Berwisata Murah Meriah di kota Tangerang

Hallo Semua,

Pasti sudah pada tau kan kota Tangerang. Yup, aku sendiri tinggal di Tangerang Selatan beberapa hari yang lalu weekend kemarin saya menikmati hari-hari saya di kota Tangerang tepatnya Sabtu, 10 Nov 2018 dan di hari Minggu, 11 Nov 2018. Menurut saya pribadi traveling itu tak perlu tempat yang mahal atau yang jauh..terkadang kita harus explore wisata ke kota sendiri supaya tujuannya jika di tanya kamu tinggal dimana jawabnya di Tangerang tapi tak tahu tempat wisata dan kuliner yang wajib di kunjungi.

Tangerang adalah kota yang berada tepat disamping Jakarta sebagai pusat IbuKota Negara kita. Seperti yang kita tahu saat ini bandara Sukarno Hatta juga berada di Tanggerang. Jadi sebenarnya kota Tangerang adalah salah satu kota destinasi awal semua orang yang bertujuan ke Jakarta dengan naik transportasi udara (pesawat terbang) yang tentunya tujuannya adalah kode CGK.

Wisata ke Kota Tangerang Banten. Selamat Datang di Kota Tangerang (gak sempet foto di gapuranya jadinya disini )

Banyak beberapa diantara kita yang misal akan pergi Travelling ke luar kota destinasi tujuan kitapun melalui bandara Sukarno Hatta di Kota Tangerang ini. Jika masih banyak waktu sebelum berpergian dan supaya tidak ketinggalan pesawat sepetinya cocok untuk traveling satu atau dua hari sebentar singgah menikmati keindahan Kota Tangerang untuk berwisata.
Jadi kemarin beberapa destinasi yang saya kunjungi di Kota Tangerang antara lain :

1. Pasar Lama Kulinary Night

Beberapa jajanan yang di tawarkan di Pasar Lama Kota Tangerang

Salah satu jajanan yang ada di Pasar Lama Tangerang Bola Ubi

Pasar Lama Kulinary Night ini berada di pusat kota Tangerang tepatnya dekat dengan stasiun kota Tangerang. Jadi saat Sabtu, 10 November 2018 setelah magrib saya berkunjung ke Pasar Lama ini untuk makan malam kulineran. Dengan uang 50ribu rupiah bisa jajan lumayan banyak dan kenyang. Disini suasananya ramai sekali pengunjung untuk makan disini. Selain harganya yang murah meriah, ada banyak sekali pilihan makanan unik-unik disini. Salah satunya yang sudah saya cobain antara lain :

-  Otak-Otak seperti yang kita tahu otak-otak sendiri adalah makanan berbahan dasar ikan di campur dengan tepung dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dibakar. Harga yang ditawarkan disini adalah perbungkusnya adalah 2ribu rupiah. Jadi lebih baik minimal beli 10ribu untuk dapat 5biji otak-otak yang dibumbui bumbu kacang ini.
Dari segi rasa menurutku Lumayan Enak.

- Seblak sepertinya seblak disini sudah sangat umum sekali namun yang menariknya seblaknya ini adalah kombinasinya seperti tahu bakso dan ceker yang aku suka. Untuk harga dibanderol sebesar 20.000.

- Bola Ubi (Bolbi)
 Ini adalah cemilan hits anak jaman now yang aku tahunya dari youtube. Bentuknya bulat bahan dasarnya ubi jadi seperti cireng tapi bukan cireng, karena bahan dasarnya mungkin adalah kanji dan ubi. Adapun topingnya adalah gula halus putih. Untuk harganya sendiri per setengah porsi adalah 10.000 dengan isi 6pcs bola ubinya.

- Sate Ayam H. Iskak
 Jadi kemarin makan beratnya saya memilih makan sate ayam H.Iskak Pasar Lama Tangerang. Harganya 10 tusuk dengan lontong dibanderol 25.000.

Selain dari beberapa makanan yang saya cobain di Pasar Lama Tangerang ini masih banyak sekali makanan yang wajib banget di coba seperti cumi bakar, tekwan, pempek, lumpia basah, sosis bakar, martabak, durian es dll. Saya tak bisa sebut satu-satu karena variasinya sangat banyak. Jadi gak bakal bosen kalau misal pergi ke Pasar Lama untul kulineran karena hampir semua ada.

2. Masjid Al A'zom Tangerang
Masjid ini berada di dekat dengan pusat pemerintahan kota Tangerang. Masjidnya disini sangat besar dan indah sekali instrumen didalamnya. Terdapat Galeri Islam di lantai 2.

Tampak dari depan Masjid Al A'zom Kota Tangerang

Bagian dalam masjid Al A'zom kota Tanggerang di bagian atapnya terdapat kaligrafi yang sangat indah.

Ornamen Kubah Masjid Al A'zom kota Tangerang 

Di lantai 2 terdapat Galeri Islam

Suasanya Galeri Islam dapat digunakan untuk membaca quran yang sangat nyaman

3. Kuliner Laksa
Dari namanya saja saya bingung awalnya ini makanan apa. Jadi Laksa ini sendiri adalah makanan khas Tanggerang. Bentuknya mirip banget seperti spagetty namun bahan dasar mie yang digunakan untuk Laksa ini adalah tepung beras. Kemudian di tabur dengan kuah atau topping seperti kuah kari dengan ayam dan telur. Rasanya sendiri enak menurut aku buat pertama kali cobain. Lokasi tempat untuk kuliner Laksa ini berada di dekat dengan Mall TangCity di Tangerang.

Bentuk makanan Laksa Khas Tangerang dengan lauk Telur dan Ayam sangat enak sekali

4. Jembatan Berendeng
Jika teman-teman mendengar kota Tangerang sungai apa yang teman-teman ketahui. Yup, pasti jawabannya adalah sungai Cisadane yang sudah cukup terkenal. Jadi di jembatan ini adalah jembatan yang menghubungkan jalan dibawahnya adalah sungai Cisadane. Uniknya jembatan ini di bagian trotoar jembatan bagian sampingnya ada bagian kaca- nya supaya kita bisa melihat langsung kebawah dengan catatan alas kaki harap dilepas. Saya agak takut mencoba berdiri diatas kaca-nya karena saya takut ketinggian jadi saya gak sempet fotoin deh.
Jembatan Berendeng asal mulanya mengapa dinamakan Berendeng karena gabungan dari nama Benteng Makassar dan Gerendeng. Kenapa namanya digabungkan? Karena jembatannya menghubungkan 2 wilayah, yaitu Benteng Makassar dan Gerendeng
Selain itu di kawasan ini ada wisata Taman Dayung ketika ada festival Cisadane teman-teman bisa menikmati sensasi naik perahu diatas sungai Cisadane.


Jembatan Berendeng Kota Tangerang

Berfoto diatas jembatan Berendeng Kota Tangerang

Saat ada Festival Cisadane di jembatan ini kita bisa menikmati pemandangan dengan naik perahu di Taman Dayung yang selokasi dengan Jembatan Berendeng

5. Kampung Bekelir
Kampung Bekelir ini awalnya adalah kampung kumuh yang di jadikan kampung wisata seperti saat ini sejak bulan November 2017. Adapun yang menariknya dari kampung bekelir ini hampir setiap rumahnya bercat warna warni dengan hiasan lukisan di masing-masing tembok rumahnya seperti lukisan karikatur. Ada banyak tempat foto sebagai spot menarik disini. Dan menurut aku sendiri ini adalah kampung instagrameble yang wajib kamu kunjungi ketika ada di Kota Tangerang.

Kampung Bekelir Kota Tangerang


Salah satu lukisan di tembok rumah masyarakat Kampung Bekelir Kota Tangerang

Ada banyak spot menarik di kampung ini salah satunya ini Badara Soekarno Hatta dikampung Bekelir Tangeranf

Ada juga lukisan bis seperti ini. (Bukan Tayo ya ini karena tayo warna biru. Hehehe)

6. Festival Budaya 2
Festival Budaya 2 ini adalah acara yang di adakan oleh Dinas Pariwisata Kota Tanggerang setiap tahunnya. Biasanya dilaksanakan mendekati bulan-bulan akhir seperti saat ini dibulan November 2018.
Dan yang saya ikutin di festival budaya ini adalah pawai budaya yang di tunjukkan di masing-masing dinas pemerintahan.

Rangkaian acara di Festival Budaya 2 Kota Tangerang ini sangat banyak salah satunya di hari Sabtu Malam ada pertunjukan di panggung utama live musik.

Rangkaian Pawai Festival Budaya 2 hari Minggu Pagi di PusPem Kota Tangerang








7. Cagar Budaya Kota Tangerang berada di dekat Pasar Lama Kota Tanggerang terdiri dari
     - Benteng Heritage
     - Masjid Kali Pasir
     - Klenteng Boen Tek Bio

8. Taman Gajah, Taman Potret dan Taman Kunci
 Sebenarnya di Kota Tangerang ini ada 27 Taman. Namun yang saya kunjungi disini adalah 3 Taman yang letaknya memang jadi satu atau bersebelahan berada di dekat TangCity.

Ada Mini Perpus di Taman Kunci Kota Tangerang

Taman Kunci taman yang sangat bersih sekali

Salah satu pemandangan di Taman Kunci

Kupu-kupu di Taman Kunci

Taman Potret


- Taman Kunci : disini unik banget tamannya karena ada kelinci dan banner kupu-kupu sehingga dinamakan dengan taman kunci.
Selain itu ada perpustakaannya buat kalian yang hobi banget baca buku ditaman ini disediakan perpus.
Taman bermain anak juga ada dengan pasir-pasir dan juga kelinci yang lucu-lucu bermain di taman tersebut.
Wajib banget mampir ke 3 Taman tersebut buat yang suka foto-foto atau sekedar meluangkan waktu keluarga di taman ini.
- Taman Potret : Letaknya di sebrang dari Taman Kunci
   Kalau di taman potret ini sendiri jika kalian suka jajan ada beberapa tenda jajanan yang di tawarkan di taman ini.
- Taman Gajah : Letaknya di dekat dengan Taman Potret

Jadi buat teman-teman yang bingung mau wisata kemana kota Tangerang bisa jadi salah satu pilihan untuk berwisata tentunya. Tips dari saya lebih baik pilih hotel yang dekat dari bandara dengan harga terjangkau. Jadi bisa langsung melancong ke next destination kota yang kita ingin kunjungi dan di explore.

Komentar

  1. Banyak ya Ra tempat wisata di Kota Tangerang. Itu pun belum dijelajahi semua. Kapan2 keliling Kota Tangerang lagi yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk kak..terlalu singkat untuk menjelajah sehari...😍😍😘😘😘😘

      Hapus

Posting Komentar