksesan itu ada karena kita usaha dan juga berdoa juga..

Itu merupakan tips sukses menjadi blogger untuk dapat berkerjasama dengan Brand. Sejujurnya sukses itu setiap orang juga punya variabel pencapaian yang berbeda-beda. Ada yang materi, ada yang pengalaman dan lain lain. Kalau aku pribadi aku sudah cukup sukses menjadi blogger walau yaaa seperti ini aku berusaha bersyukur dan aku tingkatkan lebih baik kualitas tulisan aku dan sebagainya. Dan buat aku sendiri blogging ini adalah hobi bukan suatu pekerjaan yang untuk mencari nafkah.hehehe
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat teman-teman yang ingin menjadi blogger yang sukses untuk dapat berkerjasama dengan Brand.
Mohon maaf apabila ada kesalahan dan ketidaksengajaan tulisan.
Terimakasih

Sampai Jumpa next postingan saya

Komentar

  1. Toss, aq suka ngeblog juga karena hobby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa samaa karena aku hobi yang bawel..😀😀😂😂😂.....

      Hapus

Posting Komentar