[Event Report] FamTrip Jelajah Kota Tangerang

Hallo Semua,

Kali ini saya mau sharing dan bercerita pengalaman saya mengikuti kegiatan yang di adakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang yaitu acara Famtrip Generasi Milenial Jelajah Pariwisata Kota Tangerang.

Acara ini di laksanakan pada tanggal Sabtu, 10 Nov 2018 dan Minggu, 11 Nov 2018 di Hotel Kyriad Tangerang. Acara FamTrip ini adalah rangkaian acara untuk mengexplore jelajah kota Tangerang.

Pertama kali datang di Hotel Kyriad Tangerang kita registrasi dan mengikuti acara Talkshow tentang Travel Blogger dan seputar Informasi Tangerang.

Pada pukul 13.00 talkshownya pun di mulai. Adapun pembicara di acara talkshow ini antara lain :
1. Pak Rizal Kabid Promosi Pariwisata Kota Tangerang
2. Travel Blogger Teguh Sudarisman 
3. Travel Blogger Travelerien.com atau Mbak Katerina
4. Ibu H. Raden Rina Hernaningsih, S.H, M.H (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang)
5. Ibu Eneng Nurcahyati (Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten)

Rangkaian acara FamTrip ini di hadiri oleh kurang lebih 50 peserta antara lain terdiri dari Blogger , Vlogger, Genpi , Media, Kang Nong Banten dan Kang Nong Tangerang. Alhamdulilah sekali saya bisa mendapatkan undangan selaku blogger untuk menghadiri acara ini, suatu ke bahagiaan tersendiri dapat berkempatan mengikuti acara FamTrip. 

Sebelum acara talkshow di mulai kita para peserta melakukan perkenalan diri satu persatu dibangku masing-masing menyebutkan nama, profesi (blogger/ vlogger/ genpi) dan asalnya 

Di acara ini, adalah acara sebagai bentuk undangan dalam rangkaian acara untuk menghadiri Festival Budaya 2 Kota Tangerang di laksanakan selama 5 hari dengan pembukaan di hari Minggu, 11 Nov 2018 di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Seperti yang kita tahu beberapa daerah pasti punya acara tahunan yang berbeda-beda. Kota Tangerang sendiri setiap tahunnya mengadakan acara Festival Budaya 2 ini, yang biasanya dilaksanakan di akhit tahun seperti saat ini dibulan November.

Talkshow pertama di jelaskan oleh Ibu Rina Hernaningsih sebagai bentuk pengenalan kota Tangerang kepada kita semua para peserta famtrip ini. Ibu Rina juga menjelaskan dimana Kota Tangerang ini adalah pusat kota di mana bandara ada di Tangerang ini. Semua orang pasti saat akan keluar masuk pusat ibu kota pasti akan melalui kota Tangerang jika akan ke bandara Soekarno Hatta untuk berpergian.
Sehingga diharapkan dengan adanya kegian FamTrip ini kita para penggiat sosial media blogger, vlogger dapat bereksplorasi dengan kota Tangerang supaya dikenal wisatanya oleh seluruh masyarakat Indonesia yang biasanya hanya lewat saja ke Tangerang tapi dapat mampir sehari atau dua hari untuk berwisata sejenak disini. Karena ada banyak banget tempat unik dan menarik di Kota Tangerang ini.

Pada sesi talkshow selanjutnya disini, saya sebagai peserta menyimak beberapa materi yang sudah diberikan. Salah satu materi yang diberikan oleh Mas Teguh dan Mbak Katerina adalah terkait dengan Travel Blogger.
Mas Teguh saat memberikan materi Talkshow terkait Travel Blogger

Selama ini sepertinya saya ngeblog tapi hanya sekedar ngeblog, tanpa tahu yang paling saya kuasai apa.
Kadang konten saya beauty, teknologi, kuliner, travelling, parenting dll. Seharusnya menjadi blogger sebaiknya mempunyai ciri khas untuk topik apa yang harus didalami di konten blog kita.
Kalau melihat konten blog para travel blogger sangat indah-indah sekali pemandangan wisata ke kota-kota yang sebelumnya belum pernah kita datangi. Tidak perlu jauh-jauh terkadang kota sekeliling kita juga harus perlu di explore.

Siapa yang disini ingin menjadi Travel Blogger? Insha allah saya ingin sekali walau belum punya modal yang cukup besar buat jalan-jalan..hehehe.
Sebelum menjadi Travel Blogger tentunya kita harus tahu apa itu Travel Blogging. Travel Blogging merupakan melakukan perjalanan dengan menuliskan ke blog kita. Jadi misal kita jalan-jalan ke suatu tempat yang ada di sekitar kita dan kemudian menuliskannya cerita di blog kita itu sudah termasuk travel blogging.

Walaupun menjadi blogger sendiri bukan hal mudah sebenarnya jika tidak hobi. Mbak Katerina atau yg biasa disebut Travelerien membagikan tips-tips cara menjadi Blogger sukses seperti saat ini. Salah satunya yang dijelaskan beliau adalah menjadikan blog kita supaya tetap aktif. Bagaimana cara mempunyai blog yang aktif  adalah sebagai berikut :

1. Membagi-bagikan tulisan supaya blog kita sering terisi tulisan.
2. Konten dan Konsisten
3. Artikel Menarik adalah salah satu hal terpenting supaya blog kita mempunyai banyak pengunjung. Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam membuat artikel menarik adalah sebagai berikut :
- Gaya Tulisan
- Detail
- Foto
- Diksi
- Dialog
- Rapi


Setelah Talkshow terkait Travel Blogger, acara selanjutnya adalah talkshow dari Ibu Eneng Nurcahyati.
Ibu Eneng selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten disini menjelaskan beberapa wisata yang ada di kota Banten sangat banyak sekali yang indah dan unik wajib untuk kita kunjungi dan kita tahu tentang Banten tentunya salah satunya kota Tangerang.
Acara sudah sore dan sudah mulai mengantuk para peserta, dan untuk menghidupkan acara ini Ibu Eneng memberikan kuis pertanyaan seputar pariwisata kepada pada peserta untuk menjawabnya.

Ada beberapa pertanyaan yang di tanyakan di kuis ini seperti menyebutkan tempat pariwisata di Banten, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Penyerahan hadiah oleh Ibu Eneng Nurcahyati untuk peserta pemenang kuis yang berhasil menyebut beberapa lokasi wisata yang ada di Tangerang maupun Banten.

Foto sebagian peserta FamTrip dan juga pembicara Pak Rizal, Bu Rina, Mbak Katarina.

Dengan adanya acara ini kita dapat mengetahui keindahan kota Tangerang. Karena ada banyak sekali destinasi wisata di Kota Tangerang. Destinasi Pariwisata yang ada di Tangerang sendiri ini ada  27 Taman, 6 Kampung Wisata dan 16 Cagar Budaya yang ada di Kota Tangerang.
Senang sekali rasanya mengikuti kegiatan FamTrip ini selain menambah wawasan seputar Tangerang yang sudah hampir 6tahun saya tinggal disini, baru kemarin saya tahu wisata apa saja yang ada disini selain Mall yang biasa saya kunjungi.
Terimakasih banyak dan semoga bisa bertemu di kesempatan acara event selanjutnya.


Komentar

  1. Terima kasih Rara sudah mengikuti sesi talkshownya. Semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bermanfaat mba rien...sering2 ya adain event gini...hehehe

      Hapus
  2. Semoga bertemu lagi yaaa, Mbak Raraaa :)

    BalasHapus
  3. Semoga bisa ikutan FamTrip bermanfaat kayak gini lagi ya.. Siap jelajaaaaaah!

    BalasHapus

Posting Komentar