[Event Report] How To Be a DigiPreneur di Universitas Multimedia Nusantara oleh DigitalHub SinarmasLand

Hallo semua, Jumat 28 September 2018 bertepatan di Gedung D Theater Universitas Multimedia Nusantara saya mengikuti acara talkshow membahas tentang How To Be a DigiPreneur. Peserta dari acara ini mayoritas adalah mahasiswa UMN.

Sebelum acara dimulai diantara mahasiswa kira-kira masih cocok gak ya buat balik kekampus lagi.

Oiya mau sedikit cerita dahulu kala aku sudah pernah lulus kuliah Sarjana Komputer atau gelar S.Kom di Univ.Brawijaya tahun 2012. Pertama kali datang ke kampus UMN ini, melihat kampus yang super keren karena free wifi untuk mahasiswanya asal ada Nomer Mahasiswanya, sama sistem absensinya bisa tap kartu kayak kita kerja gitu kalau masuk kelas dosennya. Keren sih, serta jurusannya pun juga sudah lebih spesifik. Dulu di jaman aku masuk kuliah jurusan cm ada IT atau Ilmu Komputer aja yang masih terlalu global ruang lingkupnya padahal di dalamnya bisa dipecah-pecah menjadi beberapa bidang dan minat yang ingin di tekuni.

Semenjak resign dari kantor sempet terpikir pengen lanjutin kuliah S2 kalau masih belum dapat kerja kantoran lagi. Lagi nyari kampus yang cocok buat aku nanti. Pengennya sih bisa ambil jurusan Digital Marketing kalau bisa kesempatan kuliah lagi S2. (Mungkin bisa info yang rekomen kampus mana untuk S2)

Acara yang dimulai pukul 14.00WIB ini dengan talkshow 3 pembicara. Adapun pembicaranya adalah Alamanda Shantika selaku founder Binar Academy, Irawan Harahap selaku Digital Hub Project Leader dari SinarMasLand, serta yang terakhir Presentasi selaku dosen dari Apple Developer Academy.

1. Talkshow Alamanda Shantika
Alamanda Shantika ini adalah founder dari Binar Academy. Disini dia menceritakan pengalamannya dia jatuh bangun dalam menjalankan bisnis hingga sukses seperti sekarang di usianya yang sudah 30tahun.
Beliau dahulu pernah belajar coding juga, hingga menjadi hacker. Di awal slide presentasi dia menuliskan suatu quote "if you want your life to be a meaningful, you need to know the meaning of your life".
Dimana inti dari quote tersebut jika kita ingin hidup kita bermakna maka kita perlu tahu apa makna hidup kita itu yang biasa orang sebut passion.
Mistake are no longer "FAILURES" rather, they're learning oppotunities.
Inti dari quote tersebut jangan pernah takut gagal sebelum kita mencoba kesempatan itu.

Speaker Founder Binar Alamanda saat talkshow di acara DigiHubGoesToCampusUMN

Pengalaman kerja yang dialami speaker kita Alamanda ini berawal dari dahulu dia mencoba merintis usaha online dimana saat itu masih belum berkembang ecommerce, dari pertama kali mendirikan startUp Gojek yang kantornya masih sangat kecil dimana drivernya pun masih jarang, untuk ordernya pun juga masih menunggu kurang lebih 30menit.
Pengalaman di Gojek pada waktu itu beliau saat projek GoFood yang di rintisnya itu, dengan strategi cara melihat behavour orang Indonesia dimana selama 3bulan awal adanya GoFood adalah Gratis Ongkir kemudian menaikkan tarif GoFood sebesar 5000 yang akhirnya sampai sekarang kita jadi ketergantungan sama GoFood walau tidak ada Promo. Begitupun dengan GoPay juga. Bahkan saat awal mendirikan GoFood ini, beliau menyamakan restorant yang terdaftar di GoFood ini sama dengan Zomato pada saat itu. Dari Perusahaan startUP Gojek yang masih menelpon drivernya atau mencari driver sampai sekarang Gojek sudah bisa menghidupi jutaaan driver.
Bekerja BerryBenka juga dia pernah jalani oleh kak Alamanda.
Dari cerita kak Alamanda yang sangat inspiratif ini dan dapat dipetik semua orang pasti ingin menjadi enterpreneur, banyak yang niatnya pengen usaha karena gak mau diatur sama orang dll, atau bosan jadi pegawai tapi value menjadi seorang enterpreneur itu yang terpenting adalah bagaimana kita bisa bermanfaat untuk orang lain bukan hanya untuk diri sendiri. Bisnis tidak hanya sekedar membuat diri sendiri yang kaya, namun juga kita harus pikirkan orang lain bagaimana kita menjadi customer.
Saat ini kak
Cita-cita nya Alamanda saat ini adalah menjadi Menteri Pendidikan. Sampai akhirnya dia membuka Binar Academy sekarang ini.
Menariknya Binar Academy ini adalah sekolah coding gratis selama 2.5bulan. Dimana tujuan besar dengan adanya sekolah ini adalah untuk membuka Lapangan Pekerjaan di kota sekitar. Intinya membangun bangsa.
Salut dengan hasil kerja keras dari kak Alamanda ini dan sangat inspiratif.
Binar Technologies brings us to the future of long life learning we are building an automation machine learning and artificial intelligence based app.
To create personalized learning and career marketplace artificial intelligence...
Dan sepertinya kedepannya Binar akan sukses seperti Gojek saat ini.

2. Talkshow Irawan Harahap
Setelah talkshow dari kak Alamanda untuk speaker kedua yaitu dari Project Leader Digital Hub SinarmasLand. Beliau menjelaskan apa sih Digital Hub ini sendiri. Digital Hub adalah project SinarMasLand yang nantinya akan menjadikan kawasan BSD ini menjadi kawasan multiakses, mulai dari startup company , technology leaders, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT.


Pengembangan BSD City untuk Digital Hub penjelasan dari Pak Irawan

Dengan luas 25Ha SinarMas dimana dengan adanya Digital Hub akan memudahkan integrasi untuk masyarakat BSD City


3. Talkshow Apple Developer Academy
Apple Developer Academy adalah academy yang di khususkan untuk membangun developer bukan hanya coder, sehingga semua orang dari berbagai jurusan, usia, dapat mendaftar untuk mengikuti program ini, tampa ada biaya dan akan mendapat uang saku. Ada beberapa mahasiswa UMN yang sudah mengikuti academy ini, salah satu hasil karya nya adalah tarik tambang.
Academy Apple ini pertama di Asia dan ketiga di dunia, dimana setiap peserta yang mengikuti academy ini mendapatkan beberapa fasilitas seperti mentor yang handal baik-baik, kemudian bisa juga mendapat fasilitas mendapat keluaran terbaru dari iphone X.
Tak perlu khawatir akan umur untuk mengikuti academy ini, karena menariknya ada peserta yang berusia 60tahun mengikuti academy ini.

Slide beberapa peserta Apple Academy

Jika ada yang ingin mendaftar Apple Academy bisa mendaftar ke link tersebut.

Pemutaran Video Apple Academy Developer


Setelah keseruan dan pembelajaran dari ketiga Talkshow, acara yang terakhir adalah pengumuman pemenang untuk instagram kompetisi.
Setelah itu acara menariknya adalah main game kahoot https://kahoot.it/
Menariknya pertanyaannya adalah dari isi talkshow tersebut. Dan sangat lucu dan seru dalam menjawab pertanyaannya.

Komentar