Cara meningkatkan kecerdasan tumbuh kembang sikecil dan mengenali susu asupannya

 

Halo semuanya,


Mempunyai anak dan sebagai orang tua kalau aku sendiri memang banyak perubahan. Apalagi saat ini aku memang full time dirumah bersama sikecil tanpa pengasuh juga, jadi memang lebih ekstra dalam hal apapun. Setiap hari ada aja rasanya tingkah unik dan lucu yang tak terduga setiap hari.



Bahkan saat ini sendiri walaupun saya dirumah aja juga masih termasuk agak keteteran dalam mengasuh anak, pastinya ada rasa khawatir akan tumbuh kembangnya juga berat badannya yang selalu setiap bulan berharap ada kenaikan berat badannya.


Namun kekhawatiran tersebut tentunya bisa diatasi yang penting kita sebagai orang tua jangan terlalu panik dan khawatir terhadap segala sesuatu terhadap anak. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kecerdasan sikecil dan melatih tumbuh kembang anak karena saat ini sudah banyak ilmu yang bisa kita dapatkan terutama tentang parenting ini disocial media.



Nah, berkesempatan membahas tentang ilmu parenting ini salah satunya saya kemarin ikut serta dalam acara Instagram Live pada Kamis, 10 Desember 2020

Pukul 14.00 - 15.00 WIB ,Live di Akun Instagram Official Buumi Playscape: @buumiplayscape yang membahas tentang pengetahuan lebih jauh mengenai jenis protein susu dan manfaatnya untuk anak, Buumi Playscape mengundang rekan media untuk menyaksikan Instagram Live Talk “Kenali Jenis Protein Susu dan Manfaatnya untuk Anak”.


Adapun narasumbernya sendiri acara ini antara lain:

πŸ’•Natasha Guna selaku co-founder Buumi 

πŸ’•DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K) yang merupakan dokter anak sekaligus ahli gastro hepatologi.


Adapun kegiatan Instagram Live Talk tentang topik Kenali Jenis Protein Susu dan Manfaatnya untuk Anak ini sangatlah menarik karena kita para peserta bisa bertanya langsung terhadap permasalahan yang ada dan kekhawatiran emak emak jaman now tentang drama bersama anak.


Apalagi memang banyak mitos dan fakta tentang seputar susu ataupun asupan nutri sikecil. Mulai dari susu sufor apakah dapat membantu menaikkan berat badan anak? Lalu apakah alergi susu sapi dapat memicu sembelit terhadap anak dan berbagai macam pengetahuan yang sangatlah penting untuk dapat kita informasikan kepada orang tua yang lain.


     πŸ’•πŸ’πŸ’ Masa pertumbuhan tercepat seorang anak adalah 1000 hari pertama kehidupannya, termasuk saat anak mulai menginjak masa balita. Pada masa ini terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya. Oleh karena itu, pemenuhan nutrisi berperan penting untuk pertumbuhan optimal fisik dan kognitif. 

πŸ’•Namun pada periode ini, anak juga rentan mengalami gangguan pencernaan. Padahal, sistem pencernaan berurusan dengan penerimaan makanan dan mempersiapkannya untuk dicerna dan diserap oleh tubuh. Pencernaan yang baik akan mendukung tumbuh kembang anak yang sehat. 

πŸ’•Gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak dalam masa pertumbuhannya dapat menyebabkan penyerapan nutrisi yang tidak optimal, sehingga dapat mengganggu perkembangan anak dan proses belajarnya. 

πŸ’•Produk susu yang sering dikonsumsi anak, pada umumnya dianggap minuman padat nutrisi yang mengandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lainnya seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B. Susu sapi merupakan salah satu sumber kalsium yang paling banyak dikonsumsi anak untuk tumbuh kembangnya. 

Kalau aku sendiri sama anak aku memang susu lumayan agak pilih-pilih dari sejak dia berusia 1tahun sejak produksi ASI saya berkurang. Namun saat ini saat dia mau berusia 3tahun sudah bisa mengkonsumsi beraneka ragam dan kreasi minuman susu juga. Namun tetap harus bisa memilah milih susu karena resikonya sendiri anak dapat sembelit yang membuat dia tidak nyaman sehingga harus tetap memperhatikan nutrisi asupan harian dia.

Saat ini memang susu sapi sudah banyak jenis dan olahannya di pasaran yang sudah bisa kita bebas memilih. Susu sapi merupakan salah satu sumber nutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk membantu tumbuh kembang anak. Tapi belum banyak yang tahu bahwa jenis protein beta-casein yang terdapat dalam susu ternyata berbeda-beda dan hal ini memiliki efek yang berbeda pula pada orang yang mengkonsumsinya. 


Apalagi Belakangan ini, banyak yang memperbincangkan mengenai susu yang berasal dari Sapi A2 yaitu susu yang hanya mengandung protein beta casein A2, dimana susu Sapi Biasa mengandung kombinasi protein beta-casein A1 dan A2. Penelitian menunjukkan susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2 lebih mudah dicerna1. Dengan pencernaan yang nyaman, anak dapat beraktivitas dengan lebih nyaman termasuk dalam proses belajarnya. 


πŸ’•Walaupun semua susu terlihat sama, namun susu memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Protein susu terdiri dari 2 jenis, whey dan casein

  πŸ’•Casein adalah kelompok protein terbesar dalam susu, yang membentuk sekitar 82% dari total kandungan protein dalam susu. Ada beberapa jenis protein casein, salah satunya adalah beta-casein

     πŸ’• Beta-casein terdiri hingga 45% dari total caseinBeta-caseinsendiri memiliki beberapa varian, yaitu A1 dan A2. 

  πŸ’•Susu A2 merupakan susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu yang hanya mengandung protein beta-casein A2 aman untuk sistem pencernaan. Beta-casein A2 yang mudah diserap dalam sistem pencernaan anak, dapat membantu mengurangi gangguan pencernaan ringan.

    πŸ’• Pilih produk susu yang sesuai dengan kebutuhan anak, misalnya jika mencari susu untuk anak yang sedang dalam tahap pertumbuhan, maka agar mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, sebaiknya perhatikan juga kandungan tambahan yang terdapat dalam suatu produk, misalnya pilih yang dilengkapi dengan kandungan seperti DHA, Kolin ataupun Omega 3 & 6 untuk mendukung perkembangan otak anak.


Banyak hal dan informasi diacara Instagram Live ini karena ternyata banyak moms juga yang hadir dan mempunyai pertanyaan yang beraneka ragam segala permasalahannya. Hal yang terpenting tentunya dengan meningkatkan tumbuh kembang sikecil selalu memperhatikan asupan nutrisinya termasuk susu. Karena anak yang aktif dan sehat tentunya membuat dia bisa berkembang lebih baik yang tentunya akan berguna untuk masa depannya. (By Rachmanita Adindarara)


Tidak ada komentar

Posting Komentar